Kue Lebaran Tanpa Oven dengan Blue Band #ResepMudahMeriah

Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba dan mendadak time line dipenuhi oleh makanan-makanan untuk berbuka puasa dan kue kering untuk lebaran! Kebiasaan saya dirumah, setiap lebaran selalu bikin kue kering sendiri dan yang wajib hadir adalah kue nastar & kue keju. Yang lain boleh beli atau dikasih saudara, tapi 2 kue tadi biasanya bikin sendiri karena request dari Abah dan Raya suka banget bantu-bantu kalau saya lagi masak kue. 

Masalahnya, tahun ini oven tangkring alias otang saya udah ngga mumpuni untuk digunakan buat ngebakar kue.. hiks.. Secara beli dari 7 tahun yang lalu dan udah di abuse sedemikian rupa penggunaannya, jadi sekarang kalau dipake buat bikin kue matangnya suka ngga rata.  

Lagi galau urusan otang,  eeh tetiba saya diundang sama The Urban Mama & Blue Band untuk datang ke acara #ResepMudahMeriah yang akan membahas cara membuat kue tanpa oven. Whaat??? Tanpa oven, pucuk di cinta ulam tiba gini caranya hahahah, semangat banget saya ikutan acara ini, biar tau gimana sih alternatif bikin kue kalau kita ngga punya oven. 
Kue-kue ini dibuat tanpa menggunakan oven lhoo
Bertempat di Lucy In The Sky di kawasan SCBD, saya bersama Ibu-Ibu cetar lainnya antusias mengikuti acara ini. Tema acara yang menggusung candy pastel color bikin suasanya ceria & menyenangkan. Apalagi saya bisa ketemu sama kesayangan-kesayangan saya di grup TUM, jadi tambah semangat datang dan sedikit melupakan enek - mual gegara hamil muda ini :D 

Jadiiii, Blue Band ini baek banget hihhihi memberikan solusi pada Ibu-Ibu yang ngga punya oven di rumah dengan mempersembahkan resep-resep ‘No-Oven Baking’ untuk membuat kue Lebaran. Ngga usah sedih kalau ngga punya oven, karena dengan modal alat pengukus (kukusan) para Ibu bisa membuat kue-kue lebaran yang enak dan rasanya sama dengan kue yang dimasak dengan oven, beneran deh! 

Kesayangan akooh, Mama-Mama cetar dari TUM July 2013
Ada yang bolak balik nyemilin kue yang disediakan oleh Blue Band :D 
Setelah bincang-bincang mengenai kue tanpa oven dengan Chef Anjani dan nara sumber. Para Ibu ternyata diminta untuk langsung mempraktekan, gimana sih membuat kue tanpa oven. Semua peralatan dan resep sudah disiapkan oleh panitia, peserta dibagi menjadi 6 kelompok dan saya kebagian masuk di kelompok 3 dengan resep nastar. Resep kue dapat dilihat di website Blue Band, jadi kami bekerja sama, ada yang baca resep, ada yang ngaduk, ada yang ngecek pengukusnya, dll. Seru dan heboh, apalagi anak-anak pengen ikutan masak, jadi bikin tambah heboh :D 



Heboh karena anak-anak juga pengen ikutan masak
Selain lomba memasak kue, ada juga lomba menghias toples, tapi saya ngga ikutan dan lebih milih makan, hihihi (bumil kelaparan). Sambil nyicipin kue-kue lebaran yang disediakan oleh Blue Band. Kuenya beneran enak dan ngga berasa dikukus :D Teksturnya tetap renyah, tapi memang adonannya tidak terlalu tebal agar kue cepat matang merata. 

Semua kue Blue Band yang disediakan memakai produk Blue Band varian Cake & Cookie yang memang digunakan khusus untuk membuat kue, dengan memakai Blue Band Cake & Cookie, saya tidak perlu lagi memakai butter dan rasanya memang lebih buttery dibandingkan Blue Band biasa. 

Diakhir acara, diumumkan pemenang lomba kue & menghias toples, kelompok saya ngga menang hahaha, tapi kelompok teman-teman saya menang semua, seru deh acaranya. Kelompok pemenang dapat hadiah oven untuk bikin kue di rumah, asik banget kaan. Acara Blue Band & The Urban Mama ini sangat inspiratif dan membantu banget buat saya yang bingung menghadapi lebaran tanpa oven. Yang mau coba #ResepMudahMeriah ‘No-Oven Baking’ juga bisa langsung cek di websitenya Blue Band atau fanpage Blue Band di facebook, semua resepnya mudah diikuti dan yang pasti enak :D 

  

CONVERSATION

34 comments:

  1. Mamihh aq banget dulu jaman gadis, 2 kue wajib bikin d rumah, nastar sama kastengel... skrg udah kelg malah ga bikin2 lagi,ga sanggup haha..Kerenn ya resep2 blue band ini, simpel tanpa oven

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok bikin lagiii, biar seru2an ma Gavin lebaran tahun ini bikin kue sendiri :D Raya heboh banget pulang dari sini minta langsung bikin kue dong.. :D

