10 Tips (Ala Saya) Agar Terhindar Scam di Hanoi - Vietnam

Ini sebenernya latepost banget dan udah ngendon di darft selama setahun hahahaha, tapi menurut saya masih bermanfaat untuk diposting untuk berbagi info buat yang berniat jalan-jalan ke Hanoi.

Sebelum saya berangkat ke Hanoi - Vietnam, saya banyak googling mengenai kota tersebut, dan ternyata Vietnam adalah negara yang lumayan banyak penipuannya. Dari urusan taksi, hotel, belanja, paket jalan-jalan, travel agent, tukar mata uang dan lain lain.

Setelah punya pengalaman buruk di Beijing dan dapat uang palsu (baca: Autumn in Beijing), perjalanan ke Vietnam saya persiapkan betul-betul agar tidak kena lagi penipuan dan kejadian uang palsu di Beijing terulang kembali. Alhamdulillah berbekal banyak googling tentang cara menghindari penipuan di Vietnam, selama di Hanoi kemarin, perjalanan kami aman sentosa tanpa drama-drama penipuan seperti cerita-cerita yang pernah saya baca. 

Dari pengalaman kemarin, sekarang saya ingin berbagi tips agar terhindar dari penipuan di Vietnam (atau di negara-negara lain). semoga info yang saya berikan bisa berguna dan bisa meminimalisir drama penipuan ketika jalan-jalan. 

1. Persiapkan perjalanan dengan banyak membandingkan harga-harga dan menyiapkan info/data mengenai tempat yang akan dikunjungi sehinga terhindar dari penipuan

2. Setelah mendapatkan perbandingan harga, persiapan semua urusan hotel, paket tour (contohnya tour Ha Long Bay), urusan penjemputan di airport dari Indonesia
Pengalaman saya mengurus semua dan memastikan semuanya beres dari Jakarta membuat saya terhindar dari penipuan taksi di airport. Apalagi urusan tour ke Ha Long Bay, mending semua sudah dikomunikasikan jauh-jauh hari dan pastikan cara pembayaran aman dan kalau saya sih setengah harga paket tour Ha Long Bay dibayar dimuka dan sisanya dibayar tunai setelah perjalanan selesai.    

3. Tidak menggunakan kartu kredit untuk pembayaran selama di Vietnam 
Saya membawa uang cash berbentuk USD selama perjalanan dan tidak menggunakan kartu kredit karena khawatir disalahgunakan. Pokoknya usahakan menggunakan uang cash dan apabila memang perlu menggunakan kartu kredit pastikan semua traksaksi terlihat dan disaksikan oleh kita. 

4. Menukarkan uang di hotel tempat menginap atau bank terpercaya
Saya tidak menukarkan Dong di Indonesia, karena pengalaman terman saya lebih baik menukarkan Dong di Hanoi dan rate di hotel ternyata lebih bagus daripada rate di bandara. Pastikan mendapatkan tanda terima dan rate yang pasti ketika menukarkan uang, dan meskipun USD diterima untuk pembayaran di Hanoi, tapi lebih baik menukarkan ke Dong karena jatuhnya jadi lebih murah.
Ternyata exchange rate di Hanoi justru lebih bagus ketika saya menukarkan uang di hotel 
4. Memisahkan tas berisi passport, dan bagi uang yang dibawa dalam beberapa kantong.
Ini penting karena passport adalah segalanya ketika bepergian ke luar negeri. Uang yang saya bawa sengaja tidak disatukan dalam satu kantong, kalau ada apa-apa ngga semua uang hilang, dan biasanya saya mempersiapkan  uang kecil di kantong, jadi ketika belanja ngga keliatan punya uang gede-gede segepok (padahal bawa uangnya ngga segepok juga sih hihihi). 

