Tempo Gelato Yogya VS Bvgil Gelato Malang

Sebagai penyuka es krim, saya happy banget waktu bisa datang & mencoba Tempo Gelato Yogya dan Bvgil Gelato Malang. Daripada saya posting satu-satu, saya sengaja menyatukan review kedua gelato. 

Sekilas info tentang gelato: gelato sebetulnya = es krim dalam bahasa Italia, tapi ngga tau kenapa sekarang ini ada perbedaan antara gelato & es krim dikarenakan cara pembuatan dan karena gelato tidak tahan lama & lebih mudah cair dibandingkan es krim. Biasanya rasa gelato tidak terlalu tajam dilidah, teksturnya lebih padat dan susunya lebih terasa. Menurut orang Italia yang saya kenal *iyaaaa akooh ada lah kenalan orang Itali* harusnya gelato mengandung lemak yang lebih rendah, gelato kualitas tinggi dengan standar Italia hanya mengandung 1-3% lemak. *waaaah jadi bisa banyak-banyak makan gelato dong* 

Jadi gimana review saya tentang 2 tempat beda kota yang menjual gelato ini? 



Bertempat di Jl. Prawirotaman No.43 yang mudah dijangkau, Tempo Gelato ini cukup heits dikalangan turis dan orang-orang Yogya sendiri. Terbukti ketika saya datang jam 8.00 malam, tempatnya masih sangat ramai dan susah mencari bangku kosong untuk menikmati satu scoop gelato. 

Sebelum menikmati, saya harus membayar dulu di kasir dengan pilihan harga: 
2 Rasa IDR. 20,000
3 rasa IDR. 40,000
4 rasa IDR. 65,000
5 rasa IDR. 115,000
Tambahan 1,000 apabila mengunakan cone


Varian rasa yang ditawarkan Tempo Gelato 
Rasa yang ditawarkan cukup beragam dan unik, yang unik menurut saya jahe, kemangi, kelapa dan leci. Biasanya jarang-jarang ada gelato yang mempunyai rasa tersebut. 

Akhirnya saya mencoba green tea & oreo, karena Raya milih rasa itu hahahah, es krim yang diberikan dalam satu scoop cukup banyak, banyak banget malah menurut saya. Saya & Raya puas banget makan 2 scoop gelato berdua, dan ngga merasa kurang. Plus disediakan air putih gratis apabila merasa seret setelah makan gelato :D  

Happy face 
Meskipun ramai, suasana dan interior Tempo Gelato ini cukup menyenangkan. Degan design batu-bata untuk interior dan exteriornya, plus poster-poster yang menghiasi dinding, menambah kesan "Italia" dan membuat betah orang-orang untuk makan es krim sambil ngobrol. 

Makan gelato rame-rame lebih asik 
Sebetulnya disini juga menyediakan kopi, tapi saking ramainya saya dan teman-teman ngga sempat nyicip kopinya. Next time kalau datang dan tempatnya sepi, mungkin saya akan mencoba kopinya. 

The Verdict: Penyuka eskrim/gelato wajib datang kesini! Sayangnya tidak bisa membeli eskrip hanya 1 scoop, tapi setidaknya bisa berbagi dengan teman-teman kalau memang kebanyakan. 


Alamat: Jl. Prawirotama No. 43 
Brontokusuman, Mergangsan 
Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153
Telepon: (0274) 373272
Jam buka: 11.00 – 20.00

***



Bvgil Gelato berlokasi di Jl. Guntur No.33 - Malang, lokasinya mudah dijangkau memakai waze atau google maps, tapihati-hati terlewat karena plang Bvgil Gelato agak tertutup pohon. 

Ketika sampai, saya rada ragu melihat suasananya yang 'agak' tua dan tidak terawat, tapi karena Raya pengen banget makan es krim, akhirnya saya & Abah turun dan mencoba gelato disini. Ketika masuk kepekarangannya, banyak anak-anak SMA dan kuliahan yang sedang nongkrong ramai-ramai dengan teman-temannya. 

Masuk ketempat es krim, ternyata rasa yang ditawarkan tidak jauh dari Tempo gelato, tapi mungkin tidak sebanyak disana. Bvgil juga menyediakan rasa kemangi yang ada di Tempo gelato dan rasa unik seperti buah naga merah. 

Varian rasa yang ditawarkan Bvgil Gelato tidak sebanyak Tempo Gelato 
Harga yang tawarkan Bvgil Gelato adalah IDR 10,000 untuk 1 scoop. Mau memakai cone atau cup harga tetap sama. Saya mencoba rasa green tea dengan cone, dan Raya mencoba rasa buah naga merah menggunakan cup. 

Rasa buah naga merah yang dipilih Raya

Rasa green tea yang saya pilih
Untuk ukuran rasa, antara Bvgil gelato & Tempo gelato  sama-sama enak dan lumer dimulut. Kekurangannya  ukuran gelato Bvgil tidak sebanyak yang yang diberikan Tempo gelato. 

Meski tempatnya terlihat tua, tapi ternyata cukup nyaman untuk nongkrong. Tak heran banyak anak SMA & kuliah yang nongkrong disini karena memang harga yang ditawarkan cukup murah dan tidak membuat dompet bolong :D

The verdict: Wajib dicoba juga untuk merasakan gelato di kota Malang. Kekurangannya tidak disediakan air putih kalau-kalau seret setelah makan es krim dan toilet yang disediakan kotor (bikin ilfil deh). Saran saya sih kalau emang mau nyoba silahkan dibawa pulang sambil menikmati jalan-jalan di kota Malang. 



