Working Mom - When Love & Hate Colide



Duluuu ya, dulu nih... Waktu awal nikah, sebenernya saya ngga mau kerja kalau punya anak. Malah pas nikah resign dari kerjaan sengaja biar bisa ngurus suami & anak.

Tapi apa daya baru dikasih kepercayaan punya anak 6 tahun setelah nikah & ternyata baru 6 bulan ngga kerja saya mati gaya di rumah, akhirnya saya pun memutuskan bekerja lagi.

Kembali ke masa kini, setelah punya Raya, saya tetap bekerja dan belum ada masalah sampai akhir bulan kemarin karena Raya sakit :(
Batpilnya belum sembuh & kemarin sempat muntah lagi di day care.
Kalau kayak gitu rasanya saya pengeeeen banget tinggal di rumah ngurusin Raya aja, padahal minggu kemarin udah sengaja cuti 3 hari ngurusin Raya biar agak enakan dulu badannya.

Apa daya setelah cuti dari hari Selasa - Kamis (untung Jumat libur) hari Senin saya musti masuk kerja lagi, kerjaan dah numpuk & kasian sama teman yang backup. Ngeliat Raya nangis pas ditinggal di daycare itu bener-bener bikin hati kesilet-silet #nggalebaytapikenyataan, and at that time I hate being a working mom :(

Sebenernya ngga ada paksaan dari suami kalau saya mau berhenti kerja atau tetap kerja. Lalu apa alasan saya tetap kerja untuk saat ini?

  1. Sedikit membantu keuangan keluarga. Bukan sebagai pemasok utama (itu sih Abahnya Raya) tapi bantu-bantu aja, buat pengeluaran hura-hura, blanja-blanji, liburan, dll. Jadi Abahnya Raya ngga terlalu terbebani dengan kegilaan shopping & keinginan libur saya :D
  2. Untuk update pengetahuan. Ketika saya ngga kerja, saya asli berasa bolot. Dulu masih ngontrak & belum langganan tv kabel, tiap hari di tv isinya gosip, berita serem & sinetron sampah, asli berasa bolot & ngga tau dunia deh. 
  3. Untuk bersosialisasi. Pada dasarnya saya itu orangnya pendiam & cenderung introvert kalau ketemu orang baru, dengan bekerja otomatis saya bisa menghilangkan sifat ini sedikit-sedikit. Karena ngga mungkin dong saya diem & ngga aktif kalau ketemu sama counterpart :D
  4. Jaga-jaga apabila sesuatu terjadi sama Abahnya Raya *ketokmeja*. Bercermin dari pengalaman Mami saya, beliau menyarankan agar anak-anak perempuannya ini bisa tetap bekerja setelah menikah, karena bisa saja sesuatu terjadi, hal terburuk adalah ketika suami meninggalkan kita lebih dulu *ketokmeja* karena umur siapa yang tau? Kalau kita sebagai istri ngga ada sampingan atau pekerjaan gimana nantinya? Meskipun rejeki sudah diatur Allah tapi persiapan prefentif lebih baik bukan? *goodpoint*
Ada sih beberapa alasan lain, tapi menurut saya 4 diatas sudah cukup mewakili.

Meskipun kadang-kadang rasanya iri dengki kalau liat Ibu2 ngga kerja bisa ngemall tiap hari, blanja-blanji & kongkow sama temen-temennya. Hey, tapi.. itu kan pemikiran saya aja, seperti biasa rumput tetangga lebih hijau dari punya sendiri. Jadi belum tentu kan Ibu2 itu hepi-hepi terus *nasehatindirisendiri.

Semoga kalau udah agak gedean, Raya bisa ngerti kalau saya musti tetep kerja... Kalau dia minta saya ngga kerja.. Hmmm.. rasanya kan jleb jleb juga... glegh..

Sekarang sih, kalau ada apa-apa sama Raya saya usahakan cuti kantor, bela-belain deeeeh... Biarin cutinya abis, yang penting Raya hepiiii...

Cepet sembuh ya naaak, mami sedih niiih kalau Raya sakit, ga tenang ngantornya.. :'(
 

CONVERSATION

3 comments:

  1. i feel u mak san.. aku juga pernah gak kerja 3 bulan dan gak enak banget rasanya ngandelin gaji suami.. apalagi aku juga gak pinter masak dan berbenah, terus kalo dirumah aku bawaannya tambah kucel (sekarang juga jarang dandan sih, tapi at least kan baju bagusan daripada dasteran doang)... akhir2 ini aku sering banget berpikir mau resign tapi gak berani, apalagi kalo mikir point no 4 kamu... bekerja keeps me sane dan punya me time juga.. aihhh dilema ibu2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos bonbon, emang dilema banget ya booon... antara kebutuhan & kenyataan suka ngga sejalan #sebel
      dan heloooow, gue udah dibilang ngga modis sama si abah niiih XD XD #pecutabah!!

      Delete
  2. Saya ada di posisi demikian juga, anak pertama sekarang sudah 15 tahun, anak kedua baru 6 bulan. Saya pun menomorsatukan anak, jika anak sakit saya bela-belain cuti demi anak. Alhamdulillah sejak lahir anak kedua malah dikasih dispensasi masuk kerja jam 9:30, konsekuensinya ya pulang lebih sore dibanding teman-teman yang lain.

    ReplyDelete

Back
to top