      Delete
  2. Aku gak punya oven, gak punya kukusan juga.. terima makan aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku terima.... kasih udah dibaca blognya hahahahhaha :D
      Sekali2 bikin kue sendiri seru lhoooo, yuk dicobain

      Delete
  3. Seru banget yaa acara blue band kemarin. Cocok banget u emak2 pemalesan kayak diriku

    ReplyDelete
    Replies
    1. huuh seruuuu... Lia jg menang live sosmed, rejekiii jauh2 dateng dari MKS :D

      Delete
  4. Cocok buat anak kost ni, gapake oven, haha. Dah lama ga liat Yayaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh, modal kukusan pun ternyata bisa bikin kue :D mayan ngga perlu repot punya oven

      Delete
  5. ini godaan banget, padahal shaumnya beluum masih beberapa hari lagi hehe

    ReplyDelete
  6. Meski tanpa oven kue2nya enak2 smua yaaa

    ReplyDelete
  7. aku punya oven listrik tp tos 5taun masih ngejogrog syantiek ga pernah pake krn lebar listrik mun dipake *mamak irit* so aku sll menghindari bikin kue berbau oven pas bgt mamih ikutan acara ini jd tau deh ada resep kue no oven 😂 lgsg cus ah ngubek resepna 👌

    ReplyDelete
  8. Aku penasaran rasanya kuker no oven. Asli sama kayak dioven ya. Btw, aku suka nastar. Tapi akhir2 ini jarang bikin kuker. Lama.

    ReplyDelete
  9. Ini nih yang dicari, astaga super sekaliiiii kue kering dengan kukusan, pengin cobaa

    ReplyDelete
  10. Ini penting! Karena oven listrik wattnya gede, maklum beli yg murmer, hahahahahha.

    ReplyDelete
  11. Asikkk. Kece nih kalau bikin kue lebaran tanpa oven. Bakalan bisa masak nih buat lebaran tahun ini :)

    ReplyDelete
  12. seruu banget ya Mbak, bisa ikutan acara spt itu. Ilmunya dapat, kue2nya juga dapat :-D

    sehat terus Bumil :)

    ReplyDelete
  13. Nah, cucok banget ni untuk saya. Sekarang malas mbak pake oven-ovenan, gasnya itu lho ...ha ha ha. Makasih infonya mbak

    ReplyDelete
  14. wah heubat tanpa oven..pengin nyoba juga, kemarin buat kastengels oven listriknya kacau, gak mateng2 kuenya

    ReplyDelete
  15. Neng yaya mau punya adeeeeekkkk. aku baru tauuuu :))))
    ceyamat ya mamiihh :-*

    noted lah ini yess, mumpung ga punya oven :D

    ReplyDelete
  16. Seru sekali ya mba kemaren, aku takjub sama buibu yang jago-jago bikin kue keliatan banget cekatan ahaha aku cuma bagian cek kompor haha

    ReplyDelete
  17. Seru ya mbak baking sama anak-anak, meski kadang kelihatan ribet tapi fun.
    Lebaran ntar pengen bikin cookies bareng anak yg tanpa oven gini

    ReplyDelete
  18. Ya ampuuun.. ini lebaran juga belum kok aku jadi ngebayangin enaknya kue kering lebaran ala blue band nyaaahh... iya nih resolusi 2017 kayaknya mesti baking cookies sendiri biar bisa ngasih ke mertuaa hehehe *edisi mantu cari muka* :D

    www.inkaparamita.com

    ReplyDelete
  19. Penasaran sama resep no oven baking ini, liat timeline dan tulisan2 ibu-ibu cetar kok kayaknya gampang dan enak wkwkwkw....cobalah bikin siapa tau ada (calon) mertua minta dikirimin :D

    ReplyDelete
  20. aku ga punya oven hihi tp mmg gak bisa pisan bikin kue apalagi yg pake baking2...
    cuss ah liat contekannya

    ReplyDelete
  21. dipesan dipesan .. mau la kue lbarannya

    ReplyDelete
  22. Cocok buat aku yg blm punya oven hihii
    Ah aku baru tau event ini.. nggak sempet daftar ��. Jadi TUM July 2013 yaa seruuuu...
    Berarti Raya beda sebulan sama Kaina..

    ReplyDelete
  23. Wih asik nggak pake oven tau aja akoh anaknya nggak mau ribet.. padahal biasanya bukan akoh yang bikin :))

    cuss mau lihat-lihat resepnya ah mih, buat referensi kue lebaran hehe

    ReplyDelete
  24. Kreasi kue lebaran dengan kukusan pasti beragam nih.. acaranya seru juga ya.. banyak anak kecil pasti pada gak sabar pengen icip hehe

    ReplyDelete
  25. Ini nih yang aku cari. Makasiy mba Sandra
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  26. Ternyata ada cara dikukus.
    Baru tau nih.
    Terima kasih untuk infonya mbak :)

    ReplyDelete
  27. Anak-anak pada ikutan masak tuh.... Serunya masak sama anak-anak..

    ReplyDelete
  28. Mantap... Ilmu yang luar biasa, tantangan yang seru...

    ReplyDelete

Back
to top