Tuesday, October 31, 2017

Rekomendasi Keindahan Wisata & Budaya yang Tersembunyi di Jakarta

Sebagai kaum urban yang menetap dan mencari rejeki di Jakarta, kadang saya suka bingung mencari tempat wisata atau pusat kebudayaan di Jakarta. Emang sih, wisata mall di Jakarta itu udah lengkap banget, semua ada atau istilahnya one stop shopping, tapi kadang kan bosen juga. Pengennya bisa Go Explore and Go Experience ke tempat-tempat yang mempunyai hal/aktivitas unik beda dari yang lain dan belum banyak diketahui oleh  masyarakat, baik penduduk lokal maupun luar Jakarta. 

Apalagi kalau ada aktivitas luar yang dapat memperlihatkan keindahan kota Jakarta, sambil menghirup udara segar plus pliket keringetan karena panasnya cuaca hihihihi. Sebetulnya banyak info mengenai tempat-tempat unik dan keindahan tersembunyi di Jakarta, asal rajin nyari aja, dan ketika mencari-cari tempat alternatif untuk explore Jakarta, perhatian saya nyangkut sama video Go Explore, Go Experience dari Truvel ID dibawah ini, cus liat dulu videonya...  

Saya jadi terinspirasi, karena ngga pernah datang ke museum-museum di Jakarta, ternyata di museum batik saya bisa juga belajar batik (kemana aja Sandraaaa).

Jadi kali ini saya ingin menulis tentang tempat-tempat yang saya rekomendasikan tempat-tempat unik yang tersebunyi di Jakarta. Tulisannya agak panjang, jadi jangan bosen ya hihihihi. Semoga bisa menjadi rujukan kalau mau cari alternatif tempat wisata & budaya di Jakarta.

1. Tempat Barang-Barang Antik - Jalan Surabaya
Daaaan ini yang paling penting, karena nonton video ini saya terinspirasi ke jalan Surabaya dan mencari batik antik yang susah dicari di toko-toko biasa. Sumpah saya kaget, saya bisa dapat batik lawasan 3 negeri dan beberapa batik lawasan dan bisa saya beli dengan harga murah dibanding kalau saya beli di online shop
Batik 3 Negeri & Lasem Pekalongan yang saya dapatkan di Jl. Surabaya

Batik Lasem Bledak Cabe yang lumayan langka saya sapat di Jl. Surabaya dengan harga miring :D 
Jalan Surabaya adalah tempat wisata yang tepat untuk para penggemar barang antik. Kalau memang beruntung, pasti akan mendapatkan barang yang diinginkan seperti saya. Banyak pilihan toko yang menjual barang antik. Tapi hati-hati dengan tertipu dengan barang yang tidak sepenuhnya antik dan harga yang ditawarkan, harus tahu dulu harga dan barang aslinya seperti apa sehingga terbebas dari penipuan :)

2. Kota Tua, dan Cafe Batavia
Museum Fatahillah, hari Minggu banyak banget yang datang kesini
Selain Monas, kawasan kolonial Belanda Kota Tua adalah satu-satunya objek wisata belum pernah saya kunjungi. Akhirnya saya berhasil mengajak Abah & Raya kesana sambil menikmati car free day hari Minggu, dengan menggunakan Trans Jakarta dari daerah Sudirman, kami berhenti di stasiun kota dan jalan menuju kota tua.

Kota Tua adalah tempat yang menyenangkan untuk jalan-jalan, tapi saya sarankan kalau kesini mending pagi atau sore hari, karena saya datang pas tengah hari dan udara lumayan panas bikin malas jalan hihihihi. Selain melihat-lihat bangunan tua, saya juga dapat menicicipi beberapa makanan jalanan tradisional Jakarta seperti kerak telor, dll. Kalau kepanasan, bisa juga mlipir dan masuk ke beberapa museum yang ada disekitar kawasan tersebut seperti museum Bank Indonesia, museum Sejarah Jakarta (Museum Fatahillah), museum Seni Rupa dan Keramik serta museum Wayang. Kalau lelah, tesedia sepeda yang dapat disewa untuk berkeliling area kota tua atau bersantai di Cafe Batavia. Sebuah restoran yang menyajikan kopi yang enak dan memiliki desain yang menarik.


