Tentang Nama Blog dan Branding


Kenapa nama blog saya bukan nama sendiri? 
Kok nama blognya pake bahasa Inggris? 
Susah amat nama blognya, ntar ngga pada inget lho... 

Hihihihi... Itu beberapa pertanyaan dan pernyataan yang saya dapatkan setelah saya beli TLD Agustus tahun ini. Iya, saya emang baru banget TLD tahun ini, tanggal 27 Agustus tepatnya, jadi baru sekitar 3 bulan, masih cimit-cimit lah. 

Ketika memilih nama domain, saya ngga kepikiran untuk memakai nama saya Sandra Buana Sari atau nama sosmed saya Sandra Nova, karena dulu saya membuat nama blog My Kidney Bean itu dengan alasan tertentu, yang belum baca alasannya silahkan mlipir di tulisan ini: To the Beautiful You. Saya membuat blog ini, dengan pemikiran blog ini sebagai wadah tempat saya curhat, berbagi tulisan tentang seputaran saya, kehamilan dan bayi saya. 

Sedikit membahas tentang blog & branding, saat ini, para blogger melakukan personal branding dengan mencantumkan nama pribadi sebagai nama blog dan menjadi jatidiri blog mereka. Branding sebagai blogger emang erat kaitannya, karena memang tulisan di blog sebagai sarana komunikasi dari si penulis harus mencapai sasaran yang tepat untuk pembaca yang diharapkan. 

Apasih branding itu? Ini saya kutip menurut Wikipedia : 
"Pemerekan (bahasa Inggris: branding) adalah proses penciptaan atau peninggalan tanda jejak tertentu di benak dan hati konsumen melalui berbagai macam cara dan strategi komunikasi sehingga tercipta makna dan perasaan khusus yang memberikan dampak bagi kehidupan konsumen (Wijaya, 2011; 2012; 2013)[1]. Aktivitas pemerekan atau branding merupakan implementasi dari strategi komunikasi merek dan merupakan bagian dari proses pengembangan (nilai) merek"

Jadi, branding merupakan salah satu strategi komunikasi yang saat ini digunakan oleh para blogger sebagai nilai (merek) untuk menarik minat pembaca, sehingga tujuan yang diinginkan tercapai dan memberikan makna atau dampak tersendiri pada pembacanya. 

Lalu kenapa nama blog saya bukan nama sendiri? 
  1. Karena saya tidak berniat untuk melakukan personal branding.  Blog saya adalah cerita keseluruhan dari saya, keluarga & bayi saya - Raya. Bukannya ngga bangga sama nama sendiri, whooo salah bener hahahaha. Saya bangga banget sama nama saya karena itu nama hoki dan artinya bagus banget. Menurut Mamih, Sari artinya inti, Buana artinya dunia, jadi Sandra Buana Sari = Sandra yg menjadi inti dari dunia, keren kan? Keren kan? Iya aja deh biar cepet hahahaha XD. 
  2. Saya sering banget BW ke blog-blog terkenal di luar negeri seperti http://cupofjo.com/ dan http://www.theblondesalad.com/ dan terinspirasi dari situ ketika memberikan nama blog. Banyak dari mereka yang tidak memakai nama sendiri, jadi saya pikir, saya pun oke lah ngga perlu pake nama sendiri buat si blog :D *ikut2an*
Ya tentunya ngga ada masalah sama blog yang memakai nama sendiri sebagai ungkapan jatidiri dan membuat personal branding, kan semua dikembalikan pada pemilik blog masing-masing. Kalau saya ya gini ini :D 

Ini dia si My Kidney Bean, alasan dibalik nama blog saya :D
Kok nama blognya pake bahasa Inggris? 
Kalau udah pernah baca tulisan saya memakai My Kidney Bean pasti ngerti hihihi, ya kali masa saya pake bahasa Indonesia yang artinya Kacang Merahku? Eh seberenya catchy juga ya kalau pake Kacang Merahku... hahahhah. Mungkin biar lebih gampang aja dan saya waktu itu ngga keingetan kacang merah ihihihi, sama sekali ngga ada pemikiran biar keren pake bahasa Inggris atau apalah apalah.. Nama ini langsung terlintas ketika melihat Raya masih segede kacang merah diperut saya :)

Nama blog susah, nanti ngga diinget orang. 
Buat saya, apalah arti nama blog kalau konten blognya sendiri tidak bermanfaat bagi orang *wazeek* *please jangan lempari saya dengan ipon* XD . Sebetulnya tujuan saya menulis blog dari awal adalah murni untuk menyimpan semua memori yang ada, tapi kalau ternyata info yang saya tulis di blog ini bermanfaat, menginspirasi dan alhamdulillah menjadi referensi para Ibu, ya saya senang banget. 

