Tips: Pilih-Pilih Baby Daycare Part II

Alhamdulillah ngga kerasa udah 3 tahun Raya belajar mandiri di daycare. Dari 2 daycare yang jadi "keluarga" Raya selama ini, daycare yang sekarang  menurut saya yang terbaik. Alhamdulilah Raya happy, sehat, dan tante-tante caregiver disitu pun baik-baik & sayang sama Raya.

Saat ini, prioritas daycare untuk Raya beda ketika pertama kali saya mencari daycare. Program yang memiliki banyak aktifitas baik indoor maupun outdoor sekarang justru menjadi prioritas. Di Daycare sekarang, Raya bebas berkeliaran naik sepeda, perosotan, lari-lari, main ayunan, masak-masakan dll. Juga adanya program belajar ngaji untuk yang beragama islam membuat saya sangat terbantu karena kadang saya dirumah tidak punya waktu atau kurang telaten mengajarkan Raya *yeah blame me cause I'm not perfect mother*

Kemampuan Raya lebih ter-explore di daycare baru :)
Bagusnya lagi, daycare Raya saat ini punya program yang sama seperti pre school & TK. Saat ini, menurut saya & Abah, keputusan pindah daycare yang sekarang adalah keputusan yang terbaik bagi kami sekeluarga.

Setelah sekian lama Raya di daycare dan saya sempat posting mengenai pilih-pilih baby daycare disini, berdasarkan pengalaman mencari daycare yang ke2 kali, saya pengen ngasih tips ala-ala mencari daycare buat toddler, tips ini berdasarkan pengalaman saya mencari daycare untuk Raya, dan tentunya saya ingin Raya mendapatkan yang terbaik meski harus dititip di daycare. Semoga berguna buat para Ibu yang lagi galau karena saya merasakan kebutuhan toddler jauh berbeda dengan kebutuhan bayi dibawah 2 tahun.

Tips Memilih Daycare Ala Mamih Raya

1. Pastikan Program untuk Toddler Memenuhi Kebutuhan Anak 
Optimalisasi kecerdasan toddler umur 2-4 Tahun harus dilakukan dengan mengasah motorik kasar & halusnya. Nah apabila mencari daycare, pastikan bahwa program yang dimiliki memang sesuai untuk perkembangan anak dan dapat mengoptimalkan kemampuan anak.

Raya belajar mandiri dgn memakai baju sendiri :) 
3. Pastikan Lingkungan Daycare Memiliki Cukup Ventilasi & Ruang Terbuka untuk Anak
Ventilasi & ruang terbuka penting untuk toddlers agar mendapatkan sinar matahari yang cukup & sirkulasi udara yang baik. Toddler diajarkan untuk berkeringat, tidak takut kotor & bermain dengan lingkungan sekitar yang selalu tidak ber AC. Sirkulasi yang baik juga dibutuhkan agar apabila ada anak yang sakit, anak lain tidak cepat tertular, kalau ruangan ber AC terus, bisa-bisa tiap minggu anak kena sakit flu, batuk, atau common cold yang tak sembuh-sembuh.

Pentingnya ruang terbuka untuk sirkulasi udara di daycare
3. Daycare Memiliki Variasi Makanan Bergizi Agar Anak Tidak Memilih Makanan
Saya memberikan semua makanan pada Raya, alhamdulillah saat ini Raya tidak picky eater. Jadi saya harus mencari daycare yang memberikan variasi menu-menu makanan yang sesuai dengan makanan rumah tapi tetap bergizi. Saya tidak masalah kalau Raya diberikan sayur asem, pepes tempe, ikan asin, dan makanan-makanan rumahan lainnya karena dirumah pun seperti itu. Tidak perlu selalu mendapatkan makanan mahal, seperti salmon, dkk yang penting bagi saya gizi Raya tercukupi.

4. Pastikan Cargiver yang ada Mempunyai Ilmu & Mendapatkan Pendidikan Khusus Mengenai Toddler
Satu yang saya kagumi saat ini, owner & founder daycare Raya sangat mementingkan keterampilan para tante carvigernya. Secara berkala mereka diberikan orientasi dan ilmu yang memadai agar dapat menghadapi sepak terjang para toddler yang beragam gaya. Bahkan terakhir kali saya mengetahui mereka diberikan pelatihan mengenai disiplin positif pada anak. Thumbs up!

5. Pemberitahuan/Informasi Berkala atas Segala yang Terjadi di Daycare
Saat ini, apapun yang terjadi di daycare Raya, saya selalu mendapatkan updatenya. Semua diinformasikan dengan benar pada orangtua dengan baik & tanpa ada tendensi menyudutkan atau menakut-nakuti. Ini penting bagi saya karena di daycare yang dulu saya kurang mendapatkan informasi menyeluruh terhadap apa yang terjadi di daycare, dan tidak ada kejadian drama daycare seperti dulu. Apabila ada anak sakit pun, saya selalu mendapatkan email informasi yang selalu di update sampai kondisi di daycare terkendali.

