Let's Travel and See The World

Pengalaman jalan-jalan saya dimulai ketika TK. 
Sebagai PNS dari direktorat pertambangan Papih diharuskan tugas keluar kota, kebetulan Mamih juga PNS dan menjadi dosen yang memiliki waktu fleksible, jadi setiap Papih punya tugas keluar kota kami sekeluarga pasti diboyong. 

Dari TK sampai SD, saya dan Kakak-Kakak sering izin dan bolos karena hal ini, tapi kami sih senang-senang aja, apalagi jalan-jalan sekeluarga bukan saat liburan sekolah lebih menyenangkan dan tempat wisatanya lebih sepi. Selain memakai pesawat, sering kali kami melakukan perjalanan road trip memakai mobil, karena tiket pesawat jaman dulu lumayan mahal pemirsa, jadi kami lebih sering road trip dan menginap di hotel yang tersedia sepanjang perjalanan. Kami sudah melakukan perjalanan ke Bali, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan pastinya sih Jawa Barat, kami juga melalukan perjalanan ke Sumatera Barat. 

Tapi semua terhenti ketika orang tua saya berpisah (baca: Please Stop Call Me Broken Home Product), saya dan keluarga otomatis tidak pernah melakukan perjalanan lagi. Secara Mamih harus menjadi tulang punggung keluarga dan bekerja sebagai single parent, saya & Kakak-Kakak tidak pernah ada kepikiran untuk minta jalan-jalan ketika libur sekolah. Liburan sekolah biasanya kami habiskan dirumah, atau kalau Mamih ada rejeki kami makan enak di restoran. 


Berbeda dengan Abah, keluarga Abah bukanlah keluarga yang sering jalan-jalan. Kerluarga Abah cukup konservatif dan jarang pergi bahkan untuk makan diluar sekalipun. Prinsipnya, kalau bisa makan di rumah, kenapa harus makan diluar?. Jadi karena pengalaman itu, ketika besar, Abah pengen jalan-jalan dengan keluarga dan merasakan pengalaman yang tidak pernah dirasakan bareng keluarga Abah. 
***
Ketika saya & Abah memutuskan untuk menikah, kami berdiskusi tentang visi, misi dan keinginan kami. Salah satu yang saya utarakan adalah, saya ingin traveling, dan jalan-jalan melihat dunia luar! (dendam nyi pelet masa lalu), akhirnya jalan-jalan dan melihat dunia luar mejadi kesepakatan kami, membuat memori bersama dan meninggalkan semua kenangan buruk masa lalu.

Setelah menikah, kami mendapatkan hadiah honeymoon tiket pesawat dan voucher menginap di Bali dari salah satu kolega Abah, pas banget deh... Semenjak saat itu, kami selalu merayakan hari-hari penting seperti hari ulang tahun, dan hari pernikahan, dengan bepergian, ngga perlu ke luar negeri (karena waktu awal nikah masih kere hehehe) cukuplah di Indonesia saja yang terjangkau. Ketika kami diberikan cobaan sulit mendapatkan keturunan, kami malah lebih sering bepergian untuk lebih akrab dan menghilangkan stress dari pertanyaan "Kapan punya anak/hamil?" (baca: Five years in Waiting)

Honeymoon di Bali, masih muda iyes XD
Museum Antonio Blanco, Bali

Gili Trawangan, Lombok

The Grand Palace, Bangkok
Esplanade, Singapura
Ketika saya hamil, saya dan Abah sepakat tidak memakai baby sitter atau ART untuk membantu saya, jadi kemanapun kami pergi, bayi kecil ini harus dibawa hihih. Bahkan kami masih sempat jalan-jalan ke Singapur ketika saya ketauan hamil 4 minggu. Saya ingin, putra/putri saya memiliki pengalaman yang pernah saya dapatkan, senangnya bepergian dengan keluarga dan melihat dunia luar dari sisi dan kebudayaan yang berbeda.  

