Cara Hemat Menata Rumah Mungil Agar Lebih Nyaman & Sejuk

Setelah menikah, dan sempat mengontrak rumah selama 1,5 tahun. Akhirnya rumah idaman saya & Abah selesai juga. Sebelum menikah, pembicaraan mengenai rumah ini telah terjadi sebelum kami menikah, visi-misi dan kedepannya kami mau gimana harus jelas dong, agar kami lebih tertantang dan ada goal yang dicapai untuk menyongsong masa depan #tsaah.

Rumah yang kami bangun adalah rumah mungil, praktis tapi tetap nyaman untuk tempat tinggal. Secara tanah yang kami miliki ngga terlalu besar, jadi tentunya kami memilih membangun rumah mungil tapi tidak kaku, sumpek dan sempit. Untungnya saat itu, kami memiliki teman seorang arsitek yang dapat membantu mewujudkan kecerewetan keinginan kami :D karena selain lahan yang terbatas, dana juga terbatas hahahha, jadi benar-benar harus disiasati agar semua yang kami inginkan bisa terlaksana tanpa melebihi budget. Selain nyaman, satu perhatian saya yaitu masalah sirkulasi udara dan cara membuat rumah terasa sejuk tentunya (lagi) dengan budget yang memadai.  


Trik atau cara kami untuk menyiasati keterbatasan lahan tapi tetap membuat rumah terlihat luas, nyaman dan sejuk tapi tetap hemat antara lain: 
1. Memakai jasa konsultan interior sekaligus kontraktor sehingga semua pengeluaran lebih terkendali, dan pekerja bangunan lebih terkontrol. Jasa konsultan interior kami siasati dengan membandingkan beberapa konsultan, yang kami pilih tentu saja yg punya paket kumplit, harga terjangkau dan bisa menyalurkan aspirasi kami dengan budget yang dimiliki. (Kalau butuh infonya bisa japri saya hihihi). 

2. Mengurangi ruang tersekat, dan mebuat lebih banyak ruang terbuka sehingga ruangan lebih terasa lapang.
Jalan dari ruang tamu ke ruang keluarga tanpa sekat
3. Menyiasati warna dinding dengan warna terang, dan menggunakan furnitur yang simple, bukan terbuat dari bahan yang terlalu berat, sehingga ruangan terlihat lebih lapang dan ringan.

4. Membuat langit-langit ruangan lebih tinggi dan ada perbedaan ketinggian plafon diruangan tertentu seperti ruang tamu, dan ruang makan. Langit-langit rumah yang lebih tinggi merupakan siasat kami untuk membuat ruangan lebih sejuk dan tidak terkesan sumpek. 

5. Membuat ruangan terbuka (semacam taman) didalam rumah, untuk memberikan sirkulasi udara agar rumah mendapatkan sinar matahari dan udara langsung.
Ruangan terbuka untuk sirkulasi udara & masuknya sinar matahari
6. Memanfaatkan ruang kosong seperti ruangan dibawah tangga untuk tempat penyimpanan barang/sepatu, atau dibawah wastafel untuk menyimpan barang lainnya. 

7. Pencahayaan ruangan pun menjadi perhatian, dibeberapa ruangan kami memakai cahaya putih, tapi dengan tambahan cahaya kuning agar ruangan lebih terkesan hangat, segar dan alami.

Pencahayaan dengan lampu warna kuning di ruang tamu agar suasana lebih hangat
8. Menambahkan unsur-unsur alam seperti tanaman, atau pohon kecil didalam ruangan untuk menambah kesegaran & kesejukan pada ruangan. 
Tambahan tanaman agar ruangan terlihat lebih alami
9. Meletakan perabotan yang berat dan keras disudut-sudut ruangan agar jarak pandang terlihat luas.   
Tahun-tahun pertama tinggal dirumah impian semua ngga ada masalah, tapi, masalah muncul ketika saya mulai hamil dan kondisi tubuh saya ngga jelas :D

Rumah yang tadinya terasa sejuk, kok jadi panas & sumuk. Sumpah deh peningkatan hormon bikin ngga jelas. Saya butuh pindah ke kutub biar dingiiiin... Tadinya rumah saya memang tidak menggunakan penyejuk ruangan karena kami mengira sudah cukup sejuk dan nyaman. Dengan kondisi saya yang tidak biasa, penyejuk ruangan harus banget dimiliki saat itu.

