Konsisten Meberikan ASI Itu (Tidak) Mudah!

Kalau ada yg bilang menuyusui ASI itu mudah, saya acungkan jempol 4 (jempol kaki dimasukin) buat ibu hebat tesebut, salut!

Ketakutan pertama saya waktu hamil adalah: takut ASI nya sedikit dan ngga bisa menyusui baby bala-bala.

Ternyata alhamdulillah, saya diberikan ASI yang berlimpah ruah sampe Raya selalu keselek pas nyusu karena ASI yang terlalu deras. Persiapan masuk kantor pun lancar karena kulkas penuh dengan ASIP meskipun saya hanya mompa 1x sehari saja.

Tadinya udah ongkang-ongkang kaki aja liat kulkas penuh & rasanya ASIP akan bisa saya berikan sampai Raya 6 bulan, bahkan 2tahun. Meskipun saya ngga sampai mendonorkan ASI (yang tadinya mau dilakukan), saya PeDe aja stok ASI bakalan cukup. 

Apakah keadaan ini berlangsung lama? Tentu tidaaaaaaaaaak :D

Stok ASI mulai menipis karena mulai masuk kerja, karena sering ninggalin makan, kurang minum & jarang mompa, saya ngerasain ASI yang keluar tingal dikit. Nah lhoooo!
Padahal sekali mompa dulu bisa sampe 200ml, pas kerja dapet 90 aja udah alhamdulillah.

Dari situ saya sadar, konsisten memberikan ASI pada bayi untuk Ibu bekerja itu tidak mudah. Meskipun ada beberapa Ibu yang diberikan kemudahan tetep punya banyak stok ASI saat bekerja, tapi ternyata banyaknya sih pada berkurang stok ASInya.

Karena melihat persediaan ASIP di kulkas semakin sedikit, saya pun berkomitmen untuk meningkatkan kuantitas mempompa di kantor. Sering ilang-ilang dari meja ngga peduli deh, ntar bilang aja lagi mompa. Trus saya juga ngga mau melewatkan lagi makan, yang penting makan pagi & siang + buah-buahan & menyediakan cemilan kalau memang bakalan telat makan. Selain itu saya juga mengkonsumsi (lagi) suplemen ASI - milmor - dulu sempet dikasih sama dr. Taufik, tapi ngga dipake karena kepenuhan. Untungnya masih ada jadi mulai saya konsumsi lagi.

Apakah ASI nya berhasil meningkat? Alhamdulillah iya :)
dari 90 naik ke 120, setelah itu 150, dan terakhir setiap mompa bisa mencapai 250ml x3 sehari. Jadi sekarang, setiap PD terasa kencang & Raya udah ngga mau nyusu, saya langsung mompa. Ngga mau lagi deh kejadian stok ASI di kulkas menipis. Alhamdulillah sekarang stok ASI mulai bertambah lagi.

Jadi, konsisten menyusui itu memang tidak mudah saudara-saudara. Harus ada usaha & keinginan untuk itu. Tapi kalau udah usaha tetep ngga ada hasil ya gimana ya... Yang penting kan kita udah coba memberikan yang terbaik. No judgement on this matter, cause no one needs to be judge.

Oh iya, jangan lupa positive thinking... Selalu berpikir bahwa saya bisa memberikan ASI sampai 2thn untuk Raya cukup membantu juga.

Peluk sayang untuk semua Moms yang berusaha meningkatkan stok ASI demi bayinya saat bekerja, you're not alone! Semoga semangat terus & ASInya ada terus :)

My baby-doll, doain Mami bisa kasih ASI sampai raya umur 2thn ya
Love u :-*


CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top