Seiringnya waktu, kondisi keuangan kami semakin lumayan, dan ketika saya melahirkan kami mendapatkan kesempatan untuk mendatangi beberapa kota dan negara bareng Raya. :) (baca juga: Mudahnya Membuat Paspor Anak)  

Perjalanan jauh Raya yang pertama kali ketika umur 8 bulan ke Nepal. Sumpah rada deg-deg-an bukan karena persiapannya, tapi karena seminggu sebelum perjalanan Raya terkena campak... Duh pokoknya bener-bener galau to the max saat itu. Alhamdulillah sih pas hari keberangkatan Raya sudah ngga panas meskipun masih terlihat bercak-bercak merah sedikit. (baca juga:  Persiapan Liburan Bersama Anak ke Luar Negeri). Setelah itu beberapa negara kami singgahi antara lain China - Beijing, Philipine - Cebu , Singapura, dan beberapa kota di Indonesia. 

Makan malam disalah satu restoran khas Nepal
Manyun kepanasan di Kuta, Bali
Garden of Dream, Nepal 

Forbiden City, Beijing
Manyun di Cathedral Metropolitan, Cebu 
Banyak kenangan-kenangan lucu, senang, sedih, kesel, nyebelin selama perjalanan kami, tapi ngga bisa dipungkiri banyak manfaat yang kami rasakan setelah jalan-jalan bareng. Yang pasti setiap traveling ada kenangannya tersendiri, dan setiap habis jalan-jalan, meskipun tongpes, tapi berasa recharge dan pengen nabung lagi buat jalan-jalan bareng lagi :D "But hey, you can always make money, but you can't always make memories

Perkenalan pertama antara Raya - duren di Magelang :D 
Akhirnya makan duren di Singapur
Makan duren di Batang hihihi 
Kami masih berniat untuk melanjutkan petualangan bertiga hihihi. Masih banyak kota yang belum kami jelajahi dan lihat. Tahun 2017 ini sudah ada beberapa daftar kota dan rencana perjalanan yang sudah saya & Abah buat, apalagi bulan Februari adalah bulan pernikahan saya & Abah yang ke 10 tahun. jadi sudah beberapa rencana yang kami runut dan semoga bisa berhasil dilakukan. 

Somewhere in Nepal (lupa sumpah, dah tua hahah)
Satu lagi wishlist yang kami rencanakan tahun ini adalah umroh bertiga, doain semoga bisa terwujud meskipun ngga tau bulan apa :D 

Kalau kalian gimana? Sudah ada rencana mau jalan-jalan kemana tahun ini? Saya doakan juga semoga semua rencananya terlaksana ya.. Amiin :) 

CONVERSATION

66 comments:

  1. aminn.. amin yang kenceng biar bisa umrah bertiga, Duh kakak raya perjalanannya udah jauh banget... semoga setiap perjalanan memberi hal baru ya kak dan kelak bisa menularkan hal positif dari setiap perjalanan itu.

    Eh yg di Nepal somewhere itu asyik banget ya burung-burungnya. Lucu. tapi kok bisa terlupakan ya. hihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin amiin makasih mba :) Itu beneran lupa hahahah takut salah sebut kan ngga lucu hahaha XD ntar diinget2 lagi deh

      Delete
  2. Aamiin Mamih ikut mun Umroh wios abi anu nenteng tas sareng ngais neng Raya wkwkwk...
    Ah syukak sama visi misinya semoga akang suami juga mau pergi keluar menatap indahnya bumi Alloh yang lain :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha ngais yaya bayar ngalira?? XD
      Amiin semoga neng herva juga bisa jalan-jalan sama suami & anak2 ya :)

      Delete
  3. Asyiknya Raya udah going somewhere saat umurnya belum 1 tahun bahkan xD semoga bisa terwujud ya mbak keinginan untuk umroh bertiganya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa aku pun merasa kesel, aku sebelum 1thn blm kemana2 hahahah XD
      Amiin Retno, makasih ya :)

      Delete
  4. Hua Raya udah ke Nepal dan anteng.. Anak sholehah ^^
    Rajin mba sandraaa.. Packingnya kan lumayan tuh ya nyiapin buat abah dan Raya jugaaa..
    tapi mah happy kan yaa jalan2 ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha iya dia mah kl jalan2 alhamdulillah anteeeng.. Dan ngga tau kenapa ngga pernah ngerasa rempong pas packing, mungkin karena seneng aja bisa jalan2 :D

      Delete
  5. Waaahhh. Kelilingnya uda jauh-jauh..

