Menikmati Sunrise di Kalibiru [Blogger Horeey Yogyakarta Trip]

Warning, postingan kali ini memuat banyak foto-foto kece hahaha XD

Setelah melalui perjalanan panjang dengan kereta api, saya, Raya, & blogger horeey (Aie, Anggie, Ifa, Lisna & Nia) akhirnya sampai juga di Kutoarjo jam 2.00 subuh, setelah itu kami bersih-bersih, sholat, dan kemudia melanjutkan perjalanan ke Kalibiru jam 3.30.

Jam 4.30 kami sudah tiba di Kalibiru Kulon Progo - Yogyakarta. Keadaannya masih sepi, pintu masuk belum ada penjaganya, jadi kami langsung masuk untuk mengejar sunrise. Masalahnya, Raya lagi bobo & saya harus gendong ini bayi koala seberat 15kg ke tanjakan manyun huhuhu. Akhirnya, mau ngga mau harus dilakukan, daripada sunsire-nya ilang, mari menanjak. Berbekal semangat 45 naik tanjakan manyun sambil gendong Raya.

Kalibiru adalah salah satu wisata alam yang merupakan wishtlist kami, berada diperbukitan menoren kulonprogo Yogyakarta, pada ketinggian 450 m dibawah permukaan laut. Dari puncak kalibiru, kami dapat melihat pemandangan bukit menoreh dari atas sekaligus melihat keindahan waduk sermo.

Pintu masuk Kalibiru & tanjakan manyun yang semakin keatas semakin menanjak XD

Pemandangan sekitar pinru masuk, sampai sini tanjakannya ngga manyun2 amat deh :D
Setelah sampai diatas dengan ngos-ngosan, alhamdulillah kami berhasil juga hahaha. Rasanya senang & kedinginan :D Raya yang sebelum tidur ngga mau pake jaket, merinding disko kedinginan, untungnya tante Ifa baek, merelakan pashminanya dipinjem buat Raya menghangatkan badan.

Perjalanan menuju Kalibiru cukup menantang karena jalanan yang sempit, berbelok-belok dan naik turun, jadi kendaraan harus cukup kuat dan bermesin baik. Jangan tanya gimana kami sampai kesini, semua terlaksana karena ada Nia sebagai tour guide, kami asli blank jalanan ke daerah sini hahahah.

Fasilitas yang tersedia di Kalibiru cukup lengkap, ada 2 mushola yang dapat digunakan dan toilet yang tersedia juga bersih. Kemudian ada juga ayunan untuk anak, dekat mushola & toilet sebelum masuk pintu Kalibiru, meski cuma 2, tapi lumayan buat Raya main-main.

Maka nikmat mana lagi yang engkau dustakan?
Pemandangannya subhanallah bikin takjub dan merinding (ditambah dingin tambah merinding), alhamdulillah kami berhasil melihat matahari terbit dan bisa sholat subuh disini... Mind blowing banget deh pemandangannya.

Setelah sholat subuh, karena kami ingin foto-foto diatas itu, dan jam buka baru jam 8, jadi kami foto-foto, cek sosmed, nyari makan dll hahaha. Tapi sayangnya warung-warung baru buka sekitar jam 7-an. Jadi masing-masing berkegiatan sendiri. Anggi & Nia kecapean jadi tidur di pondok yang ada disitu, Lisna & Aie foto-foto sambil cari makanan, Ifa sibuk cek sosmed dan saya? Sibuk jagain Raya yang seneng banget main-main di pinggiran pagar kayu. Untung mamihnya ngga takut ketinggian, kalau kayak Abah bisa-bisa parno hihihi :D

Posting foto & cek sosmed sambil nunggu :D

Foto-foto teruuus :D
Sebetulnya ada banyak aktifitas seru yang bisa dilakukan di Kalibiru, tapi karena kami datang terlalu pagi, semua wahana ((wahanaaa.. dikata Dufan ape)) masih tutup dan harus menunggu sampai operatornya datang dulu.

Menyebrang jembatan diatas ketinggian, foto diatas pohon sambil menikmati keindahan Kalibiru, bermain ayunan diatas ketinggian, flying fox dan treking. Sayang, karena itinerari kami cukup padat, plus saya dan Lisna hanya punya waktu satu hari untuk menjelajahi Yogya, jadi kami putuskan hanya mengambil paket berfoto diketinggian.

Untuk berfoto diketinggian, kami harus antri untuk ambil nomor. Untungnya kami sudah datang dari subuh, jadi mendapatkan nomor pertama hihihi. Hari itu banyak juga yang sudah booking untuk foto dari travel agent, setelah kami foto-foto, ada beberapa grup yang baru datang harus nunggu 2 jam untuk bisa berfoto.. Widiiiih...

Untuk berfoto, setiap orang diwajibkan membayar IDR. 15,000 (termasuk Raya), itu sudah termasuk menyewa peralatan keselamatan. Tapi untuk mengambil fotonya tiap orang dikenakan biaya IDR 35,000 untuk 4 foto (termasuk anak kecil dihitung), apabila ada penambahan dikenakan biaya IDR. 5,000.

Jadi gimana hasil foto-foto kami? Silahkan dilihat dibawah ini :D

Happy together :)
Meskipun Anggie takut ketinggian, tapi kami semua berhasil foto session disini hahaha. Raya malah senang banget & pose terus hihihi. Setelah selesai foto-foto, kami bergerak menuju tempat makan karena udah kelaparaaan.

