Monday Babling...

Tadi subuh, jam 2.00 waktu saya lagi contemplating alias merenung subuh sambil nyetrika baju-baju Raya, iseng-iseng baca salah satu majalah otomotif yang lagi ngegoler deket papan setrikaan. Majalah itu lagi ngebahas salah satu mobil heits yang udah dimodifikasi, milik seorang anak berusian 14 tahun... Glegh... Baca lebih lanjut, katanya itu mobil hadiah ultah dari bokapnya pas dia berumur 14, dan sama dia dimodifikasi velg dllnya tentu saja dibayarin bokap... Glegh.... 

Jadi keinget anaknya teman saya, yang dikasih iphone sama Ibunya, padahal si anak baru kelas 6 SD. Glegh... 

Itu orangtuanya pada punya gaji berapa sih? Hahahahaha, mau dong saya jadi anaknya #eh

Jadi inget jaman saya SD & umur 14, boro-boro ada yang namanya Iphone & bisa nyetir mobil hahahaha, dibeliin sepeda aja saya bahagia luar biasa, saya inget merk sepedanya Marubeni :D. Sepeda murah tapi bikin saya hepi karena bisa nemenin saya keliling komplek tiap sore. Sepatu bolong pun jaman SD tetep saya pake, EGP sih waktu itu, saya ngerasa ngga ada yang merhatiin juga.

SMP juga ngga pernah punya barang bermerk, paling keren baju saya merk Osela atau Poshboy, itupun modal diskon ngubek-ngubek box diskon di Ramayana nyahaha. Temen-temen saya padahal bajunya ajib-ajib banget, merk Benetton, Esprit & LA. Gear yang dulu lagi heiits banget & banyak dipake sama model-model di majalah Gadis. Tapi saya tetep pede sih pake kaos kluaran C-59 atau beli di Ramayana pun. 

Jaman SMA pertama kali saya punya barang bermerk adalah jam tangan Benetton, keren yak! Hahaha kado dari mantan pacar, padahal waktu saya ngadoin dia, cuman ngasih satu set pulpen & pensil beli di Gramedia, ya mampunya itu cyiiin, jadi pas dapet jam Benetton itu saya ampe sesek napas, mikirin duit jajan si pacar segede apa  ya hahahaha. 

Begitupun pas kuliah, baru bisa beli barang merk pas akhir semester mo lulus, karena nyambi kerja jadi SPG, gajinya kan lumayan gede XD. Padahal jaman kuliah sobat saya udah bawa BMW ke kampus, Glegh... Saya sih seneng-seneng aja, soalnya bisa nebeng dia, mayan ongkosnya buat beli mie ayam & gorengan. Jatinangor - Bandung jauh euuy! Jadi kalau ongkos aman, perut pun senang karena bisa dapet mie ayam :D

Intinya jaman saya sekolah  saya mah ngga pernah ngerasain punya barang merk, naik mobil mahal, hidup sederhana dan biasa aja meskipun teman-teman sekitar saya punya barang yang keren-keren. Kadang sirik sih, tapiii ya kaliii masa saya tega minta barang2 mahal itu sama nyokap, secara minta naik ongkos kuliah dari 5000 ke 10,000 aja susyaaaah bener :D. Tapi waktu itu saya hepi lho, udah gitu saya malah dianggep anak gaul hahahaha ngga ngerti kenapa. Pernah saya ditanyain ini itu, tentang fashion, tempat mana yang keren dll, dll saya mah jawab2 aja. Bukan karena saya punya, tapi panduan saya mah majalah Gadis aja hahahaha. 

Sekarang saya lagi mikir, nanti Raya bisa ngga ya kayak saya? Ngga perlu gengsi pake barang biasa aja & ngga  bermerk.... Happy dengan keadaan yang sederhana tanpa mikirin perkataan teman-teman lain? Bisa ngga ya saya mendidik Raya seperti itu? Secara sekarang saya suka beliin Raya barang bermerk meski modis (modal diskon doang). 

Gimana ya mendidik anak untuk menyukai kesederhanaan dilingkungan sekarang yang sangat matrerialistis dan hanya mengutamakan bungkus?

Mppphhfff.... Peer saya sebagai orangtua sepertinya masih banyak, semoga saya & Abah bisa mendidik Raya dengan baik ya... Amiin.