    Semoga besok bisa kayak ibu nih akuuu mainnya jauh-jauh.

    Hehehehe


    Utk musium blanco padahal sering maen ke ubud tapi belom nyoba masuk kesana. Gagratis soalnya hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huakakakak aku kenapa dipanggil Ibuuu.. #berasatua jangang2 Mayasitha mahasiswi Abah yaaa?? hihihi XD
      kalau ngga mau bayar bisa kok, jalan2 sekitar tamannya aja, kan bayarnya cuman pas masuk si museumnya aja :D

      Delete
  6. Visi misinya keren habis :)
    Aku langsung naksir Nepal nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mba.. hihihihi Nepal yang bagus dipinggirannya Mba, jangan cuman di Kathmandu :D

      Delete
  7. amiiin...Raya kok mukanya banyakkan nyureng? hihii gemes.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iye dia kan gitu buprit, suka ngga mau dipoto.. KZL!
      Selamat ya rumah barunyaaa, keren cetar membahana dueeeh

      Delete
  8. Suka banget sama keluarga mb Sandra, terlihat harmonis gt sama Abah dan Raya.
    Alhamdulillah ya keuangan makin membaik. Semoga 2017 ini bisa traveling kemana2 dan umroh amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah mba mei, bikin aku malu aja.. dirimu pun keluarganya harmonis manis kelimis kok #eh :D hihihihi. Amiin makasih buat doanya mba :)

      Delete
  9. Aamiin... buat semua rencana perjalanannya ya, mba :). Traveling itu memang seru banget! Tahun ini aku belum punya rencana yang pasti pingin ngetrip kemana. Aku jg pingin umroh belum kesampaian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Molly, semoga kita bisa umroh segera ya :)

      Delete
  10. Aamiin. Semoga tercapai semua rencana travelingnya.

    Seru ya ngetrip bawa anak kecil. Si adek anteng banget diajak keliling-keliling.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya mba :) seru2 gemes gitu sih ngetrip bawa anak hahahah, tapi karena udah biasa jadi anaknya anteng2 aja alhamdulillah

      Delete
  11. Senangnya jalan2 sekeluarga, saya dan suami juga pengennya gitu Mbak, setelah honeymoon 2 tahun lebih eh skrg hamil tapi tetep jiwa travelernya masih membara meskipun nanti udah punya anak^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti jalan2 sama anak seru kok, lebih menantang hhihihihi, pastinya bakal jadi pengalaman ngga terlupakan :)

      Delete
  12. Semoga umrohnya kesampaian Mba, amiiin. Seru ih nemu partner hidup yang sevisi terutama dalm hal jalan2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin maaciy ya Nia! Partner sevisi harus ituu, kalau ngga sevisi nanti makan ati :D

      Delete
  13. wahhh asyik banget mbak sering jalan-jalan... nepal? bahkan negara itu nggak masuk dalam daftar negara yang ingin saya datangi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihii alhamdulillah mba ada rejeki jalan2... ngga sengaja juga dateng keNepal krn kebetulan ada acara kantor jadi diboyong aja sekalian :D

      Delete
  14. jalan-jalannya seru banget mbak.. ngirii krn aku sdh lama bgt gak perna jalan-Jalan, xixixi

    ReplyDelete
  15. klo saya dari kluarga yg gak suka jalan2 mba :D skrg pun sama, kalopun jalan2 dalam kota aja jarang kluar kota, kluar kota paling mudik ke tangerang hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi tiap org beda2 ya mba, kakak aku pun ada yg males halan2 abis katanya ribet 😁

      Delete
  16. Aku suka semangat ibu muda seperti ini, menjadi tempat belajar. Mimpi keliling Indonesia, keliling dunia, hahaha, baru mimpi. Semoga satu saat terwujud

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahik disebut Ibu Muda *benerin jilbab* XD
      Mimpi adalah kunci Mbaaa.. dengan bermimpi bisa mewujudkan yg kita mau asalkan sinkron dengan kenyataan, semoga terwujud impiannya :)

      Delete
  17. Aku setuju banget sama quotenya. You can always make money, but you can't always make memories. Quote ini juga yang bikin aku dan alm suamiku sering jalan-jalan ke sana kemari.