Masalahnya kalau pakai penyejuk ruangan nanti listriknya gimana? Sedangkan kapasitas listrik di rumah kami hanya 1300watt, trus nanti bayar listriknya mahal ngga yaa... Dari situ perburuan penyejuk ruangan dimulai. Saya melakukan survey untuk penyejuk ruangan yang direkomendasikan, dari sisi harga (penting), spesifikasi, garansi, dan layanan purna jual.

Setelah saya mendapatkan penyejuk ruangan yang diinginkan, saya belajar cara menggunakan AC agar lebih awet dan hemat listrik, mau tau? Berikut cara-caranya: 
  1. Pastikan PK penyejuk ruangan mencukupi kebutuhan. Ngga perlu PK yang besar untuk kamar tidur, jadi pastikan berapa PK yang dibutuhkan ruangan di rumah sebelum membeli AC. 
  2. Tidak mengatur suhu minimum (16 derajat) dengan fan speed maksimum karena justru akan membuat tidak hemat listrik. AC cukup diset pada suhu 23-24 derajat sehingga kompresor AC lebih awet dan tidak perlu bekerja terlalu berat.  
  3. Pastikan AC selalu dibersihan (service) minimal setiap 3 bulan sekali. AC kotor dan berdebu mengakibatkan kipas tidak bekerja maksimal dan mengakibatkan pemborosan listrik. 
  4. Tidak membiarkan pintu sering-sering dibuka-tutup agar suhu ruangan lebih terjaga. 
  5. Memilih AC inverter yang memiliki kesejukan maksimal dengan pemakaian listrik minimal. 
Tips diatas terbukti tokcer untuk menghemat listrik dan menjaga penyejuk ruangan dirumah saya bekerja maksimal. Jadi sekarang alhamdulillah rumah saya sudah lengkap hihihi, selain nyaman, sejuknya pun terjamin dengan bantuan AC yang tepat untuk keluarga saya. 

Bagi para Ibu yang sudah berpengalaman menggunakan penyejuk ruangan atau AC di rumahnya, saat ini sedang diselenggarakan lomba kontes Instagram #BeyondComforting yang diadakan oleh Daikin Indonesia. Hadiah yang diberikan bikin saya berbinar-binar karena akan mendapatkan e-voucher jutaan rupiah untuk pemenang 1-3 dan juga akan ada 10 pemenang favorit yang akan mendapatkan e-voucher senilai Rp. 250,000.

Ngiler kan, ngiler kaaan? Pasti penasaran deh gimana cara ikutan lombanya :D
Jangan khawatir, untuk syarat dan ketentuannya, cus langsung saja klik link: http://bit.ly/beyondcomfortingcompetition semua terms & conditions lomba lengkap tersedia di link tersebut.

Selamat mengikuti & mencoba tips dan trik saya ya :D 



CONVERSATION

69 comments:

  1. wah dekorasi rumahnya bagus banget.. bisa dicoba tutornya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas, semoga tulisannya bs jd inspirasi 🙏🏻

      Delete
  2. Rumahnya kece banget.. beda emang hasilnya kalo pake arsitek beneran sama yg sok-sokan jadi arsitek, wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi maaciy bumil, iya emang bener arsitek beneran besa bgt & ahamdulillah dpt harga miring 😆

      Delete
  3. Aku salah fokus ke raya... Tapi apa iya pake jasa konsultan lebih hemat mba.. Suka takut malah mahal tapi kalo ngerancang sendiri juga belom tentu bener kan ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahha emang sengaja ada pengalihan isu mirna 😆
      Beneran deh, ternyata pk jasa profesional itu jauhnya lbh murah dibanding kl cuman tukang yg ngga ngerti ujung2nya keluar duit kbh byk 😅

      Delete
  4. Rumah mungil kalo pengaturannya tepat jadi terlihat lapang ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bgt mba, ada trik2nya 😁 Pgnnya sih pny rumah gede, apa daya mampunya yg mungil doang hihi

      Delete
  5. Rumahnya homy. Ke tekape ah biar dapet hadiah....

