Motherhood Friday: Work/life Balance

Bagaimana cara menyeimbangkan pekerjaan & keluarga?
Meski seorang Ibu tidak boleh sakit, perlu diingat bahwa tidak ada yang namanya "super mom", yang ada hanyalah belajar mensiasati pekerjaan & menyeimbangkannya. Kenapa yang disiasati hanya pekerjaan?
Karena bagi saya keluarga adalah hal yang utama, jadi keluarga ngga mau saya siasati... Hehehehe

Sebelum punya Raya, saya suka lembur sampe jam 12 malem, apalagi kalau nyiapin workshop or meeting, wuiiih bisa kayak cleaning service, dateng paling pagi, pulang paling malem. Pas saya hamil, saya langsung switch prioritas saya 

Kebetulan dikantor, sangat menggalakan work/life balance, jadi tiap staff punya hak untuk libur 1 hari dalam 2 minggu kalau terus-terusan kerja lebih dari 8 jam. Sebelum hamil, fasilitas itu boro-boro saya lirik, males.. Ngapain juga libur dirumah sendirian, secara suami kerja, pulang malem pula... Tapi waktu saya hamil, langsung saya request fasilitas tersebut ke bos, dan saya pun bilang sama bos bahwa saya ngga mau lembur-lembur lagi, secara saya udah hamil & nunggunya lama. Untung bosnya ngerti, jadi aman deh :)

Menyiasati kerjaan yang berjibun, saya selalu datang lebih pagi ke kantor. Jam 6.30 dah nyampe sama Raya hehehe, biasanya Raya saya taro di stroller dulu or saya gendong sambil buka-buka email & ngecek apakah ada kerjaan/request penting yang bisa saya kerjakan dahulu. Setelah itu Jam 7.15 or 7.30 saya anter Raya ke Daycarenya, jalan kaki dari BEJ - Energy bld  biar Raya ngga kena AC mulu :) Sekalian jemur Raya dikit-dikit. Biasanya Raya suka bobo pas jalan menuju daycare, jadi mayan lah sekalian nina boboin Raya. Setelah itu balik kantor & kerja rodi seperti biasa. Jam 12 saya ngacir lagi ke daycare buat nyusuin Raya.
Jadi kapan makan siangnya? Saya makan dimeja sambil kerja sebelum atau sesudah nengokin Raya, masalah makan mah gampang diatur laaah. Abis nyusuin balik kantor lagi, jam 4 saya jemput Raya & balik ke kantor sambil ngecek apakah ada kerjaan lain. Jam 5 teng pulang deeeh. 

Ngga cape? Ya cape laaaah hehehehe. Tapi itu kan resiko yang saya harus ambil, karena nitipin Raya di daycare & ngga punya suster. 

Setelah Senin - Jumat kerja, Sabtu - Minggu betul-betul saya khususkan untuk keluarga. Jalan-jalan pagi sama Raya & suami adalah agenda terpenting buat saya, termasuk masak buat suami. Sebetulnya saya seneng banget masak & bikin kue, dulu sih setiap lebaran saya pasti bikin kue ngga pernah beli, sekarang mah ngga sempet euuy hihihihihi, ntar aja deh kalau Raya dah agak gede, sekalian belajar bikin kue bareng.

Selain itu saya & suami selalu meluangkan waktu untuk berlibur setahun 2 atau 1 kali, ngga usah jauh-jauh, didalam negeri aja, kalau mau ke luar yang deket-deket aja deh. Lumayan buat ngerecharge tenaga & pikiran setelah mumet ngurusin kerjaan mulu.

Kadang, work/life balance ini suka keteteran juga, tapi saya berusaha menyeimbangkannya, tapi yang penting sih saya lebih suka berat ke keluarga daripada ke kerjaan. Meski keluarga harus mengalah, diusahain ngalahnya dikiiiit aja hehehehe.

Is not easy being a working mom, but I know I can do it with support from my family :)



CONVERSATION

3 comments:

  1. wah semangat mba :) good job! kalo untuk urusan nutrisi mba sendiri pas menyusui gmn? soalnya kan harus teratur gizinya, ngeliat raya yang sehat chubby saya jadi penasaran mama nya makan apa sampe ASI nya oke banget ampe sering dkira minum sufor. hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiiiy... aduh jadi malu hahahaha
      Urusan nutrisi keteteran juga kalau ngga dibantu suami, biasanya aku request ini itu buat suami, beliau yang beliin... Aku mah pemakan segala, pesen dari Ibu aku, yang penting kalau lagi nyusuin itu jangan melewatkan makan & harus happy terus biar ASI nya banyak :D

      Delete
  2. jadi lbh sering beli ya mba daripada masak? soalnya repot ya kalo nyari jajanan sayur yang enak..

    ReplyDelete

Back
to top