Persiapan Liburan Bersama Anak ke Luar Negeri



Mempersiapkan liburan anak itu menurut saya bikin senang tapi repot hahaha. Senang karena bisa liburan sama anak, tapi repot mempersiapkan semua keperluan selama liburan *emak pemalesan*. 

Tapi harus diakui kalau liburan keluarga itu penting banget untuk bonding keluarga juga untuk menikmati masa-masa santai untuk saya, Raya & Abah. Secara setiap hari udah stress sama macet, ngurusin rumah, kerjaan, dan lain-lain, saat liburan merupakan waktu yang betul-betul kami nikmati untuk 'istirahat keluarga'. Kalau mau cek mbah google, banyak banget manfaat liburan yang bisa didapatkan untuk keluarga, terutama anak. Manfaat berliburan dengan keluarga antara lain: 


Liburan keluarga emang ngga perlu jauh & mahal, tapi kadang sesekali kalau ada kesempatan dan rejeki, saya & Abah sengaja berlibur ke luar negeri agar Raya bisa perbedaan budaya & tempat wisata selain di Indonesia. Jadi sekarang saya mau sharing pengalaman saya mempersiapkan perjalanan kami ke luar negeri.

Perjalanan bersama anak mau kemana pun harus dipersiapkan dengan baik, apalagi kalau bepergian ke luar negeri. Liburan yang menyenangkan kadang rusak hanya karena persiapannya kurang baik, pengalaman mengejarkan saya, gimana repotnya mencari popok Raya yang habis di Beijing, atau paniknya saya ketika Raya sakit ketika liburan.  

Persiapan Awal

Hal pertama yang wajib dipersiapkan ketika berlibur ke luar negeri tentu saja paspor. Untuk membuat paspor anak prosesnya sangat mudah dan cepat. Apa saja dokumen yang diperlukan, berapa bianya dan seberapa cepat membuat paspor anak bisa dibaca ditulisan saya sebelumya: Mudahnya membuat paspor anak. 

Setelah mempunya paspor, persiapan budget juga tidak kalah penting, pastikan keuangan untuk persiapan liburan sesuai budget yang dimiliki agar tidak menyulitkan. Kartu kredit menurut saya wajib dimiliki dan dibawa saat liburan ke luar negeri untuk keperluan bayar membayar dan berjaga-jaga ketika uang cash tidak cukup. 

Proses pembuatan visa juga harus dipikirkan agar tidak mepet waktu ketika mengajukan permohonan visa. Selama ini saya selalu menggunakan jasa travel agent untuk membuat visa karena lebih hemat waktu dan saya bisa fokus untuk menyiapkan hal-hal lain yang diperlukan selama perjalanan. Untuk tiket, biasanya maskapai menyediakan tempat khusus untuk anak/balita, begitu pun untuk hotel, pilihlah hotel yang ramah anak, sehingga lebih nyaman. Jangan lupa untuk membuat jadwal perjalanan (itinerary) dan tempat-tempat yang akan dikunjungi, jangan terlalu ambisius karena kemampuan fisik anak berbeda dengan orangtua, jadi mungkin membuat jadwal yang santai tapi tetap menyenangkan. 

Persiapan Lebih Lanjut

Pastikan semua dokumen telah lengkap dan siap, biasanya saya selalu scan semua dokumen penting dan kirim ke email saya atau foto di HP untuk berjaga-jaga apabila diperlukan disaat mendesak. 

Urusan daftar pakaian juga harus diperhatikan, jangan sampai salah musim hihihi. Ini beneran terjadi pada saya saat jalan-jalan ke Nepal. Saya mendapatkan info dari teman bahwa Nepal sedang musim dingin dan wajib membawa jaket tebal, bodohnya saya malah ngga cek-cek info lain, ternyata pas saya datang kesana sudah mulai musim panas, jadi semua jaket ngga kepake, untungnya saya membawa beberapa baju santai buat Raya sehingga Raya ngga kepanasan... Jadi, cek musim di negara tujuan agar perlengkapan & pakaian yang dibawa tepat. 