Oh iya, selamat hari Ibu untuk seluruh Ibu di dunia.. Kiss Kiss 

Semoga mamih bisa ngajarin Raya untuk berbahagian dengan kesederhanaan ya nak.. Kiss kiss
 
 



 

CONVERSATION

11 comments:

  1. mungkin akan susah kalau dia tahu ortunya mampu beli tapi gak mau beliin dia hehehe, atau kalau ortunya pake barang bermerk tapi dia ga boleh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu dia peernya Bon, gimana caranya biar tetep sederhana meskipun dia tau kalau ortunya mampu beli :D
      Aku pengennya Raya bukan ngga boleh pake barang merk sih, ngga merengek2 harus punya barang merk, trus ngga mau dia mikir pake barang biasa itu ga okeh, atau ga mau temenan kl temennya ga punya barang merk.. ya gitu deh.. hehe

      Delete
  2. aamiin...saya juga mak saat temen2 Zaidan ultah nya pada dirayain saya cukup kasih kado ccoklat, selamat ultah dan doa aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener itu mak, kadang aku sebagai Ibu pengennya bikin macem-macem pas ultah padahal anaknya belum ngerti hihihi
      Jadi yang dibenerin emang harus akunya dulu XD biar bisa ngajarin yang bener ke anak

      Delete
  3. mbak, start aktivitas jam berapa sih? jam 2 udah melek setrika. kalo saya mah masih asik bobo bobo cantik :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa itu bobo bobo cantiik hahahah... Aktivitas akooh dimulai jam 2 atau 3 Naaa, abis lahiran Raya bye bye bobo cantik karena nekat ngga punya ART XD
      Sekarang lagi mikir pengen punya ART, Suster, Supir, tukan kebon, tukang neriska, tukan dandanin wajah, tukang nyalon dirumah, tukang masak & personal trainer pribadi... (brasa kayak Ashanti yang punya rumah segede lapangan bola & duit berhamburan dilaci) XD #ngayalcantik

      Delete
  4. Pasti bisaaa. Kan Raya niru mamihnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhuhuhu Mamihnya sekarang boros mentang2 udah bisa nyari duit Mba -_-"
      Apalagi sekarang banyak olshop racun yg bikin mamih kalap.. Semoga Raya ntar ngga ngerti olshop hahahaha XD

      Delete
  5. Mungkin lebih baik kalau anaknya diajari prinsip money responsibility, rewards en punishment, gw dan adik gw dari kecil ngga pernah dibeliin brg2 mewah, padahal ortu gw mampu bgt (both are direktur pada masanya), bahkan kita berdua tidak pernah dikasih uang jajan mulai dari jaman SD sampe kuliah, tapi kita tiap bulan "gajian" dimana saat gajian itu kita harus kasih proposal uang yang diminta buat apa aja; termasuk uang sekolah, transport, beli buku, tapi tetep tidak buat jajan. Nanti uang itu ditransfer ortu gw ke rekening bank gw, iya gw jaman kelas 3 SD udah punya tabungan Lippo Junior, dan kita harus bisa mengelola uang itu lengkap dgn tanda bukti bayar/receipt, kecuali buat angkot. Walhasil gw biasa cari duit 'tambahan' sendiri dari kecil mulai dari jualan es lilin, gorengan, bikinin PR temen gw (ini ga bener ya?) dsb demi bisa beli barang yg gw pengenin (semacam barbie, tas sanrio dsb yg remeh temeh tapi bergengsi pd masanya). Bahkan jgnkan dibeliin henpon, pasang AC dikamar gw aja baru kejadian setelah kuliah gw dapet sidejob cukup lumayan bakal beli AC, abis beli AC baru deh gw beli henpon. tapi semua bikin gw puas, bangga dgn kemampuan mandiri gw sendiri.

    Ortu cuma akan kasih Rewards ke kita kalo kita dapat ranking bagus, itu juga dalam bentuk dibeliin buku banyak (I was a nerd) atau diterbangin liburan ke Bandung/ Padang atau ke Malang ke tempat eyang/oma kita - yg mana inilah sebabnya gw gila traveling, dari umur 7 tahun gw udah Junior Flyer Garuda... bahkan ultah pun kita 'cuma' dikasih duit transfer lgsg ke rekening, ga da pesta2, kecuali potong kue aja dirumah sekeluarga.

    Punishment-nya jg ada kalo ketauan melakukan kesalahan fatal (semisal kegep bolos sekolah atau apalah) itu uang 'gajian' bakal dipotong per harian, atau disetrap ngga boleh main keluar rumah.

    Mnrt gw dgn seperti itu kita lebih tgg jwb en appreciate our hard earned money sih dan keinginan untuk bekerja keras dan mandiri itu ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ide Neng Vari bagus juga, makasiiiy.. Secara gue ngga pernah ada pengalaman reward & punishment pas kecil, prasaan di punish mulu karena nakal hahahaha.. Sip lah.. dicateeet!! Ide ngejain pe-er dibayar buat temen boleh juga tuh huakakaka kenapa gue dulu ngga kepikiran bisinis pe-er yak hahahhaha
      Semoga gue & suami bisa nerapin kayak gini Var, masih banyak pe-ernya niiiiiiiih XD

      Delete
    2. gw emang mata duitan san dari kecil kayaknya segala gue jadiin duit...hahahhaa

      Delete

Back
to top