Review Pure Baby Laundry Liquid

Berasa ngga sih ketika punya anak, kita jadi tambah hati-hati dalam memilih dan menyikapi segala sesuatu yang berhubungan dengan anak, berasa ngga? Apalagi macam saya yang nunggu punya anak lumayan lama, waktu memilih barang dan keperluan bayi semua harus diteliti dengan seksama dan dalam tempo sangat tidak singkat alias lama. Browsing sana-sini, tanya teman, keluarga, baca petunjuk para Ibu-Ibu di komunitas, dan lain lain, pokoknya rempong jaya. 

Apalagi kalau berhubungan sama kulit bayi, semua pasti tau kalau kulit bayi itu sensitif banget, bahan-bahan kimia tentu saja big no no buat bayi, dan saat ini banyak banget produk bayi dijual dipasaran yang sangat peduli dengan urusan kulit bayi yang bikin Ibu (agak) muda seperti saya ini bingung.  

Sekarang ini saya mau ngomongin masalah sabun pencuci baju bayi, yang menurut saya penting diketahui bagi para Ibu yang punya bayi apalagi anak pertama, secara kalau anak pertama tingkat kegalauannya lebih tinggi dibanding kalau udah punya anak kedua atau seterusnya (ini mah pengalaman saya aja sih hehehehe). 

Yang saya tau, salah satu faktor yang membuat kulit bayi sensitif dan bermasalah adalah sabun pencuci pakaian. Detergen dan kandungan kimia yang ada seringnya memicu ruam pada kuliat bayi yang lebih sensitif dibanding kulit orang dewasa. Jadi pemilihan sabun pencuci baju bayi itu penting banget Buibu, dan dari yang saya baca untuk para bayi unyu-unyu disarankan untuk memilih sabun pencuci berbentuk cair dibanding yang berbentuk butiran dan sabun pencuci yang tidak mengandung detergent atau Sodium Laurly Sulfate dan pengharum sintetis.

Saya sempat mencoba-coba beberapa merek pencuci baju bayi, dan saat ini sedang mencoba Purebaby laundry liquid tapi langsung jadi sabun andalan untuk mencuci baju Shasha. Mari kita jabarkan satu-satu kenapa produk ini jadi andalan saya ya. 

Sebagai reambule atau pendahuluan, mari kita bicarakan kandungan yang terdapat dalam Purebaby Laundry Liquid. Jadi, Purebaby laundry liquid ini mengandung Aloe Vera untuk melembutkan baju bayi sehingga aman untuk kulit bayi yang sensitif dan Hypoallergenic. Juga Mengandung N-Alkylaminopropyl Glycine sebagai anti Mikroba (anti jamur dan anti bakteri).   

Meskipun produk ini merupakan bahan pencuci pakaian tapi Purebaby Laundry Liquid tidak mengandung bahan Detergen SLS (sodium laurly sulfate) dengan formulasi MILD & tidak mengandung bahan-bahan kimia. 
Sodium laureth sulfate atau sodium lauryl ether sulfate (SLES), adalah deterjen dan surfaktan yang biasa ditemui di tempat-tempat yang menjual produk perawatan tubuh, seperti sabun, shampo, pasta gigi, dll. SLS mudah ditemukan di toko kimia dengan harga yang relatif murah. SLES efektif sebagai unsur pembuat busa - Wikipedia. 
SLS berbahaya untuk kesehatan terutama bayi bayi yang kulitnya masih sensitif karena dapat menyebabkan iritasi mata, sariawan dan beberapa masalah kulit seperti dermatitis yang pastinya bikin bayi ngga nyaman. 

Ketika saya mencoba produk ini, teksturnya terasa lebih cair, trus karena ngga mengandung SLS jadi waktu nyuci busanya dikit, mudah banget dibilas jadi busanya cepat hilang. Karena busanya cepet ilang, jadi HEMAT AIR! Sebagai Ibu-Ibu ini penting banget hahahahah jadi perlu dihighlight dan capslock 😆.Waktu ada beberapa pakaian Shasha yang terkena pup, saya olesin produk ini,  nodanya cepat hilang & lebih mudah dibersihkan dibanding dengan sabun pencuci yang pernah saya gunakan sebelumnya. 

Kandungan Aloe Vera pada produk ini membuat baju-baju dedek lebih lembut dan saya ngga perlu lagi memakaikan produk pelembuk pakaian, irit lagiii hahaha #emakiritsamapelitbedatipis. Wanginya juga lembut dan tidak menyengat jadi lebih enak kalau nyiumim Dedek hihihi 😀

Setelah dicuci, kalau baju bayi biasanya ngga pernah saya langsung jemur diterik matahari bair ngga bladus hahaha, nah karena Purebaby ini juga mengandung anti jamur & bakteri sehingga tidak bau apek meskipun dijemur di dalam ruangan. Jadi bebas jamur, bebas bakteri, baju dedek wangi & lembut anet.  


Setelah pemakaian produk ini kelebihan yang saya rasakan adalah: 
  • Tanpa SLS bebas alergi dan ruam pada bayi 
  • Tidak mengandung bahan kimia berbahaya bagi kesehatan 
  • Tidak menggunakan bahan yang menyebabkan alergi 
  • Kandungan aloe veranya memberikan kelembutan pada baju bayi, jadi ngga perlu lagi memakai pelembut 
  • Karena mengantung anti jamur & anti bakteri ngga masalah kalau dijemur di dalam ruangan (apalagi kalau lagi musim hujan) 
  • Ramah lingkungan karena tidak mengandung SLS yang sulit terurai di air 

Kekurangan: 
Sejauh ini belum saya temukan kekurangannya. 