6. Biaya Daycare yang Sesuai Dengan Program/Fasilitas yang Disediakan 
Bagi saya & Abah, biaya daycare yang tinggi tidak kami permasalahkan, asal disertai dengan program yang baik, dan fasilitas penunjang yang sesuai dengan harga. Dongkol banget saya rasanya kalau udah bayar mahal-mahal tapi ngga pernah ada program perkembangan anak, fasilitas buku, mainan dll juga sudah lusuh.. Mending jauh-jauh deh dari daycare seperti itu.

Fasilitas di daycare Raya yang selalu dibersihkan & ditambah secara berkala
7. Adanya Extrakulikuler atau Field Visit Tambahan dari Program Sehari-hari 
Saat ini, Raya mendapatkan exkul mengaji & setiap 6 bulan sekali ada program field visit tambahan. Sudah 2 kali Raya ikut field visit yaitu ke playground di Lipo Kemang & terakhr ke Kuntum.

8. Penting Adanya Kunjungan Dokter 
Jangan terlena apabila ada daycare yang memberitahukan bahwa ditempat mereka ada kunjungan dokter secara berkala, buktikan dulu ya Ibu-Ibu!. Di daycare Raya yang baru, setiap 6 bulan sekali ada dokter anak & dokter gigi datang bergantian, orang tua pun mempunyai buku kesehatan yang diisi oleh para dokter. Jadi pastikan dulu apakah betul daycare tersebut memang mempunyai program kunjungan dokter, jangan sampai awal-awal ada kunjungan dokter, bulan-bulan berikutnya ngga ada :D

Kunjungan dr. Gigi, tiap anak diajari mengosok gigi dgn benar :)
9. Owner/Founder Dapat Dihubungi Kapanpun dan Mudah Berkomunikasi
Saya beruntung mendapatkan referensi daycare Raya dari teman, yang ownernya sangat komunikatif dan mudah dihubungi. Ketika pertama kali Raya pindah daycare, saya malah diajak diskusi & menjelaskan apa yang saya inginkan untuk perkembangan Raya ke depan.

10. Raport / Evaluasi 6 Bulanan untuk Perkembangan Anak
Saya terkejut ketika mendapatkan raport Raya pertama kali, karena dulu saya tidak mendapatkan raport apa-apa selama 2 tahun. Senang karena semua karya Raya ada disitu dan semua perkembangan Raya tercatat, apa yang harus dioptimalkan, apa yang sudah bagus semua tertulis dan terekam. Foto-foto Raya juga dicetak, jadi saya tidak melewatkan semua perkembangan Raya :)

11. Pastikan Keamanan Anak Terjaga & Peraturan yang Ketat 
Jaman sekarang parno banget kalau denger anak diculik. Ini salah satu penilaian penting ketika saya memilih daycare untuk Raya. Meskipun awalnya saya agak khawatir karena daycare yang sekarang dekat dengan jalan raya, tapi ternyata kekhawatiran saya tidak terbukti. Penjagaan daycare sangat ketat, yang datang dan masuk kedalam hanya orang tua dan tamu selain orantua harus mengisi buku tamu. Diatas jam 9 pintu pagar di gembok dan orangtua hanya diperbolehkan mengunjungi anak jam makan siang. Juga terdapat CCTV di semua ruangan sehingga orangtua dapat memantau kegiatan anak-anaknya. Alhamdulillah sampai saat ini keamanan & kenyamanannya terjaga.

12. Dan yang Paling Penting, Pastikan Anak Bahagia
Tentunya ini poin penting yang harus diperhatikan, apabila semua fasilitas dan program bagus, tapi kalau anak ngga happy & senang ketika di titip di daycare, pasti saya ngga akan memilih daycare tersebut. Kebahagiaan Raya adalah hal utama, karena ketika Raya happy, otomatis saya pun bekerja lebih tenang dan tante yang menjaga juga lebih mudah mengajar Raya :)


I'm happy cutie pie 
Tips diatas murni dari pengalaman saya selama Raya di daycare. Semoga para Ibu terbantu dengan tips ala kadarnya dari saya untuk mencari daycare, kalau ada yang punya tips lain silahkan lho di share biar saya juga tercerahkan.

Mencari daycare untuk anak memang susah-susah gampang, pada akhirnya semua terserah pada orangtua dan anak yang akan menjalaninya. Menitip anak di daycare bukanlah hal yang menakutkan kok, malah anak jadi bisa belajar lebih mandiri dan bersosialisasi dengan orang banyak.

Postingan berikutnya insha Allah saya akan update list daycare yang ada di Jakarta saat ini, doain cepet selesai biar bisa jadi bahan referensi ya :)

Simak  juga keuntungan memasukan anak di daycare disini.