5. Jika harus memakai taksi usahakan menggunakan uber atau taksi dari hotel. 
Iyap, di Hanoi juga ada Uber, jadi lebih aman menggunakan layanan tersebut, dan harga taksi sudah diketahui sebelumnya, meskipun begitu teman saya tetap kena tipu dan diajak muter-muter sama Uber ini, untungnya karena ada GPS bisa protes dan teman saya tetap membayar sesuai harga yang tertera di aplikasi. 
Ada beberapa kasus penipuan yang terjadi karena hotel bekerjasama dengan supir taksi, makanya dari awal harus dipastikan mendapatkan hotel yang terpercaya, biasanya saya hanya memesan hotel di online travel yang memiliki rating bagus dan terjamin keamanannya. 

6. Membawa kalkulator kemana-mana 
Buat apa kalkulator? Karena kalau lagi belanja dan penjualnya ngga terlalu jelas ngasih tau harga, saya langsung menulis harganya di kalkulator & memberikan tulisan tersebut kepada si penjual. Biasanya penipuan terjadi ketika sudah deal, ternyata harga yang mereka minta lebih mahal dari yang awal, nah kalkulator ini sebagai perantara agar tidak terjadi salah harga dan nyesek kalau harus bayar lebih mahal. 

7. Makan di restoran yang memang sudah tertera harganya 
Saya ngga pernah penasaran sama restoran yang ngga berharga hahahha, maksudnya yang ngga mencantumkan harga di menu gitu... Lagian restoran yang enak dan murah dengan mencantumkan harga di Hanoi banyak kok, ngga perlu penasaran sama restoran-restoran kecil tanpa harga di Old Quarter yang penuh sama bule-bule. Lagian saya mah yang penting  halal, jadi kalau enak & ngga mengandung babi tapi rada mahal dibanding yang lainnya, ya ngga masalah
Ngga usah penasaran beli makanan di perahu ini, karena suka lebih mahal dan expired datenya dipertanyakan
8. Ngga perlu penasaran naik becak di Vietnam 
Naik becak di Vietnam ini sarat penipuan, banyak cerita yang saya temukan di internet tentang penipuan berkedok tukang becak ini hihihi. Jadi saya mah ngga penasaran naek becak di Vietnam, toh di Bandung saya masih bisa naek becak dengan aman hihihi, mending jalan kaki sambil menikmati suasana kota Hanoi, daripada naek becak abis itu ditipu, ogah deeeh 

9. Waspada dimanapun kapanpun.
Kejahatan terjadi karena ada kesempatan, maka waspadalah, waspadalah.. #macambangnapi. Jangan pernah lengah, apalagi kayak saya yang bawa anak kecil. Kalau ada orang yang mencurigakan dan belagak mau nolong, cukup disenyumin aja. Makanya penting untuk mengecek dulu tempat yang akan kita datangi jadi lebih siap dan ngga keliatan planga-plongo bikin orang pengen nipu. 

10. Berdoa
Ini sebenernya paling penting, jangan lupa berdoa disetiap kesempatan ketika jalan-jalan, karena Allah lah pemilik seluruh alam dan semua yang terjadi pasti atas izinnya. Jadi, jangan lupa berdoa 😊 

Alhamdulillah selama di Hanoi saya selamat ngga kena scam, tapi ada beberapa teman-teman yang bareng kesana kena scam karena naik becak & taksi. Semoga infonya bermanfaat yaaa, pokoknya persiapkan semua sebelum berangkat, karena saya sering bepergian dengan keluarga, jadi saya ngga mau coba-coba nyari yang ngga jelas, semua harus jelas dari awal agar terhindar dari bahaya & scam.