Musim dingin di Beijing, bawa jaket & perlengkapan musim dingin baru pas :D
Mainan, stroller, power bank, charger adaptor, dan perlengkapan kecil lainnya harus didata dan jangan lupa dibawa. Jangan sampai kejadian batere kamera habis dan ngga bisa di charge, jadinya ngga bisa poto-poto padahal ketika liburan kan pengennya mengabadikan momen sebanyak-banyaknya. 

Satu yang tak kalah penting yaitu obat-obatan. Ketika berlibur perbedaan makanan dan cuaca terkadang membuat tubuh Raya menjadi lemah dan gampang sakit, obat-obatan penurun demam seperti Tempra, paracetamol selalu saya bawa karena cepat menurunkan demam. Saya selalu memilih tempra karena bekerja langsung ke pusat demam. 

Berikut sedikit tips ala-ala saya ketika anak liburan saat demam: 


Terakhir, Nikmati Liburan Ceria Bersama Keluarga
Dimuseum Kesenian Nepal
Setelah semua persiapan, perlengkapan dan hal-hal yang penting dibawa serta untuk berlibur. Jangan lupa nikmati waktu-waktu bersama dengan keluarga dan anak. 

Ketika berlibur, saya bebas membiarkan Raya melakukan apapun dan tidak terlalu "galak" hihihi. Saya ingin Raya, saya & Abah benar-benar melepaskan stress dan tidak terlalu terikat dengan peraturan-peraturan. Jangan lupa explore ketempat-tempat yang menyenangkan dan memorable. Saya juga tidak pernah lupa banyak-banyak mengabadikan setiap momen dengan foto-foto agar bisa menceritakan semua perjalanan liburan kami pada Raya nanti.  

Brasa keren padahal lagi panaaas banget di Nepal XD
Main-main di Singapur

Somewhere in Beijing 
Di bandara Cebu
Manfaat liburan memang sangat baik untuk kesehatan jiwa, raga, batin & jasmani, tapi tidak baik untuk dompet. Saya ingat jaman kecil, kenangan bepergian bareng sekeluarga sangat berkesan dan saya berharap ketika saya memiliki keluarga, anak saya juga bisa merasakan kenangan indah dan pengalaman yang menyenangkan saat berlibur. 


CONVERSATION

81 comments:

  1. emang ya klo liburan trus tiba-tiba suhu anak tinggi itu pasti bikin panik.. tapi klo memang kita bawa obat2an lengkap, insyaAllah ngga usah panik ya mih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, perlengkapan macam obat demam wajib bawa banget, secara di LN ngga tau kan giman2nya.

      Delete
  2. ahh yaya lucu sekaliii... emang yah penting banget buat cek cuaca dan musim di negara yang mau kita datengin. biar ga saltum :)

    ReplyDelete
  3. Kebayang sih rempongnyaaaaaa,hahaha. Belum punya nyali ngajak ke luar negri. Tp dicatet dulu ahh..klo mau ke LN. Aamiin.. hihi. Mamaci mamih rayaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rempong tapi seru kok! Ayok ajak ucul jalan-jalan ke LN, pasti kuruus. Waktu pulang dr Beijing aku mpe turun 5kg hahaha

      Delete
  4. bawa anak travelling emang rempong tp seru yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget lia! Serunya tak tergantikan hahahah kl ada hal-hal nyebelin jd pelajaran buat ntar2nya

      Delete
  5. Raya lucu banget, foto manyunnya juga ttp lucu :3 makasih tipsnya mba sandra.. Ngelist barang emang penting ya :)