Sedikit tips untuk yang mau foto-foto diketinggian Kalibiru:
  1. Usahakan datang pagi ((subuh disana aja)) karena kalau sudah jam 8, semua sudah mengantri dan rame banget
  2. Pake sepatu atau sendal yang nyaman, jangan pake high heels XD
  3. Bawa flashdisk untuk menyimpan softcopy foto, tapi pake HP jg bisa kalau masih muat
  4. Bawa makanan & minuman karena pagi-pagi warung sekitar situ belum buka
  5. Punya teman yang sudah hapal menuju daerah situ karena kadang sinyal naik turun jadi sedikit sulit kalau pake aplikasi penunjuk jalan.
  6. Kalau memakai rok (gamis), pastikan memakan dalaman biar aman
  7. Buat yang takut ketinggian, jangan khawatir semua kegiatan ketinggian didukung dengan fasilitas dan keamanan yang memadai, serta ada operator yang menjaga.
Untuk rute yang bisa diambil, banyak info di google dan sepanjang perjalanan banyak keamanan yang mengatur jalur jalan yang sempit sehingga aman dilewati oleh mobil.

Alhamdulillah perjalanan Blogger Horeey ke Kalibiru berhasil, satu whist list sudah terpenuhi.. More wish to go :D

Baca juga tulisan Blogger Horeey tentang Kalibiru:
Lisna: Wisata Alam Kalibiru Kulonprogo Yang WOW

Wisata Alam Kalibiru
Kalibiru, Hargowilis, Kokap
Kabupaten Kulon Progo,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55653
Telepon: 0813-9294-7249
Tiket masuk:
Rp. 10.000/ orang (tiket masuk)
Rp. 2.000 parkir motor, Rp.5000 parkir mobil

CONVERSATION

1. Wiih... kereenn.... foto-fotonya kueren banget juga! Boleh nih, masuk wishlist travwllingku ^_^

1. Cus mba, beneran deh wajib kesini.. Kalau lebih siang dan ngga mendung pasti lebih bagus karena terang alami, cuma ya panas hihihi XD

2. Wah liat anaknya udah naik ke Kalibiru berani juga ya mba. Hihii
    Aku nggak berani mbaa. Takut bangeet :p
    Pemandangannya emang keren :)

1. Iya Raya malah berani banget, alhamdulillah anaknya senang.. Kalau ketakutan kan kasian juga jadi ngga menikmati mba :D

3. Keren banget tapi aku sok gemper klo naik yg tinggi-tinggi teh Mba, hebat Raya berani bgt :)

1. hahahahah jgn geumpeur atuuh, seneng kok lagian kan aman pake diiket2 segala biar ngga jatoh :D

4. pemandangan yang pas ada kabut2nya itu keren banget ya

1. Iya banget! berasa kayak di film2 twilight gitu mba nooon, tapi tanpa vampire & warewolf ya :D

5. Fotonya bagus banget :D jadi mau juga :D makasih info Harga dan tipsnya :)

6. Uwoooo akhirnya ada yg lahiran postingan jogja,hahaha. Aku baru bikin judul,hahaha. Mau ke sana lagi trus main flying fox. Seruuu..Yaya hebad ga takut yes.

1. Iyaaa mau banget itu flying fox... Kapan ya kita ksana lagi :D

7. antriannya lama ya? tapi terbayar dengan pemandangan dan foto eksis yang cetarrrr :D

1. Kalau datang subuh ngga terlalu lama ngantri sih mba, tapi lama nunggu XD
      Iya terbayar lah sama pengalaman & foto2 yg didapatnya :D

8. tempatnya cakeeep, sekarang lagi IN ya wisata alam seperti itu, di Lembang juga ada

9. Wow saya jalan bawa badan doang aja mungkin udah engap. Ini gendong Raya juga. Mantap deh Mamih 😀

1. Hahaha asli engap & ngos-ngosan bangeeeet!! Itu juga pengennya mah nangis tapi udah nyampe sana masa jiper, jadi semangat 45 ajah :D

10. setelah mupeng liat feed instagram orang2, akhirnya aku bisa menikmati Kalibiru ini versi cerita di blog :") makin mupeng semoga bsia kesana secepatnya aamiin

11. Rayaa, keren
    Bisa dibawa ya. Ah jadi kepikiran mau kesini. Yang ada awannya tu lho wanted banget

1. Iya awannya semakin siang semakin bagus karena biru banget. Mamih dong yg keren mbaaa bawa gendong raya gitu lho hihihi *ngga mau kalah* XD

12. Yaya the explorer ini mah judulnya, meski naiknya sambil bobok :D

1. Tolong dikoreksi.. mamih the brave hahahha *aseli berat gendong raya booo* XD

13. Berat yaa gendong Rayaa hahaha, keren.. Pijitin mba Sandraaaa hahaha
    Jadi mending jalan subuh ya, pnasaran rasanya bawa bocil naek ksitu. Tapi alhamdulillah baik2 nyampe di atas ya mba ^^

1. Alhamdulillah pas diatas sehat walafiat Uciii hahahahha XD bawa bocil kalau ada gendongan lebih gampang, apalagi bawa bapaknya hahahah jd bapaknya yg gendong... asiik dipijetiiin lagi dooong :D

14. waaah serunyaa liburan di Kalibiru, bisa jadi rekomendasi liburan tahun depan nih :D Thank you sharingnya mbak . .