Kalau dilihat postingan yang paling populer di blog saya, sekitar curhatan tentang saya, serta info seputar urusan anak & memilih daycare. Jadi branding yang ingin saya sampaikan tentang My Kidney Bean sebagai story about Me, Family & My Baby menurut saya ya udah yes * tapi ngga tau kalau kata mas Anang*.    

Semua orang pasti punya alasan mengapa nama Blog dibuat, jadi sah-sah saja kalau blog mau dijadikan personal branding, atau branding yang lain, iya ngga? Semua dikembalikan lagi sama yang punya blog. Kalau kalian gimana? Pasti ada cerita tersendiri dibalik nama blognya dan pemikiran tentang branding nya, cerita & sharing dong....  :D 

CONVERSATION

70 comments:

  1. Setuju banget, Mbak, nama blog itu penting, tapi konten tentunya juga sangat penting. Konten itulah yang akhirnya membuat nama blog yang sebelumnya tidak begitu dikenal, tidak mudah diingat, menjadi mudah dikenal dan diingat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos mas! Kayak kedaiijo punya Mas, itu aku kasih tau ke temen2 sebagai referensi tempat2 asik di Yogya lho :D

      Delete
  2. ambtaff dehh mbaa postinganya,...memang betul sekali nama blog itu penting untuk bisa dikenal orang dan bisa menjadi tenar...hehehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya, kagak garoblog.com yg memberikan banyak info, tulisannya cetar banget lho! Buat aku tenar mah nomor kesekian banget, yg penting dapet tambahan rejeki dari job huakakak XD #modus

      Delete
    2. Eh maksudnya kayak... kok jadi kagak hahaha typo, sori!

      Delete
  3. Semoga tetap menginspirasi dengan konten yang positif mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, terima kasih banyak mba titis, seperti tulisan mba yg menginspirasi juga :)

      Delete
  4. akuh setujuuu, balik lagi ke alasan tiap orang mau dikenal sebagai apa dan siapa. aku suka sama url-nya mba sandra, karena jarang dan menurutku sih mudah diinget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Retnooooo sini aku peluk & cipoks hahahha. Makasih ya, aku terhuraaa, soalnya ada beberapa yg bilang nama blog aku susyah diinget hahahah #CIPOKS!

      Delete
  5. ini yang masih susah buatku.. mesti aku kudu ada embel-embel nama sendiri :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iiih ngga papa mba, kan personal branding sekarang emang sedang marak & dicari :) Jatidiri = nama sendiri ngga ada salahnya kan yess.. *mas anang mana mas anaaaang!* :D

      Delete
  6. Pernah terbersit ganti nama domain, soale kebanyakan manggil aku dengan 'nodiwa', padahal biasa dipanggil nova. Mungkin perlu bikin postingan yang menjelaskan asal mula nama domain aku ya, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga mbaa, karena kadang orang2 suka pengen tau, apa dibalik nama blog :D tulisan tentang nama blog tersebut kan jadi bisa dijadiin penjelasan :)

      Delete
  7. aku pun ga mau terlalu femes Mamih Raya pake TLD dg nama sendiri wkwkwk *dibanjur kobokan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat aku yg penting banjir job, femes mengikuti yeesss *ikutanmandikobokan* :D hihihihihi

      Delete
  8. Iya ih earcathcing juga kacang merah hahaha... Malah oot.
    kacangmerah.com
    Panggilan untuk pembaca : the kacangers
    Hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha the kacangers keren juga ya! Semoga ngga banyak dikacangin aja ntar postingan2nya hakhakhak XD

      Delete
  9. Aku pakai Mei Wulandari mbak hehehe
    Cuma ig dan twitter belum, lha banyak bgt e yg punya nama Mei Wulandari

    Btw Kacang Merahku lucuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha bener juga lucu ya kacangmerahku XD tapi dulu ngga kepikiran sih mbaaaa hihi
      Biasanya sosmed suka beda, tergantung apa dulu yg dibikin aku mah mba :D

      Delete
  10. Mantap banget dech Mbak. Aku malah belum kepikiran branding dari blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah mba astin bisa aja, aku pun dulu ngga kepikiran kok mba dan masih belajar banget. Cuma kadang kan ada rejeki tambahan dr blog jd kepikiran tentang ini :)