    Anyway, semoga rencana jalan-jalan mba dan keluarga di tahun ini serta rencana umrohnya dilancarkan selalu ya mbaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, apalagi kalau ada yg mau sponsorin jalan2 ya.. lebih seneng lagii :D
      Amiin makasih banyak doanya, semoga Mba Lianda juga bahagia terus :)

      Delete
  18. waaa ternyata Raya sudah sering jalan-jalan jauh yaaa..

    toss dulu dong mami.. aku dari kecil juga sering banget jalan2 sama keluarga, bahkan sampai krucils baru lahir pun.
    Tapi udah hampir 2 tahun ini gak pergi jauh karena yaaa gt deh ����

    Semoga tahun ini bisa ngabur bentar lah ke Kota lain bareng Krucils

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalan2 deken jg ga papa Cyn yg penting kluarga hepi yess.. Smoga thn ini bs jalan2 jauh lagi! Amiin 😊

      Delete
  19. Raya gemaaaay.. Naya blum pernah ke LN, smoga tahun ini ada rejekiii..

    ReplyDelete
  20. aku mau kayak mbak sandra, pergi keluar untuk melihat dunia :D semoga bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, insha Allah bisaaa apalagi mba ep mah blognya dah cetaaar.. smoga dilancarkan ya 😊

      Delete
  21. aamiin aamiin semoga bisa umroh bertiga dengan Raya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, makasih mba, alhamdulillah byk yg ngedoain 😊

      Delete
  22. traveling itu bikin nagih dan candu kan mbaaak :D.. aku jg gitu... sejak pacaran ama suami, aku jd kecanduan jalan2... kalo suami mah dari umur 3 bulan dia udh traveling krn papa mertua diplomat dan sering dipindahin ke berbagai negara.. makanya suami seneng bgt jalan2... kalo dibandingin dia mah, jumlah negara yg aku dtgin blm ada apa2nya :D.. dia udah 30an, aku mah msh belasan.. makanya obsesi banget mau ngalahin suami juga hahahahah ;p

    kamu bikin list kemana aja thn 2017 ini? aku cuma bikin 3 negara plus 3 kota.. mengingat cuti terbatas soalnya :D.. 2 negara udh fix february nanti.. nah negara ketiga aku masih galau ;p.. kebanyakan mau soalnya ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaah kl ngikutin suami Mba Fanny mah aku nyeraaaah hahahhahaha... dirimu mau ke jepang yaaa? Doh salah satu wishlist juga nih, smua perjalanan lg ke pending krn ada rencana tugas luar slama 1bulan antara maret -april, kl itu dah konfirm br deh hajaaar bleh jalan2 😆

      Delete
  23. berbagai emosi naik turun saat baca artikel ini

    Diawali senyum dikulum saat baca ini: (dendam nyi pelet masa lalu)

    Merangkak mellow di sini:

    Ketika kami diberikan cobaan sulit mendapatkan keturunan, kami malah lebih sering bepergian untuk lebih akrab dan menghilangkan stress dari pertanyaan "Kapan punya anak/hamil?"

    Gue banget soalnya...

    Kami... 7 tahun menanti buah hati.

    Dan suka banget sama ini:

    "But hey, you can always make money, but you can't always make memories"

    Semoga impian umroh bertiga tahun ini, dimudahkan yaa...

    Aamiin...