CONVERSATION

28 comments:

  1. makasih banyak tipsnya mba sandra :D keren banget ya daycarenya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi makasih Hana, semoga bisa jadi referensi kalau nanti setelah berkeluarga menitipkan anaknya di daycare ya :)

      Delete
  2. jadi kayak milih sekolah ya mba, harus bener2 serius yg bisa buat anak nyaman dan orangtua tenang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba, seperti milih sekolah harus serius karena urusannya berhubungan sama masa depan anak :)

      Delete
  3. Kalau bisa ada price listnya dong Mam Saand yg list daycare2nya, insya allah kalau rejeki bakal butuh juga nih tahun2 mendatang. Ye kan. *doa kenceng* :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pricelist ntar ya.. udah di tulis sih kemaren2 tapi nanti aku update lagi sekalian listnya :)

      Delete
  4. aku salah fokus!! apakah yang dimaksud dengan drama daycare di day care sebelumnya? *jeng-jeng*

    btw mamihqueen kalau fotonya ditambahin lebih banyak pasti lebih kece :D

    yeay yaya senang aku senang liatnya:D btw cara berceritanya asik abnget berasa didongengin. *eyaak*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah poto ngga usah banyak2 ntar over exposure hahahah *gaya* Maaciy ya baby onion bala-bala kiss kiss

      Delete
  5. Nah kan bener si Nia langsung minta PL sama mamih hahaha.....kalau nitip di mamtir aja gimana Jeng Nia (numpang nyampah) hehehe


    Tapi sih jadi nambah pengetahuan gie mengenai daycare (walau belum tentu pakai daycare juga nanti), setiap manusia mah nggak ada yang sempurna mih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha daycare ngga pake daycare yang penting tetep halal 2016 kan mamtir XD

      Delete
  6. Anak kedua keknya aku mau propose daycare aja mamiiih.. smoga proposal gol, hahaha.. Raya lucu bingits suka pake tutu. Naya susye klo dipakein tutu,huhuhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin Lisna, cari yg deket2 kantor suami aja ada kan tuh abis itu cus ngemol hahahah

      Delete
  7. makasih tipsnya mbaak. sangat brmanfaat. Raya nya imut bangeet. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba, Raya imut tapi suka amit2 kelakuannya :))

      Delete
  8. Mbak..., ini bagus sekali ulasannya. :) Terima kasih yaa.. jadi banyak referensi. Meski menikah aja belum hihi.. tapi aku mulai tertarik dengan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you udah mampir, dipersiapkan sedari nikah kan ngga papa :)

      Delete
  9. Gagal fokus liat boneka unicorn raya.. lutttttuuu

    ReplyDelete
  10. Cute pisan Neng Raya teh kayak aku *dijambak emaknya :p
    btw di Cimahi masih jarang daycare yang super kayak gini mba, dulu Neyna juga masuk daycare dan memutuskan resign dini dari daycare karena fasilitasnya jauh pisan mba sama yang ini :) semoga di Cimahi ada yang begini kereeennnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahha.. Iya kayak tante Herva, tapi lebih cute kayak emaknya sih *nunggu lemparan HP*
      Emang kalau di Cimahi & Bandung kayaknya belum sebagus di Jakarta karena mereka baru coba2. Semoga kedepan banyak yg lebih bagus sekitar situ ya

      Delete
  11. Wah kalau di jakarta kayaknya daycare-nya sudah keren-keren ya, mbak. Kalau anak saya saya titipkan sama keluarga sih. Tapi ada rencana nanti mau dipindah ke daycare. Semoga aja di sini ada daycare yang sesuai harapan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ada keluarga yg bisa dititipin aku pun mau mba hahahaha, sayang nyokap di Bandung & mertua kebetulan dah sepuh, alhamdulillah sekitar kantor byk daycare jd bisa milih2 sesuai keinginan

      Delete
  12. Wah bagus daycarenya teteh raya, paket lengkap kayaknya disana. Klo di bandung ada gak ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Bandung kayaknya sekarang udah banyak deh mba, aku sempet liat or baca di IG kalau ngga salah, cuman daerahnya kurang tau juga :D maap ga ngebantu hihihi

      Delete
  13. Adik Sasha dimasukkan ke daycare ini juga kah?
    Ada harga, ada manfaat ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, shasha masuk daycare juga :D biar bersosialisasi hihihih

      Delete
  14. Bener semua nih Bun tipsnya. Dulu saya sempat mengelola daycare. Tantangannya memang di kemampuan pengasuh. Kalau anak ditaruh di daycare tapi cuma ditungguin aja dengan minim kegiatan yang sesuai fase tumbuh kembangnya itu sayang banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banget mba, aku pernah ngerasain daycare yg kemampuan pengasuhnya kurang, jadi kasian anaknya ngga bisa berkembang dengan lebih baik :)

      Delete

Back
to top