      Delete
  11. Sama, saya juga blognya gak pake nama sendiri. Semua pakai nama anak-anak saya. Karena isinya memang menceritakan keseharian mereka. Tapi akhirnya banyak yang mengenal saya sebagai keke naima atau kenai dibanding nama saya sendiri hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba chi, kadang nama blog terefleksi dari kegiatan yg kita ceritakan. Kalau jadi femes karena nama blog, berarti brandingnya berhasil banget dong mba :D

      Delete
  12. Wah koq mirip ya mba Andra, nama blogku juga teinspirasi dari anak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos mba, emang inspirasi nama blog bisa dari mana aja tapi paling sering sih dari anak gitu :D

      Delete
  13. saya udah kadung pake nama damarojat. ya nama blog, ya url blog, ya nama di profil blogger. enak aja rasanya satu nama gitu. *alasan* :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini yg justru katanya bagus mba, semua nama sosmed & blog sama jadi orang jg inget akan personal brandingnya mba.. :D

      Delete
  14. Replies
    1. Ibunya gimana? Gemesin ngga? hahahaha #emakbutuhperhatian XD

      Delete
  15. Udah tau sekarang deh knp mba sandra pake nama kacang hehe ^^ filsofnya ya ttp ada di balik sebuah nama. Wah baru pindah TLD, bareng mba, aku awal agustus.
    Aku jg ngga pake nama sendiri mba... Hihi insya Allah aku inget si kacang ya mba sandra buana bala bala.. Eh kok bala bala sih... Jadi laper :)) salam buat raya yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos TLD agustusan hahahah *naoon sih saan* Hahaha kacang & bala2 enak dimakan sambil ngeteh sore2 Ci.. apalagi sambil baca blog Mykidneybean XD #eeeaaaa
      Salam balik tanteee kiss kiss

      Delete
  16. Kurang lebih nama blog aku sama kaya blog mamih,awal niatnya bikin buat dokumentasi dan curhat pribadi ttg aku n keluarga kecil makanya ngga pake nama lengkap jadi ya memang sekedar catatan aku ajah.. Yg jelas apapun namanya, konten kece itu yg bikin menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau aku konten kece itu yg jualan madu Nik #Eh :D

      Delete
  17. Awal kenal blog ini aku pikir tulisanya bahasa ingris lho soale namanya blog bahasa inggris pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha yg punya emang orang bule Perancis kok Kak... Perapatan Ciamis hahah XD

      Delete
  18. Tmn2 blogger msh bnyk yg lbh ngeuh sm sweetdonath drpd nathaliadp heuheu...
    Balik lg aja gt ke sweetdonath? Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... aku malah taunya sweet martabak mba :D
      Ngga usah gantiii nathaliaDP juga dah femes kokk :D

      Delete
  19. Heuheu...aku lebih dikenal sebagai Helenamantra dibanding nama asliku. Udah pake itu aja deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhihihiih jadi inget liat pengumuman pemenang blog tertulis Helena Mantra :D

      Delete
  20. Dari jaman kapan mau TLD tapi sebatas angan-angan doang ini aku Mih. :'))))

    ReplyDelete
  21. mykidneybean menurutku cute banget hahaha

    ReplyDelete
  22. kak ... aku suka lupa sama nama blog mu #Sumpah jadi kalo mau BW mesti ubek2 twiter atau IG dulu hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga papa lah, yg penting kamu masih inget sama twitter atau IG ku Om... #penting :D

      Delete
  23. Aku suka kacang merah mbaa..
    Apalagi klo es kacang merah ala manado.
    Eh kok jd ngomongin makanan.
    Bukannya apapun bs dipilih sbg "merk" yg bakal diusung jd brand ga harus nama diri kan yaa...dan mba sandra udah py brand dg si kacang merah ini kayaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah es kacang merah emang enak mbaaaa aku pun sukah! XD
      awal bikin nama blog kayaknya tiap orang ngga mikirin branding ya mba, tapi dengan maraknya jobs & niche jd kepikiran juga tentang mem-branding blog :D

      Delete
  24. Nama blognya cute he he. Saya nih lagi bingung cari nama buat blog baru hu hu. Tapi yang penting mah jangan kepanjangan deh namanya. Biar saya sendiri juga nggak ribet ngetiknya hi hi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbaa blogmu kan udah cetar badai lalala... Blog baru pasti sama cetarnya dengan nama apapun :D