Purebaby laundry liquid ini tersedia dalam kemasan 900ml, 700ml & 450ml dan bisa ditemukan diberbagai toko offline atau online.  

Untuk harga, menurut saya produk ini bisa bersaing dan lebih ekonomis dibandingkan beberapa produk pencuci baju bayi. Apakah saya mau repurchase? Pastinya sih mau, karena produk ini aman buat Shasha. 

Ada yang pernah nyobain produk ini atau produk pencuci baju bayi yang lain? Bolehlah kita sharing biar bertambah referensi saya untuk urusan cuci-mencuci baju bayi ini 😘


CONVERSATION

25 comments:

  1. Aku sering liat produk pure baby ini, tapi belom pernah nyoba beli Mi.

    Mungkin kalo stok detergen bayik abis, aku coba ini juga kali yak �� seneng gitu baca gak perlu bilas banyak, secara pegel bgt meresnya.

    (Masih ada bbrp detergen beda merk belom dibuka, hiks)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya cin, coba deh menurut aku sih nyucinya lebih enteng meskipun kusuka sabun cuci dengan busa berlimpah hahahah tapi ternyata ngga bagus buat bayi :D

      Delete
  2. Aku pakai Sleek, Mba. Tapi lagi pengen ganti sih, soalnya kok ngerasa wanginya gak tahan lama. Aku mau coba ini ah,hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah pake sleek, dan yg lain2 (lupa namanya), nyobain ini karena harganya lbh murah hahahah eh ternyata wanginya mayan tahan lama meskipun busanya dikit pas nyium wanginya tetep ada :D

      Delete
  3. Di toko offline dimna adanya mba? Disini susah bgt nyri produk detergen bayi merk apapun. Huhu

    ReplyDelete
  4. Seneng deh ada detergen khusus utk pakaian bayi gini. Wktu si ken dlu aku kebingungan nyari detergen buat bersihin baju2 si ken. Soalnya kulitnya sensitif bgd waktu itu. Btw makasih reviewnya ya mbk. Catet ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-samaaa semoga berguna ya, emang dulu detergen khusus bayi masih jarang,sekarang banyak mereknya jd bisa milih mana yg sesuai :)

      Delete
  5. Bajunya Alif n Nayla juga tak pisah sama baju dewasa. Deterjennya pake yang khusus bayi juga, parno aja takut kulitnya kenapa-kenapa. Lebih baik mencegah kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tul anet! lagian kasian kl anak2 kulitnya kenapa2 daripada ribet mending prepare dari awal :)

      Delete
  6. Aku kmrn beli di pameran tapi lupa merk apa entar aku compare dulu deh sama liatin kandungan bahan kimia dan bebas sls ngga. telat sih baru baca pas udha beli :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah biasa itu niii, aku jg dulu gitu.. tapi kalau bayinya punya kecenderungan alergi, mending nyari sabun cuci & hypoalergenic & bebas sls :D

      Delete
  7. Waah ada sabun detergen khusus baby ya ternyata? Kapan-kapan aku juga mau coba ah. Nggak mengandung SLS jadi aman buat bayi ya Mbak.

    ReplyDelete
  8. Pure baby ini aku cuma pake krim ruamnya. . Kmrn2 ga liat kalo ada liquid detergennya juga. Kalo utk cuci baju bayi, slama ini aku pake sleek san. Untungnya sih cocok2 aja ama anak2 .tp aku ga saklek ama detergen anak2.. Pokoknya cari mana yg lg promo aja hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. naini sama ma aku hahahaha kemaren beli si purebaby karena lbh murah dibanding yg lain uga, eh ternyata kandungan bahannya lebih bagus jadi repurchase lah :D

      Delete
  9. Waah sama mamih, aku juga baru nyobain si Pure Baby ini.......nanti aku juga sharing ah di blog. So Far aku suka karena ga mengandung bahan kimia sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, secara buat bayi2 ucuk kayak shanum kasian kan kl kulitnya terpapar bahan kimia :D

      Delete
  10. Wuih ternyata jadi mommy kudu bener2 jeli ya, apalagi buat baby yg masih gampang banget kena ini itu.

    Pernah coba ini (wlw blm berbaby) karena lagi promo dan tante punya anak kicik, wanginya enak dan yes busanya lbh cepat hilang. Wah manfaat banget dah temenan sama momblogger jadi banyak ilmu baroe.

    ReplyDelete
  11. Klo produk yang buat nyuci baju ini...malah baru tahu aku mba. Maklum...punya bayinya dah 5 tahun yang lalu���� pernah pke pure baby, untuk yang buat mencegah ruam popok itu...

    ReplyDelete
  12. Yapp bener banget, kulit babi sangat sensitif, jadi bunda sama ayah harus dan kudunya harus hati hehe

    ReplyDelete
  13. Aku baru pernah nyobain sabun sama tissue basahnya, so far suka sih. Keknya ini masuk shortlist belanjaan kalo punya anak kedua, hahaha. *anaknya belom, list belanjaannya udah, hahaha*

    ReplyDelete
  14. Wah aku baru tau deterjen khusus bayiik. Bisa jadi ide nih buat ngadoin temen yg lahiran:D
    Thaaanks infonya mamih

    ReplyDelete

Back
to top