5 Barang yang Wajib Dimiliki Setelah Melahirkan (Versi Saya)

Heihooo, apa kabar setelah melahirkan? 
Aku baik-baik sajaaa hahahaha. Lagi menikmati indahnya punya anak 2 ((INDAH)).... Saya selalu bilang salut sama Ibu yang punya anak lebih dari 1, dan sekarang saya ngerasain pengalaman itu, ternyata punya anak lebih dari satu itu memang ruar biasa saudara-saudara hahahhaah :D 

Drama yang terjadi sih seputaran Teteh Raya yang sayang adek tapi sedikit cemburu dan posesif sama Abah karena ngeliat saya full ngurus adeknya. Pasca melahirkan anak ke-2 ini saya lebih selow, mungkin karena udah ada pengalaman sebelumnya ya, udah gitu bekas operasi yang ke-2 ini rasanya juga ngga sesakit dulu, jadi saya lebih cepat recovery dan ngga setepar dulu. 

Dari pengalaman saya melahirkan Teteh Raya, ada beberapa barang wajib yang dimiliki setelah melahirkan, dan persiapan ketika cuti melahirkan selesai, bisa jadi setiap orang punya barang wajib tersendiri, tapi ini adalah 5 barang wajib yang dimiliki setelah melahirkan versi saya.


1. Breast Pump alias Pemerah ASI 
Dari sebelum lahiran, pemerah ASI ini sudah saya persiapkan karena saya harus nabung ASI untuk nanti dibawa ke daycare Shasha ketika saya masuk kerja. Kebetulan asuransi kantor mengganti pembelian pemerah ASI jadi saya sekalian beli yang bagus dan cocok untuk saya hahaha #ajimumpung. Saya memilih pemerah ASI double pump electric agar lebih cepat memompa langsung 2 payudara ketika di kantor, jadi ngga menghabiskan banyak waktu, selain itu saya juga punya 1 pemerah ASI manual untuk jaga-jaga ketika mati lampu (secara sekarang di Jakarta suka kena giliran mati lampu ngga jelas gituuu). 

Memerah ASI saya lakukan dari hari ke-3 setelah melahirkan di RS, kebetulan ditempat saya melahirkan ada fasilitas pijat payudara untuk melancarkan ASI, dan karena alhamdulillah ASI saya banyak ketika dipijat, suster menyarankan untuk dipompa agar kolostrumnya tidak terbuang dan bisa dikasihkan ke Shasha. 


2. Milk Saver alias Penampung ASI
Saya paling ngga betah kalau baju basah kena rembesan ASI, dan secara lagi menyusui, urusan rembes ASI itu pasti dialami tiap saat. Lagian sayang banget kalau ASInya ngga ditampung, secara rembesnya banyak #ogahrugi, kan lumayan kalau ditampung dan disatukan jadi ASIP. Milk saver bener-bener saya butuhkan dan bikin baju bebas rembes & bau ASI :D 

Baca juga: 

3. Sterilizer alias Alat Sterilisasi 
Karena saya memompa ASI sterilizer dibutuhkan setelah mencuci semua pompa, botol-botol & segala perlengkapannya, biar semua bebas bakteri & jamur plus aman dipakai. 

4. Korset atau Stagen
Untuk yang ngerasain lahiran dengan operasi cesar, penggunaan korset atau stagen setelah melahirkan ini sangat membantu pergerakan dan menahan sakit bekas operasi. Jadi korset yang nyaman dan mudah dipakai wajib dimiliki setelah lahiran. Dulu, waktu lahiran Raya, saya dibekelin stagen lilit 12 meter oleh Ibu mertua #lebay dan akhirnya ngga terpakai hahahha. Ya kali lagi sakit-sakit gitu saya sempet ngelilit-lilitin stagen kain ke perut, ngga praktis juga kan yess. 

Dari pengalaman dulu, akhirnya saya nyari-nyari tuh korset yang nyaman tapi ngga terlalu mahal alias punya harga yang bersahabat, dan saya memilih korset Postpartum Gauze Belt-3 stage dari Mooimom. Mooimom menawarkan beberapa jenis korset pasca melahirkan dengan harga yang bersahabat banget! Sebetulnya saya naksir 3 in 1 Postnatal Recovery Breathable Corset, tapi sayang saat itu produknya lagi habis, akhirnya saya milih yang Gauze Belt-3 stage dan ternyata dipakenya enak banget. 
Kelebihan Postpartum Gauze Belt-3 stage Mooimom: 
* Desain perekat yang bercabang 3, bisa nahan perut dengan kuat 
* Elastisitas yang bisa disesuaikan, ngga bikin sakit ketika dipakai
* Sirkulasi udara yang baik dan menyerap keringat & ngga bikin gerah
* Mudah digunakan

Kekurangan: 
* Setelah beberapa kali pemakaian, korset ini agak berubah bentuk dan tidak mengikuti lekuk badan ketika duduk. Sebenernya ntah saya yang salah pake korset ini atau badan saya yang kegendutan hahahah. 

