Final Chapter: Menyapih Raya

Alhamdulillah, sudah sebulan lebih saya akhirnya berhasil menyapih Raya. Terakhir postingan disini Raya masih agak rewel kalau mau bobo tanya nyusu, sekarang alhamdulillah blas bisa bobo tanpa digendong, atau di puk-puk. Cukup saya ada didekat Raya & siap dijadikan bantal (kadang Raya suka bobo diatas perut, paha, atau pun dada). 
 
Kalau pun Raya kebangun, biasanya cukup saya elus-elus atau tawarkan air putih kalau Raya haus. Rasanya sekarang saya bebas hahahaha, akhirnya selesai tugas saya menyusui Raya, setelah 30 bulan, akhirnya Raya bisa disapih dan perlu 4 minggu untuk saya memakai plester di dada :D
 
Saya sih ngga pernah nawarin Raya mau nyusu lagi apa ngga, soalnya takut ntar mau berabe deh nantinya. Tapi kadang Raya suka ngomong sendiri kalau yang nyusu itu adek bayi, Raya udah gede ngga perlu nyusu lagi... Good girl Raya :) 
 
Dampak makan banyak masih berlanjut sampai sekarang, kalau dulu BB Raya stuck di 11,5kg sekarang meroket jadi 14kg... Glegh, pantesan aja tiap saya gendong tambah beraaat. Tapi ya iya lah secara napsu makannya gila-gilaan. 
 
Untungnya Raya suka banget makan buah & sayur, ngga pernah saya kasih fast food, dan ngga terlalu suka ngemil cemilan ngga sehat macem kripik, kue2, or jajanan anak-anak lainnya yang biasa dibeli sepupunya yang lain. Pernah saya kasih sosis & nuget, karena ngga biasa Raya pun cuman makan dikit & ngga mau lagi. Pernah jajan sama sepupu-sepupunya, Raya malah milih keju slice, sedangkan sepupunya milih makan manis & asin jajanan anak2. Tapi kalau makan buah, uugh, bisa kalap jadi alhamdulillah deh, meskipun makan banyak Raya ngga terlihat kegendutan. 

Urusan makan ini ngaruh banget sama tidur, kalau dulu Raya bisa tidur sambil nyusu, sekarang karena disapih Raya ngga bisa kalau makan dengan perut kosong. Jadi ya saya harus siap kalau tengah malam Raya minta makanan, biasanya sih jarang kayak gitu. Sebelum tidur saya pastikan Raya makan cukup, ngga kekenyangan & ngga kekurangan + pakai Pampers, agar tidur Raya nyenyak, dan ngga keganggu.
 
Akhirnya, tahapan ini alhamdulillah terlalui dengan baik, bagi saya & Raya. Abah juga senang karena saya bisa tidur lebih banyak dibanding saat belum nyapih Raya :)
 

 Yang udah disapih, kerjaannya makaaan terus :D

CONVERSATION

6 comments:

  1. raya pinterrr bangeeett... ga doyan fast food.. tiara klo buah masih milih2, kadang pengen ngajarin dia makan buah macem2 kaya yaya, tapi kok dia tetep ga mau :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makaciy tante Nike.. Soalnya ngga pernah dikenalin fast food Nik hahahaha, emak-bapaknya jarang makan gituan dengan alasan penghematan (padahal medit). Kalau makan buah dirumah ada tiap hari, jadi keikutan aku :)

      Delete
  2. Aku belum berhasil nyapih niii, gimana dong dong dong. Selalu end up ga tegaaa, hahaha. Tiap dilarang nen pasti nangis bombay drama kumbara deh. :'D Berharap makan banyak kayak raya jugaaa, soale sekarang makannya masih on off on off, susah2 gampang. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, kalau blm tega lanjutkan aja!! Dulu jg Raya gitu, titik balik ya gara2 cape, sakit & pegel nyusuin mulu, jadi emang harus siap Lisna & Nayanya :)
      Pasti ada saatnya nyapih Naya & semoga abis itu makan banyak ya!

      Delete
    2. Nah ini udah mulai pegel mamanyaaa, hahaha. Mayan kurang tidur juga karena tengah malam pasti bangun beberapa kali plus naya ngga bisa menyusu sambil bobo, harus duduk akunya. >__< Doakan sayaaa. Mamaci mama rayaaa.. :D

      Delete
  3. Congrats raya pinterrr... :)
    Raya uda 14kg yaaa.. wawww kynya Daniel belom nyampe deh hehehe

    ReplyDelete

Back
to top