Hal-Hal Positif Dibalik Merayakan Ultah Anak

Setiap ulang tahun, saya selalu ingat jaman dulu bagaimana ulang tahun saya dirayakan sederhana oleh Mamih & Papih dengan mengundang teman-teman dekat, dan saudara. Mamih akan masak nasi kuning, dan biasanya mempersiapkan goodie bag seadanya (chiki2an lah jaman dulu mah) plus beli kue buat tiup lilin. Acaranya pun hanya berdoa, makan-makan dan nonton film Sundel Bolong rame-rame... Iyaaa Papih emang anti mainstream, anaknya ulang tahun tontonan yang dipasang Sundel Bolong aja gitu lho.. Kagak ada seru-serunya, yang ada ketakutan sepanjang ulang tahun. -_-"

Halo, dah Rabu lagi nih.. Wakutnya saya & Herva kolaborasi tulisan di #MINION aka Mommy Opinion. kali ini saya dan Neng Herva akan membahas tentang perayaan ulang tahun anak itu sebenarnya penting apa ngga sih? Kalau saya 100% team YAY untuk merayakan ulang tahun anak hahahah (dah ketebak banget lah).

Nah ini kalau kata Neng Herva, silahkan dibaca ya:
Perlukah Merayakan Ulang Tahun Anak? 

Kenapa saya jadi team YAY untuk merayakan ulang tahun anak? Karena saya ingat betul betapa hepinya saya ketika ultah saya dirayakan oleh Mamih & Papih, plus tentu saja kalau dirayakan dapet banyak kado hahah #modus jadi saya punya banyak barang baru setiap ulang tahun. Sebetulnya seperti yang saya cerita diawal, perayaan ultah saya ngga pernah heboh, cukup makan bareng-bareng aja dan biasanya Mamih yang repot masak, dekorasi juga balon-balon seadanya, tapi bikin anak kecil ini hepi :D 

Baca curhatan saya tentang Mamih: She Never be a Stay Home Mom, but I Love Her So Much 

Dan setelah orang-tua saya pisah, perayaan ulang tahun ngga lagi dilakukan. Sedih sih, tapi ya gimana, saya kan juga harus melihat kondisi keuangan Mamih yang saat itu menjadi single Mom dan membiayai 4 anak sendirian. Saya ngerasa beda banget ultah cuman makan2 di McDonald or KFC dibanding dimasakin sama Mamih, jauuuh lah bedanya. Tapiii pernah sih, pas kuliah mamih masak khusus lagi buat saya & teman-teman pas ultah, karena saya ngerengek-rengek  minta dimasakin Mamih (iya, saya asli nyebelin dulu) hahahahah dengan catatan, uang jajan saya dipotong deh biar ngga terlalu ngebebanin :D 

Sekarang setelah saya punya Raya, saya kok jadi pengen ya merayakan tiap ultah Raya biar menjadi kenangan #langsungnyanyi. Ultah pertama Raya cuman kumpul-kumpul keluarga di rumah, ultah ke 2 & ke 3 diadain di daycare, rame-rame sama temen-temen daycare. Ngga pake goodie bag & dekorasi fancy, seadanya aja yang penting meriah & Raya hepi.   

Tulisan saya tentang ultah-ultah Raya:

Sebagai team YAY, ada beberapa keuntungan yang menurut pengalaman saya didapatkan anak ketika orangtua merayakan ultang tahun mereka. Merayakan disini ngga perlu pake heboh-heboh macam artis yaaa, hanya perayaan sederhana sesuai budget ortu gitu :D.
Neng Raya, paling suka pake topi-topi ultah :D 

1. Bertemu & Silaturahmi dengan Teman & Saudara 
Kalau anak masih piyik alias kecil, biasanya yang diundang saudara & teman-teman orangtuanya hahahah (mamih modus). Dengan adanya perayaan ultah anak, saya dapat bersilaturahmi dengan teman & saudara. Suasana ultah yang nyaman (dan makanan yg enak - penting) menjadi tempat bertemu, berkumpul & mengobrol dengan saudara dan teman dekat. Kadang karena kita sibuk, sulit banget berkumpul dengan saudara, perayaan ultah anak bisa dijadikan ajang kumpul-kumpul yang menyenangkan, anak bisa kenal dengan saudaranya dan sekaligus dapat kado yang banyak hahahah #teteupmodus. 