    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, makasih doanya mbaa 🙏🏻😘 ternyata mba malah lbh lama nunggu momongannya.. ayo dong ditulis biar berbagi pengalaman 😊

      Delete
  24. Asyik ih, bisa jln2 terus... Semoga bisa umrah thn ini ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ada rejeki aja sih mba jalan2nya hihihi. Amiin makasih doanya ya :D

      Delete
  25. Amiinn.. Aminn.. Semoga dilancarkan segala urusannya, ya, Mbak untuk umroh ^^
    Senang banget baca tulisan kayak gini, jadi lebih semangat gitu for me as a reader. Melihat senyuman, cerita baru, apa saja tentang satu perjalanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Raaaan.. atulah ngga usah manggil mbaaa hahahhaha XD
      Amiin amiin makasih doanyaaaa, aku pun selalu hepi kalau BW ke blog muh, seneng aja kalau nambah ilmu #ngelmudariblog :D

      Delete
  26. Amiiin, semoga segera kesampaian ya umroh bareng Raya mba.. :D Seneng banget liatnya bisa traveling ke mana-mana ya Mba Sandra. kalau ada waktu, rezeki, kesempatan memang paling enak traveling.. :) Aku jg sama suami sepakat paling enggak setahun sekali mesti jalan2 ke kota yang belum pernah kami datangi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, makasih doanya mba dita! Iya bener kalau ada rejeki, aku jg sempetin jalan2 di Indonesia aja tergantung kondisi keuangan :D

      Delete
  27. Headernya kok unyuk ya mb sandra ihhh sukaaa
    Btw si dede yang makan duren diambil candid gitu tetep cuwanet,,,cuantik aneeth

    Fan foyo yang terakhir bikin mupeng, kapan aku bisa terbang ke nepal ya huhuhu
    Dolanku kurang jauh ni, hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan biar unyu kyk yg pny blog nitaaa hihihihi 😆 #kepedean insha Allah bs halan2 kmanapun kl ada rejeki yeesss 😁

      Delete
  28. Raya so lucky having mambes and abah as her parents :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku & abah juga beruntung dapetin Raya sebagai anak bunbes :)

      Delete
  29. Waaaaa jalan2nya seru banget mbak
    Raya beruntung punya orang tua yang demen traveling

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba, seneng jalan2 tapi ngga seneng packign & nyuci baju kotor setelahnya hihihi XD

      Delete
  30. Sama mba saya menjelajah bumi pertiwi krn pindah2 tugas bapak. Pernah juga pergi ke Aceh gratiiiis dpt sponsor, sekarang tinggal di Indonesia timur krn suami kerja jd PNS juga dan aku bahagiaaaaa bsa jalan2 lagi wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. weiiits kereen dapet sponsor ke Aceh! Emang kalau jalan2 itu bikin hepi ntah kenapa :D

      Delete
  31. Asyik ya, mba, ketika dikasih jodoh dengan target dan impian yang sepaham. Yeps, Allah Maha Tau :) Keren, Dek Raya. 8 bulan udah nyampe Nepal. Semoga semua plan-nya tercapai ya, mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya alhamdulillah mba :D Amiin, makasih ya doanya, semoga harapanmu ditahun ini tercapai juga :)

      Delete
  32. dari kecil saya juga sudah diajarkan mandiri. setiap minggu harus ke kota sebelah sendirian naik bus. jaman itu berpergian seorang diri apalagi anak-anak masih jarang dilakukan. ketakutan itu pasti ada, namun selama saya berpikir positif, akhrinya tidak terjadi sesuatu hal apapun pada saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaman dulu jalan sendiri buat anak2 masih aman kaaak.. jaman sekarang seram kaliii... banyak orang jahat mengintai euy, anak aku halan2 sendirinya ntar dah agak gedean ajaah XD

      Delete
  33. Aamiiin... mudah-mudahan murah rejeki mba Sandra dan keluarga bisa umroh yaa :*

    Ke Samarinda lah sini mba Saaan :)))

    ReplyDelete
  34. amin ... mudah-mudah hajatnya dikabulkan Allah SWT

    ReplyDelete

Back
to top