    ReplyDelete
  6. Rumahnya bagus banget, saya suka ruang tv nya banyak bgt buku nya^^ duh semoga segera kebeli rumah impian juga deh, tfs ta tipsnya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa buat yg suka baca buku, emang rak buku penting bangeeeet 😁

      Delete
  7. Asik banget rumahnya,kalo rumah ada ruang terbuka nya itu rasanya adem gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaciiy 😘
      Iya, udara masuk bikin smliwir enak gitu mba 😁

      Delete
  8. Sukaaa mba,, liatnya,, nti d coba mau d praktekan,, apa mba Sandra gitu dtg k rumahnya kuu haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha alhamdulillah mbaa... ini jg atas diskusi intens antara arsiteknya, aku & abah yg pinter soh arsiteknya mau dengerin smua keinginan kita tp pk dana terbatas hahahha

      Delete
  9. ih sukaa ruangan yang ada rak bukunya mbak, jadi pengen ndlosor2 sambil baca2 atau nonton deh jadinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha iya mbaaa, matiin tv jg ga masalah kl buku2 😁

      Delete
  10. rumahnya kece banget mba. saya mah lagi nyicil buat make over rumah, jadi belom berani pake jasa konsultan interior. Thanks ya mba buat tipnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaciy mbaa, selamat make over rumahnya, hasilnya pasti bagus 😊

      Delete
  11. Cocok nih kebetulan rumahku juga mungil tapi kesannya makin mungil krn ngak tau tata letak perabotan yg segabrenk itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbaaaa krn ada anak skrg rumahku jg byk barang berserakan & numpuk hahahha...

      Delete
  12. Rumah kecil kalau bisa menatanya tetap kelihatan luas dan sejuk, ya. Boleh nih tipsnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba chi, pgnnya pny rumah gede, tp gada dana plus ntar ngepelnya cape hahahaha

      Delete
  13. Akupun pake daikin. Acnya awet pdhal sudah 5thn dipake

    ReplyDelete
  14. makasih tipsnya, dulu lagi rmhku mungil boro2 deh nata krn anak masih kecil dan bakal agk pernah rapih, skrg setelah anak dewasa baru deh nata2 dan cari2 untuk bisa diatruh di ruangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skrg juga rumahku penuh barang2 anak mbaaa hihihi kudu di tata ulang nih 😆

      Delete
  15. Rumahnya cantikkk nihhh.... bumil apa kbr ? Sehat2 yaaa *kiss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaciy mbaa 😘 Bumil alhamdulillah baiik dan mager 😁😁

      Delete
  16. Rumah di Yogya sekarang nggak pakai penyejuk ruangan :D
    tapi, lagi pengen beli, karena kalau siang panas banget ternyata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu aku jg ga pake mba injul, tp pas hamil dulu buset dah, ga kuat panasnya... jd beli atu buat kamar ajah 😁

      Delete
  17. Nanti kalo rumahku udah bener-bener jadi, pengen deh pasang AC. Semarang hot banget, Mamih ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ku jg beli AC stlh bener2 jd mba, buar lbh tau pemakaian yg cocok dimana yaa 😁

      Delete
  18. MKasih tipsnya, suka lupa jadwal bersihin AC trus tau-tau rusak aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bgt mbaaa aku jg sama 😅 Br sadar kl ac dah ga brasa dingin hihi

      Delete
  19. Interior rumahnya..cakep banget apalagi liat susunan buku di ruang keluarga...
    Keliatan adem..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaciy mbaaa 😘 Liatin koleksi buku emang bikin seneng, apalagi kl ruangannya sejuk, tambah betah deh

      Delete
  20. eh iya loh ruang2 tersekat itu bikin sempit
    kalo mau privasi kasih tirai atau lemari udah cukup ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, kl lemari atau sekat kayu/kain bs dicopot sesuai keinginan & ga susah kl mau nata ulang ruangan

      Delete
  21. Kemaren aku gak pake konsultan intetior pas bangun rumah mba. Aku pikir bakal mehong klo pake konsultan interior. Akhirnya cuma pake arsitek aja. Boleh mbaaa bisikin rate konsultan interiornya.