2. Mengajarkan Anak untuk Bersosialisasi
Perayaan ultah mengajarkan Raya untuk bersosialisasi dengan cara bermain bersama, nyanyi-nanyi, makan bareng, pokoknya hal-hal yang bisa dilakukan selama pesta dengan santai. Raya jadi ngga merasa terbebani untuk bersosialisasi, karena Raya yang ultah jadi Raya yang dideketin sama orang-orang lain, bukan Raya yang harus ngedeketin mereka hahaha. 

3. Mengajarkan Berbagi 
Goodie bag yang disediakan setelah acara, adalah salah satu cara mengajarkan berbagi. Raya akan ingat siapa saya yang harus dapat goodie bag tersebut. Sebelum acara, saya dan Raya biasanya membuat daftar siapa aja yang menurut Raya harus mendapatkan goodie bag. Lebih baik lagi apabila berbagi dengan para yatim piatu, sehingga Raya tau ada anak-anak yang keadaannya lebih tidak mampu dari Raya dan kita harus berbagi dengan mereka :) 

4. Mengajarkan Tanggung Jawab
Dari kecil saya mencoba untuk memberikan perngertian pada Raya untuk bertanggung jawab. Contohnya jika ingin merayakan ultah di daycare, Raya harus membantu saya memasuk-masukan isi goodie bag untuk teman-temannya dan jangan lupa mengingatkan Abah untuk membawa goodie bag tersebut pada hari H. Melibatkan Raya pada proses perayaan ultahnya ternyata membuat Raya hepi dan mengerti bahwa sebuat perayaan ultah harus dipersiapkan dengan baik :D 

5. Memberikan Kenangan Manis untuk Anak
Saya ingin kenangan manis yang saya dapatkan ketika perayaan ultah waktu kecil (minus film Sundel Bolong) juga dapat dimiliki Raya. Saya ingin Raya memiliki memori yang menyenangkan ketika sudah besar nanti. 

Untuk saya & Abah, perayaan ultah ngga perlu terlalu heboh & mahal, seadanya tapi bermakna, itu yang penting. Tentunya semua dikembalikan lagi pada tiap orang tua, apakah ingin atau tidak merayakan ultah anak, pasti ada alasan tersendiri ya :D 

Kalau kalian gimana? Waktu kecil ultahnya dirayain ngga? Trus sekarang ultah anak-anak (atau calon anaknya) pengen dirayain juga ngga? Sharing dooong... 

Btw kalau ada yang belum baca #MINION kami yang pertama kali, silahkan klik link dibawah #tsaah: 


CONVERSATION

13 comments:

  1. Dirayain, tapi ga yang gede-gedean sampe sewa hotel mevvah Mih LOL yang paling seneng tuh sebenernya momen bisa kumpul bareng persepupuan. Soalnya kan jarang bisa ngumpul bareng. Aku tim Yay!!!

    ReplyDelete
  2. Pas kecil nggak pernah dirayain. Punya anak juga gak pernah ngerayain. Cuma dua kali aja pas si sulung umur setahun. Lagi seneng-senengnya punya anak. Kedua pas umur 3 tahun. Ultah nadzar karena dua bisa ngomong. Anak tiga yg dirayain cuma dia doang. Hihi..Lainnya paling beli kue tart tiup lilin ditiup orang serumah aja. Gak dirayain

