MPASI Rumahan Sehat Bantu Membentuk Kebiasaan Makan Anak

Raya itu anak yang mudah sekali makan sayur dan buah, alhamdulillah dari mulai MPASI sampai sekarang Raya jarang nolak makanan rumahan, kalau sekali-dua kali gtm sih wajar banget karena kondisi tumbuh gigi, sakit atau hal2 lain. Banyak yang takjub sama selera makan Raya, terutama masalah sayur & buah itu... anak kecil yg suka segala macem sayur & pecinta buah itu soalnya agak jarang. Banyak Temen/Ibu2 yg nanya sama saya kok Raya gampang banget makannya apa tipsnya? dan terus terang saya rada bingung jawabnya hahahaha 😁

Dari awal hamil Raya, saya seneng banget makan sayur & ngidam semua buah-buahan, apalagi pas enek-enek gitu, saya bisa ngabisin manggis 2kg dalam sekejap dan dilanjut buah-buahan lain. Ternyata, kebiasaan saya makan waktu hamil itu secara tidak langsung membentuk perilaku makan Raya dan ini saya ketahui Sabtu, tanggal 14 April 2018 saat saya menghadiri acara #TUMLuncheon bersama #AventSahabatBunda yang mengangkat tema: Solusi Pintar Menyiapkan MPASI Rumahan yang Sehat dan Praktis.

Saya semangat banget ikutan acara TUM kali ini karena bulan depan Shasha masuk 6 bulan dan akan perdana MPASI, di acara #TUMLuncheon saya mendapatkan banyak ilmu dari narasumber dr. Ranti Hannah, SpA. yang membagikan Tips Membentuk Kebiasaan Makan yang Baik. Plus melihat demo masak cara membuat MPASI Sehat Resep Nusantara, Kushandari Arfanidewi (@kelincitertidur) yang insha Allah nanti bisa saya praktikkan di rumah.
Yang bentar lagi MPASI ikutan #TUMLuncheon
Tips Membentuk Kebiasaan Makan yang Baik
Menurut dr. Ranti Hanna,SpA "memberikan kebiasaan makan sehat sejak dini pada anak akan membentuk suatu perilaku makan yang baik dan sehat, juga dapat membentuk bonding, komunikasi dan kepercayaan pada anak". Ternyata kebiasaan saya makan buah dan sayur ketika hamil sangat berpengaruh pada pola makan Raya sekarang yang mudah makan buah dan sayur, alhamdulillah banget yaa..

Saya juga tidak pernah melarang atau memaksakan Raya makan satu makanan, kalau memang mau saya suruh coba agar Raya bisa merasakan apakah makanan itu enak apa tidak (menurut versinya). Selain itu saya juga melibatkan Raya ketika memasak, karena entah kenapa, Raya itu sangat tertarik untuk masak-masakan, jadi kalau ikut masak, setelah makanan jadi Raya lebih lahap makan karena tau makanan tersebut dibuat berdua. Hal ini pula ternyata masuk kedalam tips dr. Ranti untuk membentuk pola makan sehat untuk anak, tips selengkapnya antara lain:
  • Biasakan makanan makanan yang sehat sejak hamil dan menyusui
  • Saat bayi mulai makan berikan makan sehat sesuai rekomendasi (jenis dan jumlahnya) 
  • Kenali tanda lapar /kenyang (bayi). Percaya pada sinyal lapar/kenyang anak
  • Bentuk suasana postif dan menyenangkan saat mengkonsumsi makanan sehat
  • Makan makanan keluarga sehat dan orantua memberi contoh
  • Libatkan anak dalam merencanakan menyiapkan makanan sehat

Fruitful discussion with dr. Ranti Astria Hannah, Sp
Mendengarkan penjelasan mengenai pemberian makanan untuk anak dari Dr. Ranti Hannah, SpA, saya jadi tahu memberi makan anak itu enggak cuma perkara agar anak makan dengan baik, tapi juga kebiasaan makan yang baik akan terus dibawa sampai anak jadi dewasa, nah dicatet ya Buibu! Jadi orang dewasa yang sehat dipengaruhi oleh masa kecil yang sehat juga, makanya proses pemberian makanan pada anak sangat penting untuk diperhatikan.

Setelah mengetahui pentingnya kebiasaan makan anak, diskusi dilanjutkan dengan pentingnya proses penyimpanan bahan makanan dan proses pengolahannya.

Solusi Pintar Menyiapkan MPASI Rumahan yang Sehat dan Praktis dengan Philips Avent
Pada sesi ini,  para urban Mama diperkenalkan pada Philips Avent Essential Baby Food Maker; solusi pintar untuk menyiapkan MPASI rumahan yang sehat dan praktis. Dengan harga yang lebih terjangkau untuk mengukus, melumatkan dan menyajikan MPASI rumahan, Philips Avent Essential Baby Food Maker memiliki beberapa keunggulan:
  1. Sirkulasi penguapan dari atas ke bawah untuk memastikan makanan matang merata, sehingga tekstur dan nutrisi makanan tetap terjaga. 
  2. Design tutup wadah cerdas sehingga semua bahan makanan aman di dalam wadah, mencegah makanan masuk ke dalam tanki air. Melumat makanan dari yang lembut sampai yg kasar. 
  3. Tangki air besar mudah dibersihkan dan diisi ulang. Design ringkas sehingga mudah digunakan. 
  4. Mengombinasikan langkah mudah mengukus dan melumat untuk membuat MPASI dari bahan dasar daging, ikan dan sayur