BVGIL Gelato 
Alamat: Jl. Guntur No.33, Oro-oro Dowo, Klojen 
Kota Malang, Jawa Timur 65119
Jam buka:  9.00 – 21.00 

***

Insha Allah minggu depan saya mau travelling lagi ke Semarang, Solo & Yogya, nanti kita coba lagi gelato-gelato yang enak disana dan bikin review lagi ya.. 

Semoga tulisannya menjadi inspirasi untuk datang & makan gelato di Yogya & Malang :D

Baca juga tulisan saya jalan-jalan di Malang:
Jelajah Padang Sawana Bromo
Memburu Matahari Terbit di Penajakan Bromo



CONVERSATION

40 comments:

  1. Moga kalo ke yk bis amampir, jadi pingin es krim :)

    ReplyDelete
  2. Mamiiiih kalo ke Jogja lagi cobain Artemi, menurutku dan Mas Patjar gelatonya lebih sip :9

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaah baiklaaah, thank you Ta! Kebeneran aku mo ke Yogya lagi, dicatet yess

      Delete
  3. Malang memang tempatnya kuliner yang cozy-cozy.
    Bisa dikunjungi nih besok kalo ke Malang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, aku baru tau kalau Malang banyak tempat cozy nan asik Mas :D

      Delete
  4. Raya seneng eskrim banget ya kayaknyaa.. penasaran juga deh mba sama rasa kemangi. Selama ini belum nyobain, padahal byk yg bilang rasanya enak :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pengen banget nyobain yang kemangi Retnooo, tapi takut Raya ngga doyan soalnya makan berdua Raya #emakirit hahahha XD
      Raya seneng jilat2in es krimnya doang, kalau dah ribet dikasih ke aku -_-"

      Delete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha yuk, kapan kesini kita makan2 esgrim Mba Ririn :D

      Delete
  6. mambes akoh jadi pengen gelato....sayang di CP mahal nih 35k huhuhu :(
    next wishlist malang lah :D

    ReplyDelete
  7. Huaa, Rayaaa, tante mauuu
    Yogyaaa, long time no see, aku mau nyoba gelato yogya ah ntaaar

    ReplyDelete
  8. waah, udah sering ke Jogja, tapi belum mampri ke sini.
    Jadi pengen...

    ReplyDelete
  9. belum kesampean ih nyicip gelato, penasaran sama teksturnya
    lebih cepet cair dari es krim berarti makannya harus cepet ya, makan es krim aja kadang-kadang sampe meleleh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya mba, kalau pake cone cepet2 gitu makannya, kalau pake cup lebih nyatai tapi cepet cair gitu deh :D

      Delete
  10. Tempo gelato... aku suka sekaliiii x)
    rasanya enak terus harganya pas di kantong, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah iyaaa, tapi katanya ada beberapa tempat gelato di yogya yg asik lagi... pengen nyobaaah :D

      Delete
  11. Dek Rayya doyan ya green tea 😁 gelato saya blm pernah nyoba, tapi katanya rasa buahnya itu lebih berasa ya. Seru juga ya mungkin ya kalau nyobain yg jahe 😂

    ReplyDelete
  12. Mbak the verdict itu artinya kesimpulan kah? Haha maafkan kekatrokkanku.

    Aku langganan di Bvgil karena murah, haha. Kalau menurutku lebih enak tempo gelato sih, pilihannya lebih banyak. Tapi untuk harga 10ribuan, boleh lah ya si Bvgil ini, hehehe.

    Masukkin aku ke kopermu donk mbak, enak banget sih jalan-jalan terus, wkwk

    ReplyDelete
  13. Mbak the verdict itu artinya kesimpulan kah? Haha maafkan kekatrokkanku.

    Aku langganan di Bvgil karena murah, haha. Kalau menurutku lebih enak tempo gelato sih, pilihannya lebih banyak. Tapi untuk harga 10ribuan, boleh lah ya si Bvgil ini, hehehe.

    Masukkin aku ke kopermu donk mbak, enak banget sih jalan-jalan terus, wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahha iya kesimpulan ala-ala aku lah XD
      Bvgil emang murah ya, tapi itu dia kalau mau nyoba rasa macem2 tempo gelato bisa jadi solusi.

      Btw dirimu berapa kilooo? mau dimasukin koper yg ukuran berapa iniiiih? hahahhah XD

      Delete
  14. Di Lampung juga mulai booming nih. Ada 1 tempat yang jual gelato tapi daku belum nyoba he he. Ntar kalau sudah lahiran baru puas2in jajan yang manis manis hi hi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah di Lampung juga ada ya ditunggu tulisannya kalau udah nyicipin mba :D

      Delete
  15. Mba, eskrimnya sungguh menggoda. Andai bisa delivery. Wah, reviewnya kece mba jadi ada gambaran antara eskrim a atau b hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah pake fasilitas gojek ajaa XD
      Sebetulnya ngga sengaja foto2 yang sama dikedua tempat, pas diliat koleksinya ternyata sama jadi dibandingkan aja biar dua-dua ke posting :D

      Delete
  16. Itu dibacanya bugil? *penting* Okelah nanti klo ke Malang ke sini, hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huakakakka ntah ya cara bacanya.. tapi yg ngelayanin ngga bugil kok XD #eh Jadi kapan horeey ke Malang? :D

      Delete
  17. Waini udah bolak balik Yogya tapi belum icip Gelato :( penasaran sama Gelato rasa kemangi, leci hehehe ini baru bilang Gelato khas Nusantara :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa, aku jg penasaran sama yang kemangi.. next time mau nyobain :D

      Delete
  18. Duh senengnyaa itu gadis kecil kayak model2 foto majalah luar negeri posenya 😝

    ReplyDelete
  19. Duh senengnyaa itu gadis kecil kayak model2 foto majalah luar negeri posenya 😝

    ReplyDelete

Back
to top