Saya sih rasanya pengen beli lagi korset lainnya, biar perut ini ngga keliatan buncit banget euy hahahah, parah buncitnya #tatapnanarperut. Buat yang pengen liat-liat semua perlengkapan pasca melahirkan dari Mooimom langsung aja klik websitenya ya: https://www.mooimom.id

5. Baju Busui Friendly
Nah, jangan pernah meremehkan urusan baju untuk busui, beneran deh, soalnya sekarang banyak baju yang mengklaim kalau busui friendly tapi nyatanya ngga juga karena retseleting or kancingnya kurang panjang dan bikin susah kalau nyusuin. Jadi jangan lupa persiapkan bener-bener baju untuk menyusui yang nyaman & aman ya Buibuuu. 

Baca tentang baju hamil & menyusui: My 2nd Pregnancy Story 

This is it #halaaah 5 Barang yang Wajib Dimiliki Setelah Melahirkan (Versi Saya), menurut Buibu lain yang baru lahiran gimana? Adakah barang wajib yang dimiliki setelah lahiran ngga beda dengan saya? Mari sharing & tulis dikomen ya :) 


CONVERSATION

31 comments:

  1. baju busui friendly banget nih mbaa, perluuu. Tapi bentar lagi mau nyapih adik Ashikaaa...
    kapan ya melahirkan lagiiii...

    ReplyDelete
  2. wah, terimaksih tulisan nya mbak bermanfaat banget bagi aku yang belum menikah dan punya anak ahahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kereeen, persiapan buat ntar kl dah nikah & pny anak yess :)

      Delete
  3. Hampir sama barang yang disiapkan waktu dulu saya habis lahiran mbak, kecuali yang sterilizer, saya gak pakai :D
    Kalau korset cuma bertahan 1 minggu doang dan efeknya kerasa sekarang nih. anak udah mau 2 tahun msh disangka hamil 3 bulan hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naah makanya hrs cari korset yg enak mba, ngaruh lho beneran, plus nahan naosu makan hahahaha 😆

      Delete
  4. Hmmm nursing cover, breast pad ama makanan enak kayaknya Teh. Dulu saya pake korset sampe 2 bulan, enggak pake lagi karena keburu cacar, krayyyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes nursing cover jg perlu, ener anet... palagi makanan enak, penting pisan eta hahahha. Sandra mah ga usah pake korset ge dah bagus badannya... gantian aku yg kraiii

      Delete
  5. Wah alhamdulillah ya mba recoverynya cepet.. Aku yang kedua asa lebih sakit perasaan.. Tapi udah lupa rasanya.. hehe.. Gak mau diinget2 lagi.. :D Tos aku lima barang itu juga udah siap setelah lahiran.. Baju busui sih yang tiap bulan abis lahiran kayaknya nambah mulu.. wkwkwk.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa alhamdulillah anet, tmn2 aku jg bilang yg ke-2 justru sakit bgt... aku ntah knp setrong kali ini hahahha, TOS! Baju busui itu pentiiing nambah tiap bulan ga ada salahnya asal jgn sampe 20 baju perbulan hahhaha

      Delete
  6. asekk bisa buat pelajaran masa depan :D

    ReplyDelete
  7. setujuuhh sama list nya mamih.. sampe sekarang paling kepake ya baju menyusui yg bener2 friendly..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh nik, baju busui friendly yg bagus & syantik kan penting biar pede abis lahiran #eh hahaha

      Delete
  8. Ada satu baju menyusui saya yg pakai resleting... Eh, pas dipake ternyata ga bisa dibuka pakai satu tangan, pdhl tangan lain lg gendong bayi yg ngamuk minta asi... Stres :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduuuh kebayang deh mba, makanya baju busui itu hrs bener2 diperhatikan kemudahan & kenyamanannya ya