Must have items buat MPASI !
Inget banget dulu jaman Raya MPASI, acara masak selalu heboh karena setelah dimasak, makanan harus dipindahkan untuk diblender, rempong banget... Belum lagi proses memasak dan memindahan tempat membuat vitamin makanan berkurang. Sekarang dengan Philips Avent Essential Baby Food Maker, saya bisa mengukus dan memblender makanan dalam satu tempat sekaligus tanpa repot-repot memindahkan makanan, jadi semua kandungan vitamin yang dibutuhkan anak lebih terjaga dan tidak hilang dalam proses pembuatan MPASI. Sumpah saya ngiler banget pengen punya food maker ini!!

Cooking Class MPASI Sehat Resep Nusantara
Setelah kenal food maker yang dapat mengukus sekaligus memblender dari Philips Avent, saatnya cooking class dengan Kushandari Arfanidewi (@kelincitertidur). Mama Ai mengingatkan bahwa makanan anak apalagi untuk pertama kali MPASI harus dibuat seenak dan semenarik mungkin dan para mama diingatkan untuk menghindari pemakaian 4P alias: Pengawet, Pewarna, Pemanis, dan Penyedap. 4P dapat digantikan dengan mengunakan rempah-rempah yang ada disekitar kita seperti lengkuas, jahe, serai, kunyit, daun salam dan lain-lain.

Demo masak nasi tim ikan bumbu kuning & kue pulut mangga
Saat demo masak membuat nasi tim ikan bumbu kuning, meski tidak memakai 4P wangi makanannya hmmm asli menggugah selera. Apalagi proses memasak menggunakan food maker Philips Avent, mudah banget jadinya, praktis, sehat dan ngga pake lama karena cukup dikukus selama 18 menit. Sebagai bahan contekan, ini saya tulis resep nasi tim ikan bumbu kuning & pure kue pulut mangga untuk para Ibu-Ibu yang sedang mencari referensi resep MPASI 

Nasi Tim Ikan Bumbu Kuning
Haluskan semua bahan ini untuk menjadi bumbu kuning :
200 gram bawang merah
100 gram bawang putih
3 ruas kunyit
2 ruas jahe
6 butir kemiri
4 barang sereh
5 buah daun jeruk
4 buah belimbing wuluh
minyak kelapa secukupnya

150 gram ikan sebelah
50 gram ikan teri
1/2 pack tahu sutra
bayam
butternut squash

santan
nasi putih
minyak kelapa
butternut squash

Cara membuat:
campur nasi putih dengan santan, kaldu ayam bubuk, dan minyak kelapa. Kukus agar lembut dan blender
Bumbui ikan dengan bumbu dasar kuning. Diamkan minimal 2 jam
Kukus ikan, tahu sutra dan butternut squah. Masukkan bayam paling akhir
Blend campuran ikan hingga lembut, sajikan dengan nasi.
--------------------------------------------------------------------------------------
Kue Pulut Mangga (Pure)
Bahan:
Beras putih
Ketan
Santan
Gula
Garam
Pandan
Mangga harum manis yang matang

Cara membuat:
Campur ketan dengan santan, gula dan garam. Kukus ketan dan beras hingga matang
Blender hingga halus
Kupas dan potong mangga harum manis matang

Alhamdulillah setiap ikutan #TUMLuncheon ilmu saya bertambah dan selalu tercerahkan dengan berbagai infonya seperti diacara ini. Selain itu alhamdulillah foto saya menang lomba IG horeeey dan mendapatkan botle warmer dari Philips Avent, rejeki Shasha deh nih #happy.

Jadi Buibu, ingat ya pola makan anak dapat dibentuk sedari dini, jangan bosan memberikan contoh yang baik ketika makan pada anak, karena mereka mencontoh orang tuanya. Jangan ngarep deh punya anak yang suka buah & sayur kalau ortunya aja ngga pernah makan buah & sayur, dan quote terbaik yang saya dapat dari dr Ranti Astria Hannah, Sp adalah: 

"Do your best to support your children with attention, love and understanding.

 That's the healthiest diet at all"

Terima kasih TUM & Philips Avent, jangan bosen undang saya ke acara asik kayak gini ya :D 


CONVERSATION

3 comments:

  1. Sebentar lagi aku bakalan merindukan masa2 bikin MPASI gini :) Aku pun kalo bikin MPASI biasanya ditambah rempah2 biar enak, eh sampe kakak2nya yang udah SMA aja doyan coba ��

    ReplyDelete
  2. Duh avent produk favoritku... aq bookmark yah mbak tulisannya tar kl hamil anak k2 bs langsung coba praktek 😁

    ReplyDelete
  3. Avent emang is da best ya Teh, saya juga selalu masak buat Gentra, maminya mah kadang Padang sajo hehhe

    ReplyDelete

Back
to top