    Aku setuju banget sama poin2 diatas terutama langit2 tinggi dan sirkulasi udara. Karena lumayan hemat listrik juga karena gak perlu lampu dan ac di siang hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ku DM kl emang minat mbaa, temennya suami jd bs dpt harga spesial 😁
      Iya bener bgt, sirkulasi udara mayan bikin adem, kl ga ada itu satu2nya solusi ya pk AC yg hemat energi 😁

      Delete
  22. Rumahnya asyik, ada ruang terbukanya jg...

    ReplyDelete
  23. Keren mbak rumahnya, bikin mupeng.

    ReplyDelete
  24. iya yah.. sekarang kayanya makin panas ya.. akupun masih mikir2 ini pengen pasang ac satu lagi tapi daya listrik 1300 ajah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa Nik, asal kl dua2 dipake tv dll dimatiin hihihihi, biasanya aku kl 2 AC dipake pas ada tamu & malem2 jd masih kuat lah dgn listrik 1300

      Delete
  25. Wah, aku pengen banget punya rak buku sebesar itu. Belum nemu ukuran yang pas buat rumahku yang mungil ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang mah banyak pilihannya mba, aku itu beli di toko biasa & murah.. gampang rusak saking kebanyakan buku yg disimpen disitu :D

      Delete
  26. Rumah adem itu enaaak, bikin betah di rumah ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener bangeet, buat ngadem AC andelannya kl di daerah panas mah :D

      Delete
  27. wah, kita diajak tur ke rumah mbak nih :)
    Adem rumahnya mbak, suka desainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihih jadi malu aku mbaa.. rumahnya imut2 mau tur juga ya itu2 ajaaa :D

      Delete
  28. makasih tipsnya mbk
    cocok juga buat rumah saya yg mungil

    ReplyDelete
  29. Naro taneman dalam rumah emang ngefek banget bikin adem ya Mba? Ntar pas ketemu kutanya tanya deh tentang ini, bersihinnya piye, hihi. Malah random ke taneman :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahah rajin dikeluarin & diputer keberadaannya aja sih nia, aku nyari taneman yg ndablek ngga perlu banyak dipelihara tapi idup didalam rumah :D

      Delete
  30. Mbaaa... di manakah rumah yg syahdu ini :D cakep. Berarti udah goal yaa^^ alhamdulillah
    Aku taneman masi belum ada nih drmh >.<
    Kapan2 mau berantakin rumah Yaya ah

    ReplyDelete
  31. Aku mau juga pake jasa arsitek tapi nabung duluuu, hahaha. Pas ini mau ganti ac kamar yg udah ngga terlalu berasaaa,hahaha.

    ReplyDelete
  32. Rumahnya asik ya... thx tips nya ya

    ReplyDelete
  33. Rumahnya asik ya... thx tips nya ya

    ReplyDelete
  34. Mambes tips and trick rumah mungil nya kece, bisa dicontek nii ^^

    ReplyDelete
  35. waaah setuju banget Mbak, dengan mengurangi sekat, rumah mungil akan terlihat lebih lega ya

    ReplyDelete
  36. Mantap dekorasi rumahnya.
    Suasananya nyaman banget.

    ReplyDelete
  37. rak bukunyaaa... aku ntah dr kapan tau mau bikin rak buku, ga jadi2 ampe skr hahahaha... jd nya buku2nya masih banyak yg di dalam box container doang -__- ..

    kalo soal ac, kdg pengen juga cuma setel sampe 23-25 gitu san... tapi ttp aja ujung2nya jd 16 lg.. ga kuat panasnya... :( .. memang sih jd lbh mahal tagihan listrik, tp ya sudlah... drpd jd ga bisa tidur hahahaha ;p

    ReplyDelete
  38. bagus sekali rumahnya
    kelihatan nyamaaaaaan sekali

    ReplyDelete

Back
to top