      Delete
  9. Akikah masi tepaaaarrr mb saaan.....huhuhu
    Uda gitu ketambahn drama nenen kanan blom begitu bisa ditemplokin si debay, padahal mgalirnya kenceng bgt, walhasil masi dedraman kenyot pd kiri pompa kanan hiks...
    Yang belom punya banyak korset akuh
    Tris baju busui juga
    Ya semuanya padabngdo si dedek, lah mamaknya kagak ada yang inget muahahhahhaha
    Mb bole tau g breast pump yang elektrik ama sterilizernya mereknya upu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajaaaat anak pertamaaa dl aku pun gituuu, sing sabar 😘
      Semoga masalah kenyot mengenyot cpt berlalu & debay cpt belajar yaaa...
      Ntar kl dah ngga tepar bs cari korset & baju online ajaaah...
      breast pump aku pk madella, tp skrg katanya spectra jg enak. Sterilizer ku pake panasonic, pengen beli upang krn lbh gampang tp mahaaaal huhuuu saaaad

      Delete
  10. selamat mbak sandra.. adenya raya cewe apa cowo mbak ?
    aq dari 5 itu yang nggak beli hanya Sterilizer, steril masih pakai cara tradisional. heuheu..
    btw mbak pake merk apa untuk Milk Saver ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaciy ga maya 😘
      Aku ga telaten kl pk cara tradisional euy hahaha #ktauan
      Milk savernga pake merk milkies dr jaman raya dl, tp skrg ku cek dah byk merk milk saver beragam harga jd bisa pilih2 😊

      Delete
  11. Setelah operasi anak kedua saya juga merasakan recovery lebih cepat. Maklum, gak ada bala bantuan. Jadi ya mau gak mau. Tapi justru kadang bermasalah pas si bocah udah agak gede ini. Kalau habis angkat-angkat suka perih di bekas lukanya. untuk perlengkapannya hampir sama, meskipun saya cuma ngedoprok di rumah aja sama si baby. Dan baby saya gak mau ngedot sama sekali. Duih ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos ngga ada yg batuin mba!
      Emang tuh bekas lika lama sembuhnya, dulu yg pertama sampe 3thn masih suka perih2 hiks...
      debay nemplok & ga mau dot sama kyk anak pertama... pasrah & akhirnya bersahabat dgn gendongan 😁

      Delete
  12. Makasii sharingnya, Mba Sandraa... Nah itu,aku baru kepikiran baju busui. kadang suka gak kepikiran buat baju menyusui. Malah asik buat printilan si baby hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masama mindaaa, hayo hunting baju busui biar ntar di RS jg gampang... dulu pas lahiran Raya aku ga kepikiran baju busui, walhasil banyak baju yg ku gunting depannha demi memudahkan nenen 😅

      Delete
  13. Mba Sandra, congrats yaaa. Kayaknya aku yang paling telat ngucapin huhuh. Barang yang wajib dimiliki setelah lahiran versiku adalah ... cemilan lol. Aku nyemil terus sambil nenenin laperaaaannn. Hahaha. Sehat-sehat mba Sandra, teh Raya, neng Shasha, and abah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaciy gesii, aamiin buat doanya.. hihihi cemilan & makanan mah wajib banget hukumnya

      Delete
  14. Pompa ASI penting banget baik buat yang kerja ataupu yg stay at home mom.
    Saya dulu gak pakai korset karena emang gak nyaman buat menyusui dan dokter melarang, tapi zaman now sudah ada korset yg kyknya mengikuti bentuk tubuh dan lbh enak di badan ibu menyusui ya mbak.
    TFS :D

    ReplyDelete
  15. Pompa ASI penting banget baik buat yang kerja ataupu yg stay at home mom.
    Saya dulu gak pakai korset karena emang gak nyaman buat menyusui dan dokter melarang, tapi zaman now sudah ada korset yg kyknya mengikuti bentuk tubuh dan lbh enak di badan ibu menyusui ya mbak.
    TFS :D

    ReplyDelete
  16. hebat, ngurus 2 anak.
    aku juga baru banget abis melahirkan. baru banget jadi ibu. baru banget ngerasain repot nya. tapi seneng sih.. hehe. #curhat

    mba sesar ya?
    bener2 pulih nya berapa lama?

    bener tuh, baju busui penting banget. aku selama hamil gak kepikiran sama sekali dan sekarang jadi kerepotan krn stok baju nya dikit.

    ReplyDelete
  17. Mbak Saaan, thank you so muchh for the insightt hohoho. Aku jadi tau deh apa ajaa yang butuh dibawaa buat persiapan lahiran nantii :)

    ReplyDelete

Back
to top