    ReplyDelete
  6. berhubung aku dan suami udh dari pacaran tergila2 ama traveling, sampe udh nikahpun, kita sepakat utk ngajarin anak asyiknya traveling :D.. awalnya sih kita ajakin anak ke kota2 terpencil di Indonesia dulu, trs road trip kliling jawa, baru umur 1thn an, ke LN.. awal2 pasti rempong memang mbak, tp semakin sering, anakku udh mulai ngerti dan bisa menikmati :).. malah ini dia lg g sabar nunggu trip selanjutnya february nanti ke jepang dan korea :D.. aku sih jd makin seneng, krn skr udh ga serepot dulu pas bawa dia.. apalagi pampersnya juga udh ga pake, susu juga skr pake susu cair.. gampang lah jadinya.. tapi adeknya yg masih baby, ntr deh, masih terlalu rempong ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihiy, keren banget! Emang semakin gede kerempongan bawa perlengkapan anak semakin berkurang ya Mba :) Ditunggu cerita ke Jepang & Korea-nya semoga aku jg bisa nyusul

      Delete
  7. Bener banget, liburan bawa anak memang harus lebih teliti. Obat-obatan yang tampak sepele sebenarnya sangat penting, karena di negeri orang agak susah nemuin obat yang biasa kita pakai di negeri sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget Mba Nunik, belinya dimana juga suka bingung kan ya.. Jadi emang persiapannya hrs lbh matang kl jalan-jalan ke LN :)

      Delete
  8. Yayaa, udah kemana mana aja yah kamu. Tante kalaah T^T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga laaah, tetep banyakan tante nia jalan-jalannyaaaaa XD

      Delete
  9. Waaa seru banget liburan ke Nepalnya Sannn.. iya banget ya kudu bawa paracetamol kalo jalan2 sama anak2, biar tenang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Zata, Nepal oke, tapi emang harus persiapan khusus karena negara ke 3 agak2 kurang bagus fasilitasnya, jadi obat2an kyk paracetamol wajib dibawa :)

      Delete
  10. Seruuu banget, tapi nggak repot ya mba liburan bawa bocah. Kalau aku mikirnya dia bakalan makan apaaan gtu disana, secara kalau kita nggak makan juga nggak apa2, lah kalau anak2 iki kepriben hehe,, salam kenal mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha Salam kenal juga Mba, biasanya aku suka bawa makanan dan cemilan yg disukai Raya, bawa reskuker kecil + beras juga pernaaah *rempooong to de max* hahahahha... Tapi aku akhirnya sengaja memperkenalkan Raya kemakanan2 yang ada, biar kalau jalan-jalan ke tempat lain gampang & adaptasi makanannya lbh cepet :)

      Delete
  11. Rayaaa, cute banget dari lahir :D ekstra banget ya mba persiapannya kalo bawa balita ke LN, noted dulu deh hehe good luck anyway mba Sandra :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihih makasih Retno XD Iyaaa, kalau bawa balita emang persiapan harus extra

      Delete
  12. Liburan ke luar kota bersama anak aja perlu persiapan khusus, apalagi ke luar negeri ya. Dan obat-obatan wajib dibawa, terutama obat demam seperti tempra ini.
    Btw itu Raya imut banget, cantiiiik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, obat2an wajib bawa kemanapun, terutama obat demam :)
      Makasih banyak mba

      Delete
  13. Moga2 suatu hari ada rezeki ngajak liburan ke LN hi hi. Suka ngintipin cerita-cerita travel blogger esp soal liburan dengan budget hemat, tapi masih suka terkendala izin cuti hu hu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, kalau anak udah agak besar or jalan2 sendiri bisa liburan ke LN dgn budget hemat, tapi kl anak kecil ngga bisa hemat2an, soalnya kesiaaan :D Ayo direncanakan dulu mba :)

      Delete
  14. kalo anak demam di rumah aja terkadang suka panik.. apalagi kalo jalan2.. tapi untung ada tempra..yah.. jalan2 kudu bawa obat jugabuat jaga2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, obat demam itu penting banget dibawa kemana-mana, secara kita ngga tau kondisi cuaca atau makanan pas liburan kan ya :)

      Delete
  15. Salam kenal mba, serunya pergi jalan2 ke LN ya apalagi bawa anak masih balita hehe repot tapi seneng pastinya :) semoga suatu saat bisa seperti mba hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mba. Emang repot tapi kalau persiapannya udah ok, insha Allah bisa mba :) Amiin, kalau udah berangkat ditunggu ceritanya ya