    ReplyDelete
  3. akuu ga pernaah dirayaainnn mihhh ulangtahunnya

    tp aku termasuk di tengah2 siy team yay dan nay yang ngerayaain hehhe

    mksd aku kalau budgetnya ada boleh2 aja ngerayain..tp kalau pun ngga ada ya ngga dirayakan gpp jugaakk

    ini ngomong apa siy...hehe

    btw, akhrnyaa aku bisa buka web mamih dari pc kntrr...yesss

    ReplyDelete
  4. Pas Rey usia 1 tahun aku mikir ga usah dirayain, eh ternyata temen-temen di daycare nya suka nanya ke aku kalo jemput. Jadilah dirayain. Yah walaupun anak sendiri belum paham tapi seneng banget deh liat temen-temennya yang uda gede antusias banget.

    ReplyDelete
  5. Aku tim yay jugaaaa karena seneng gtu kalau ulang tahun dirayain. Dari kecil, ayah sama ibuk ngrayainnya juga sederhana mbaak san. Kumpul keluarga dan makan" bareng gtuu. Ndak yg mewah" tp bahagiaa. Biasanya sebelum ulang tahun ditanya sama ayah lg pengen apa. hehehe senengg gtu, tp makin besar gini, ulang tahun jd lebih banyak introspeksi, makin tua juga :') ulang tahun nanti juga gak bsa pulang ke rumah, jd makin sepi dan mengurung diri kayanya hehehe

    ReplyDelete
  6. Ultah fylly ke 1 dan 3 dirayain sih.. 2 dan 4 hanya dengan keluarga Inti. Kalo mau jujur, aku mungkin ternasuk team NAY utk ultah dirayain :p. Tp kdg terpaksa hrs dirayain karena suami yg maksa demi fylly.. Alasan aku ga suka, krn sumpah, ultah fylly terakhir yg ketiga, itu dirayain di playgroupnya, dan aku lgs sakit kepala dengan semua anak2 kecil di sana -_-.. Suaranya ampuuun, yg tau aku g suka anak kecil, bisa ngerti kenapa aku g suka ngerayain.. Kalo cm 3-5 anak mah gpp yaa.. Tp kalo sampe puluhan, hahahaha ampuuun san.. Aku ga mau lg deh.. Mending papinya aja yg rayain sendiri..

    ReplyDelete
  7. Kenangan manisku adalah kado kancut warna warni di pesta ulang tahun sekali2nya itu wkwkwkk memang bener2 manis bagiku mih

    ReplyDelete
  8. Ultah anak memang memberi kesan sampai dia gede ya Bund..

    ReplyDelete
  9. Aku udah ketik komen tadi... Kok nggak berhasil yaa tampil ��
    Ultah anak, yg kedua nggak pernah. Klo si kakak pernah tapi itu jg cuma keluarga besar bkn tetangga... ��

    ReplyDelete
  10. Yg pnting anak bisa brsosialisasi dgn teman2 nya

    ReplyDelete
  11. Waktu kecil pernah ultah dirayain pake pesta gitu. Balon2, kue, hiasaan, topeng kacamata, haha. Momen banget itu. Suka ngikik kalau liat fotonya.hehe...

    ReplyDelete
  12. Aku pun yaayy mba San.. Setuju asal gak berlebihan dan disesuaikan budget yah.. Apalagi eyang2nya tuh seneng pun ngerayain ultah cucunya. Biasanya mereka jd sponsor goodie bag, dan aku emang suka bgt dekor2an.. Hihi jadi aja yah gatel kalo ada acara apa gitu di rumah pingin nya jd seksi sibuk hias2 lucu2an.. :D

    ReplyDelete
  13. Wow ini lagi jd topik yay or nay antata gw dan suami, ahahaha. Secara naya mulai bermain di PG dan temen2nya pd ngerayain ulangtahun. Dia mah ngga ngeh acaranya sih, tp kado buat naya mana mamaaaa, hahahaha. Jd aku tim bimbang masih, hahahaha.

    ReplyDelete

Back
to top