Persiapan Menyapih Raya dengan Cinta

Manyapih dilakukan pada saat anak berusiah dua tahun, berdasarkan QS Al-Baqarah ayat: 233, dua tahun itu sudah sempurna dan setelah sempurna hanya ada kekurangan.

Jujur saya belum mempersiapkan apa-apa untuk menyapih Raya :( 
Raya sekarang sudah 19 bulan, 5 bulan lagi untuk menyapih & saya belum ada persiapan apa-apa. 
Yang paling getol ngingetin sih si Abah -_-" Suka ngeledekin Raya & bilang 5 bulan lagi yaaa.. Raya jatahnya Raya tinggal 5 bulan lhooo.. yaaa.. dikasih batas tenggang waktu 1 bulan deh... *apasih Abah!* 

Saya mulai brosing-brosing, cara menyapih dengan baik, dengan cinta & lemah lembut. Banyak blog saya baca, ternyata menyapih itu harus penuh kesabaran & keihklasan 2 belah pihak. Tentunya yang harus banyak mempersiapkan diri adalah saya, selain sabar, saya harus ikhlas & mempersiapkan diri & pikiran saya untuk menyapih Raya... glegh... 

Saya juga mengikuti saran teman, mengedukasi Raya dari sekarang. Tiap Raya bobo, suka saya berikan sugesti & diingatkan kalau sebentar lagi harus disapih, harus lepas nyusu saat Raya bobo. Reaksi Raya? Tetep nyusu aja tuh, nempel pas bobo -_-"

Kalau saya baca dari postingan Ibu2 di blog & beberapa sumber, hal tersulit untuk menyapih adalah saat mau tidur.. Pastinya yaaa.. secara Raya ga bisa bobo kalau ngga nyusu dulu... TAPIIIII... *gede amat tapinya* kalau di daycare Raya itu bisa bobo sendiri tanpa nyusu. Secara emang Raya ngga ngedot, jadi kalau di daycare, akan tidur dengan sendirinya. Nah, masalahnya Raya itu punya 2 kepribadian hahahaha. Kalau di daycare biasa disiplin, teratur & nurut, kalau ada saya & Abah langsung berubah.. Dooh... Trus kalau jemput saya abis dari daycare ngga pake tendeng aling-aling, langsung nyibak jilbab saya & nunjuk2 mau nyusu... mmppphhhfff... kumaha iyeu -_0"

Selain peran Ibu & anak, kesuksesan menyapih juga terletak dari dukungan Ayah, alias Abah. Nah, saya sih kalau Raya nangis malem-malem masih bisa kuat deh *kayaknya* tapi Abah ini orangnya ngga tegaan. 

Sekarang saya masih mencari ilmu-ilmu lain tentang menyapih... Semoga pas saatnya tiba, saya, Raya & Abah siap dan saling dukung untuk proses penyapihan ini... Mengutip dari website AIMI tentang menyapih "masa menyusui itu adalah masa terbaik untuk dikenangkan, namun bukan untuk dikangenin"

Doakan saya & Raya berhasil menyapih yaaa... Amiin
Siap disapih ya Neng :-*


CONVERSATION

4 comments:

  1. aku pun udah deg2an dari sekarang mba, padahal babyku baru 16mo, soalnya tiap kali liat mamanya pasti lgsg tereak nenen.

    btw, raya tinggi bgt ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Nicha... samaa.. Raya kayaknya tiap liat aku bawaannya nyusu molo.. -_-"
      deg deg plas deh nih menuju penyapihan...

      Iya nih, raya lumayan tinggi, jadi keliatan menguruuus... Salam buat Al ya, kiss kiss

      Delete
  2. raya samaan kaya tiara begitu liat emaknya langsung kepikiran nenen -_____-"

    semoga para baby julliers bisa pada pinter weaningnya dan para emak2 bisa ikhlas... akupun masih belum ikhlas sampai detik ini... *jitak emaknya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiiiin... (panjang banget dah amiinya)
      Ikhlas emang susaaaaaaaah, aku pun kadang blm bisa let it go nyodorin nenen hahaha XD

      Delete

Back
to top