      Delete
  16. Salam kenal mba, serunya pergi jalan2 ke LN ya apalagi bawa anak masih balita hehe repot tapi seneng pastinya :) semoga suatu saat bisa seperti mba hehe

    ReplyDelete
  17. Belum pernah ngajak anak... *punya juga enggak*
    Sama temen aja jalan bareng aja repot
    Nggak kebayang sama anak...
    Seru ih Raya udah ke mana-mana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi kalau udah ada anak, meski rempong to d max tapi tetep seru kok :D Alhamdulillah ada rejeki jadi Raya bisa dibawa2

      Delete
  18. Yaya dari piyik dah dibawa halan2 yaaa.. Jadinya sekarang udh biasa, kemana2 gak rewel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Micang, kayak Olong, jadi kalau jalan2 udah ngerti & semakin gede semakin gampang dibawa :)

      Delete
  19. Seneng banget baca tulisan ini mamihqueen. Banyak infografisnya :p
    btw aku liburan sama temen temen bawa barangku sendiri aja udah riweuh. keren nih mamihqueen, list barang oke, itinerary oke, tapi cuma satu yah pengalaman saltum aja :p

    Yaya udah gede apply jd model apa nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah iyaaa.. saltum karena aku yg salah ngga double cek *dodols* Raya ngga usah jadi model, mamihnya ajah hahahah #eaaaa

      Delete
  20. Such great tips!
    http://sepatuholig.blogspot.co...
    IG @grace_njio

    ReplyDelete
  21. pertama kali raya dibawa ke LNN umur brp mba sandra?
    aku baru ngubek-ngubek blog mba sandra nihhhh... bermanfaat bangetttt T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi alhamdulillah kalau bermanfaat Put, makasih ya dah mampir. Raya pertama kali ke Nepal pas umur 10 bulan, perjalanan jauh tapi karena milih penerbangan malam alhamdulillah ngga ada kendala :)

      Delete
  22. pertama kali Babam naik pesawat juga malam, tapi ekhh gonjrengg gak tidur.. untung pramugarinya sedia beberapa mainan, walaupun agak kerempongan masih terkendali.. tidak baik yah liburan untuk dompett hehehe tapi seru antar keluarga jd dekat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, mungkin Babam terlalu hepi jadi ngga mau tidur mba :) Liburan (apalagi kalau sering2) emang kurang bagus untuk stabilitas keuangan, tapi bikin hubungan keluarga lbh deket :D

      Delete
  23. Ahh.... suka banget tulisan ini. Liburan bareng anak itu walau repot tapi seru banget. Mereka akan dilatih buat mandiri dan ngga manja. Traveling ku sama anak-anak baru Singapore-Kuala Lumpur aja, semoga ada rezeki bisa ke belahan bumi ALlah yang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin Uchi, emang kaan rempong tapi seru. Anak2 senang & punya pengalaman yg beda :)

      Delete
  24. Ah senangnya Neng Raya uda menapaki bumi Alloh yang lain :) semoga sehat2 sll dan memang kalau pergi jauh mesti sedia obat mba ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ada rejeki tante Herva :) Amiin amiin makasih ya, selaluu obat harus siap sedia kl kemana2 ya

      Delete
  25. Aaah ini ngebantu bgt. Kebetulan mau traveling bareng temen yg bawa balita. Thanks mba!

    ReplyDelete
  26. Rempong2 gimanaa gitu ya Mba pergi bawa anak. Tp anak2ku pada yang ngga betah gitu perjalanan jauh. Maunya sebentar aja perjalanannya dan langsung sampe tujuan. Hadeuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah emang anak2 mah bosenan, makanya harus bawa peralatan tempur yang baik untuk perjalanan jauh. Ujung2nya bawa antimo untuk anak biar bobo #eh XD

      Delete
  27. Yaa allah nepal ...impian gw nich yg blm kesampean

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insha Allah bentar lagi mlipir ke Nepal Om.. Amiin :)

      Delete
  28. Seruu banget yah Mbak, ajak anak liburan ke luar negeri. Jadi pengen.