      Delete
  25. lucu mba anaknya. Sebenarnya personal branding gk harus nama si mba, bisa dengan hobynya, nama ato tentang pacar, bisa sesuai niche blognya mau fokus kemana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, tapi kalau nama pacar dipake buat blog kamu emang mau? Nanti putus gimana :P

      Delete
  26. Sebenernya sah-sah saja pakai branding diri, asal dirinya juga punya karakter yang kuat sehingga beda dengan yang lain.
    Kalau aku dulu juga namanya Laugh is Happy. Trus ganti ke Vindy Pindy Mindy. Vindy namaku, sisanya panggilan yang sering diucapin temen ke aku. Jadi justru dari luar dulu lah aku dapat inspirasi branding. Mereka mudah sekali mengingat nama itu. So.. mudah bagiku menciptakan karakter. Syukur ya...

    Aku tidak berniat ganti, dan nama itu sudah terpatri lama sekali hihi.. hoki nya di sana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua saaah, apalagi kl udah ada konfirmasi sah dari para saksi #eh hihihihi :D

      Delete
  27. Aku pakai lisna dwi semua kaaa. Mau pake lisna aja udah ada yg pake. Lisna dwi ardhini kepanjangan. Lisna cantik takut diamuk massa,hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah kamu mah dah cetar.. kalau cantik itu Raya tanteeee.. bukan tante lisnaaa hahahah XD

      Delete
  28. klo aku semua sosmed udah keburu inggabia, jadi yasudahlah nama blog pun mengikuti... lebih ke gak kreatip sepertinya hahaha :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah, sekalian ya Ngga.. biar gampang diinget :D

      Delete
  29. Saya inget kok tiap muncul link mykidneybean, oh mba Sandra ini 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiiik.. maaciy ya Nita! Kau menceriakan harikuh #cipoks

      Delete
  30. Pertanyaan yang belum sempet nanya (tapi udah kepikiran lama) akhirnya terjawab sudah hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. salah satu strategy biar ditanya2 juga sih mamtir :D *belagu*

      Delete
  31. Kalo aku sih ditanya ttg nama blog ngggg tercetus gitu aja :D karena sehabis hujan biasanya ada pelangi jadi hujanpelangi :D hehehe masalah nama sih bener balik lagi ke pemilik blog, selain nama blog, konten emang penting banget nget nget, dan alangkah baiknya juga kalo sudah ada niche ya blognya. Jadi, orang gampang ingat "oo blog ono ttg kesehatan", gituh :D Biar nama blog bukan nama pribadi selama niche jelas biasanya orang akan ingat. *imo :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyeees... Niche blog penting. Sip lah semoga orang2 inget nama blog aku karena nichenya. Thanks!

      Delete
  32. Emmmmm... Nama blogNya pake bahasa Inggris saya kira blog miliknya orang Asing, di setiap Comen-comen lho kak Sari,,,, :):).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha kan saya bule perancis hahahha peranakan ciamis XD

      Delete
  33. nama blogmu termasuk yg gampang diinget mbak... yg penting sih bukan tulisan alay2 yg bikin sakit mata dan susah ingetnya ;p...

    aku juga pilih dcatqueen, ya krn memang aku pcinta kucing, walopun isi blogku cuma tentang kuliner dan traveling... g ada hubungan apa2 sama kucing ;p.. itu nama yg sering aku pake di mana2 sih, utk initial, utk nama user, makanya pas bikin domain aku lgs ingetnya cm dcatqueen.. dan sampe skr jg ga ada niat utk cari duit dr blog ini sih, makanya yg ttg personal branding lwt nama aku ga begitu butuhin :)..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masasih mba fanny??? Aaaah aku padamuuuuuuh #CIUM!
      emang kadang bikin nama blog sesuai dengan apa yg tercetus dan kesukaan kita, dcatqueen itu lucu lho, aku juga seneng banget sama kuciiiing tos ah!

      Delete
  34. Aku baru April tahun ini mbak, masih cimit-cimit juga hehe. Kalau nama domain aku pakai nama pribadi mbak, soalnya nggak tau mau ngasih nama apa mbak ;)) Ya ampun, Rayanya comel banget mbak, gemeees.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi tos yang cimit2.. ah Muthi mah cuman Raya doang yg comel? Emaknya gimanaaaa hahahah XD

      Delete
  35. memang blog adalah salah sarana kita untuk menuang kan isi pikiran dan pengalaman...

    ReplyDelete

Back
to top