Kalau ada yang punya pengalaman tentang menghindari scam ketika jalan-jalan keluar negeri, boleh juga lho berbagi di kolom komen, yuks ditunggu 😉😉

Baca juga tulisan saya yang berhubungan dengan Vietnam disini ya:
Hilton Hanoi Opera Hotel Review
Orang Indonesia Tidak Perlu Visa ke Vietnam
Ha Long Bay Cruise Itinerary: 2 Days, 1 Night
Ha Long Bay Cruise, Galaxy Premium Review

CONVERSATION

18 comments:

  1. Mbaaa, penasaran tuh cerita penipuan berkedok becak tuh giman aya? Blum sempat browsing sih. Lagian tuh emang asik jalan kaki keliling Hanoi. Pengen ke Hanoi tapi belum terwujud mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi biasanya mereka nanti muter-muterin mana2 ngga jelas udah gitu harganya pas tiba ditujuan lebih mahal berkali2 lipat gitu, mana mereka kan ngga bisa bahasa inggris kan. Hanoi enak & murah mba, asal hati2 pasti liburannya nyaman & bebas dari scam deh :D

      Delete
  2. Wah infonya bermanfaat banget, semoga bisa liburan kesana aamiin😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin sandra, semoga dikabulkan sama Allah ya :)

      Delete
  3. Aq gak pernah bawa kalkkulator mbak, paling pake hp aja kalo mo tawar menawar, aman gak sih mbak kalo pake hp transaksi tawar menawarnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. amaaan hahahaha ngga papa pake kalkulator HP yg penting dia tau nolnya berapa, karena suka salah2 gitu :D

      Delete
  4. Hastagaaaaah, poin no 8 seperti mengorek luka lama wkwkwkwkwk... Ntah apa g ada dipikiranku pas naik becak di HCMC. Kayak di indonesia ga ada becak aja hahahaha.. Jadi ketipu kaaan. Tapi pas aku ke vietnam itu, blm srg traveling San. Itu baru awal2 aku jatuh cinta ama traveling. Jd maklum aja, masih menganggab semua manusia di bumi itu pasti baik dan berhati malaikat, ga mau suuzhon hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahahahahha ciyus fan, waktu aku tulis poin no.8 inget kamu :D ngga papa mayan buat pengalamaaan hihihi
      Aku dah diwanti2 banget sama temen2 ngga usah deh pengen2nya naek becak di Hanoi, karena bawa anak2 takut ketipu jadi bhay, udah macam tuktuk di Bangkok kan, tempatnya scam itu mah :D

      Delete
  5. Waaah Vietnam emang rawan ya. Jadi ingat kejadian adik iparku yang kecopetan disana beberapa tahun lalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mba, sebenernya disemua tempat harus hati2 ya.. tapi tempat2 tertentu emang harus extra hati2nya karena rawan scam :)

      Delete
  6. Tipsnya bermanfaat banget nih, Semoga suatu hari bisa susulin kesana yaa..Amiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga terlaksana bisa jalan2 ke sana ya :)

      Delete
  7. Ya ampun, baru banget tahu kalau di negara tersebut banyak scam... Sharingnya bermanfaat banget nih mbak... sebagai pelajaran kaum polos seperti aku..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, sebelum pergi2 kemanapun emang baiknya hati2 dan selalu waspada kan :D

      Delete
  8. Ya Allah mba banyak banget informasi di tulisannya ini. Saya belum pernah ke keluar negeri, tapi buat orang-orang yang mau ke sana perlu tahu nih tips-tips yang mba sarankan di atas

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mba, semoga tulisannya membantu yg baru pertama kali kesana ya :)

      Delete
  9. Ga jauh beda ama Thai ya. Tapi Thailand kebanyakan di sekitar grand palace aja tipu2 becak yang dibawa ke tempat souvenir ala2 itu. Kebetulan wajah asia gini bisa lempeng sok2an kayak warga lokal jadi nggak ditawarin apa2. Pengen ke Ha Long Bay kapan2 dan info ini bermanfaat banget buat aku :D

    ReplyDelete
  10. Penting banget info kaya gini. Serem kan kalo di bukan di negara sendiri mpe kena scam. Apalagi kl ga ada yh bs dimintain tolong. Thanks sharingnya mba

    ReplyDelete

Back
to top