How to Make your Own Bread

Iyak, sesi masak dimulai
Bermula dari kangen baking & bikin kue, saya nyoba bikin roti buat sarapan #gaya
Resepnya simple & gampang banget, cuma butuh kesabaran & kasih sayang aja nungguin adonannya gembang beberapa kali.

Enough talking, start writing the recipe:
350gr tepung terigu high protein (cakra kembar atau yg lainnya) atau tepunggandum
2 sdt fresh ragi (saya pake fermipan)
2sdt garam (optional)
280ml air putih suhu ruangan

Cara pembuatan:
Campur semua bahan diatas pake tangan, aduk sampai rata sambil diulenin kira-kira 10 menit

Simpan adonan dimangkok yang sudah dilumuri minyak, tutup pake lap bersih, biarkan 1 jam atau sampai adonan mengembang 2x ukuran awal.

Setelah mengembang, pukul2 adonan pake jari & uleni lagi sekitar 2 menit. Tutup, lalu diamkan 1 jam atau sampai adonan mengembang 2x lipat.

Ambil adonan yg telah mengembang, bagi & bentuk sesuai keinginan & bisa ditambah kacang, kismis, buah kering,  sambil diulenin lagi kurleb 2 menit, tutup & diamkan lagi 1 jam.
Roti saya ditambahkan kacang pistachio... Nooom nooom...
Setelah adonan mengembang, panggang di oven yang telah dipanaskan 180 derajat celcius selama kurang lebih 30-40menit.

Karena saya pake oven tangkring, saya sering-sering cek & puter loyangnya biar roti kepanggang merata.

Hasil akhir roti buatan saya :D

Rotinya garing diluar, tapi lembut banget didalam... Dan yang penting, suami & Raya sukaaaa.


Happy coustomer :D makan roti sambil jalan-jalan pagi hari Sabtu.

Selamat mencoba.



CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top