    Anyway kesehatan jd salah satu kunci utk bs liburan, gak asyik bangey ya libur tp kita sakit apalagi anak, gak dinikmati jalan2nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget! kalau ngga sehat jalan2 kemanapun ngga enak ya :)

      Delete
  29. Waa Raya imut banget atuhh....liburannya keren banget Mba, pingin juga hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih tante Indri
      Amiin! Semoga bisa ya liburan jalan-jalan ketempat yg dipengen :)

      Delete
  30. Aiih dedek cantik asyiknya jln2..kereen mb,sharenya bmanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aiiih emaknya cantik juga ngga? hihihihi XD
      Sama2 mba, alhamdulillah kalau bermanfaat

      Delete
  31. Wuihhh Nepal, pengen ke sana juga, aku masih belum ngajak anak pergi jauh-jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, semoga tercapai ya Mba Ep, ayo doong ajakin anak2nya pergi jauh hihihi rempong tapi rame deh :D

      Delete
  32. Memang perlu banyak persiapan ya kalo mau liburan

    ReplyDelete
  33. xixixi..jadi kalau pas liburan, aturan-aturannya juga ikut libur ya Mba? bener juga sih, biar bisa rileks betulan yaa.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha Iya Mba, terserahlah mau makan apa pas liburan mah. Apalagi kl perjalanan jauh, yang penting anak makan & ngga sakit yess :D

      Delete
  34. Liburan bareng keluarga saat masih kecil itu memang berkesan bgt ya mbak. Salam kenal 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba, makasih sudah mampir... Iya, waktu kecil berkesan banget jalan2 sama keluarga, kalau udah gede sibuk sama acara masing2 hihihi XD

      Delete
  35. ngurangin panik yang susah, tapi tenang ya ada Tempra

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betulll, apalagi kl susah nyari obat diluar, jadi mending bawa aja ya mba :)

      Delete
  36. Haduhh lucuuu, kecil-kecil udah sering keluar negeriiii *mupeng *loh

    ReplyDelete
  37. tips yg sangat bermanfaat....itu si kecil comel sangat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank youuuu, iya seperti emaknya comel sangat juga hihihihi :D

      Delete
  38. keren banget udah ke luar negeri. aku baru ke kota di seberang batam. itu juga waktu masih kecil. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan ada rejeki mba, aku malah belum pernah ke Batam lhooo :D

      Delete
  39. mencegah banget panik saat si kecil itu susah ya, hihihi
    Ini sweet momen banget bareng keluarga kecil udah asyik aja jalan2 ke LN,
    Hai Raya kamu dijadikan tag ya diatas sana..*eh, bukan mau komen itu*
    Hai Raya, di Nepal panas? sama nggak panasnya ama Kalimantan? (yang kalau Tante bilang sih ngga panas *sok akrab ama Raya* ^_^)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahah Tanteeee, Raya mau doong ke Kalimantaaan, ajak plissss jangan lupa ajak emaknya yaaa *modus*

      Delete
  40. Aaaakkkkk Raya comel pisaaaan. Rasanya pengin tak uyel2 itu pipi :*

    Keren euy mba Sandra udah mulai ngenalin budaya bangsa lain sejak kecil. Walau rempong liburan tetep asyik yook. Bikin nagih malahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa, doain bisa ketemuan sama tante tarie nanti yaaaa.. kiss kiss..

      Delete
  41. Makasih tipsnya,,aku belum pernah keluar negeri sama naek pesawat hehe.Itu koper Okiedog nya ketjeee yoo ��.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi sama2, insha Allah nanti kalau ada rejeki bisa jalan2 ke LN sama anak ya Mba :)
      Koper Okiedog sama kayak tempra andalan kalan buat jalan2 sama anak XD

      Delete
  42. terimakasih sharingnya mba... minggu depan baru pertama kali ajak anakku umur 2 tahun ke singapur ... tempra sama oralite must have item dibawa nanti :)

    ReplyDelete

Back
to top