Suasana Kota Tua & sepeda yang bisa disewa untuk berkeliling. 
Abah & Raya, sengaja dibikin hitam-putih fotonya biar menghayati kejadulan Kota Tua :D 
Cafe Batavia 
Restoran yang ada di kawasan Kota Tua ini memberikan konsep“tempo doeloe” membawa saya ke jaman Belanda, dengan interior jadul dan poster-poster yang yang seakan membawa kita ke zaman Jakarta tempo dulu saat masih bernama Batavia. Cafe ini dibuka untuk umum setiap hari Senin-Jum’at pukul 08.00 – 01.00 WIB dan Sabtu - Minggu buka 24 jam. Terdiri dari 2 lantai, dimana pada lantai 1 terdapat bar bagi yang ingin santai-santai tanpa makan dan lantai 2 adalah restoran yang menyediakan makanan full dari pembuka sampai penutup. Harga menu di Cafe Batavia antara Rp. 35.000 sampai dengan Rp. 135.000.Untuk hidangan appetizer (hidangan pembuka) dan Rp 25.000 sampai dengan Rp. 200.000 untuk dessert (hidangan penutup). Buat saya pengelaman Go Experience di Cafe ini cukup menarik karena kami dapat bersantap dengan menikmati suasana tempo dulu yang berbeda dari Cafe lainnya.
Suasana Cafe Batavia lantai 2
3. Mengunjungi Kepulauan Seribu
Ngga perlu jauh-jauh kalau mau liburan ke pulau indah di Jakarta. Cukup beberapa jam dengan speed boat, saya dapt menemukan keindahan pantai di Kepulauan Seribu. Berbagai pulau dapat didatangi dan menawarkan aktivitas untuk dieksplorasi dan pengalaman yang menyenangkan tidak jauh dari Jakarta. Pulau-pulau ini menawarkan aktivitas menarik, pantai indah dan sinar matahari yang bebas polusi & melewati akhir pekan dengan pengalaman yang menyenangkan. 

Cerita selengkapnya tentang pengalaman saya di pula Pari dapat dibaca disini ya: Liburan Seru di Pulau Seribu

4. Bersantai di Taman
Banyak taman yang sudah terkenal di Jakarta, seperti Taman Lembang, Taman Suropati, Taman Langsat, Taman Kodok dan lain-lain, tapi saat ini saya ingin memberikan informasi mengenai taman yang belum sering diinfokan dan pernah saya kunjungi yaitu: 


Taman Pandang Istana yang dulu disebut Taman Aspirasi yang sudah ada sejak bulan Mei 2016 lalu. Taman ini  merupakan hasil bentuk dari tiga prakarsa yaitu Pemprov DKI Jakarta, PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB), dan Creative Placemaking (CARAS). Taman ini merupakan salah satu perwujudan dari komitmen perusahaan untuk memberikan solusi yang berkelanjutan dalam industri bahan bangunan di Indonesia. 

Di taman ini, masyarakan dan turis dapat mengambil foto istana karena menjadi titik terdekat untuk berfoto dengan latar belakang istana. Taman ini juga sering digunakan untuk pameran seni, budaya dan keativitas masyarakat dengan harapan dapat memfasilitasi  aspirasi seniman, komunitas kreatif dan masyarakat untuk berkolaborasi secara kreatif di ruang publik, sehingga masyarakat bisa mendapatkan Go Explore & Go Experience langsung di taman ini. 
Jalan Silang Monas Barat Laut, RT.5/RW.2, Gambir, RT.5/RW.2, Gambir

Taman Honda berada di kawasan Tebet memiliki luas yang cukup mumpuni untuk sebuah taman. Beragam fasilitas ada disini, dari lapangan bulu tangkis, lapangan sepak bola, jogging track dan taman bermain anak, menjadi atraksi utama taman Honda. 

Selain untuk olahraga, taman ini juga terbuka untuk bersantai, piknik atau berfoto-foto. Dihari-hari tertentu, ada kelompok olahraga yoga pagi, aerobik, atau kegiatan lainnya yang dapat diikuti.
Jl. Tebet Barat Raya No.41, Tebet, Jakarta Selatan 12810


Fasilitas yang ada disini termasuk lumayan untuk tempat bermain anak & keluarga. Berikut saya rinci satu-satu fasilitas yang disediakan: tempat bermain anak, tempat olahraga, jalanan dengan batu-batu refleksi, tempat foto-foto, dan bisa juga dijadikan tempat piknik. Tak jauh dari taman ini, ada kolam renang yang bisa dijadikan tempat alternatif kalau bosan bermain di taman. 

Taman Kelapa ini cukup bersih, dan sekarang sudah banyak tempat sampah yang bisa mengakomodir sampah-sampah warga yang datang. 
Jl. Palem Indah, RT.16/RW.2, Pd. Klp., Duren Sawit, Kota Jakarta Timur

5. Kampung Budaya Setu Babakan
Pintu masuk Setu Babakan
Setu Babakan atau Danau Babakan terletak di Srengseng Sawah, kecamatan Jagakarsa,  Jakarta Selatan, merupakan area perkampungan budaya betawi untuk menjaga warisan budaya Jakarta. Kawasan ini merupakan area perkampungan yang telah ditetapkan sebagai tempat pelestarian & pengembangan budaya betawi oleh pemerintah Jakarta yang juga menjadi salah satu objek wisata budaya yang menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. 

Desa Setu Babakan memiliki alam dan budaya betawi yang masih terjaga dengan baik, penuh dengan pepohonan rindang dan rumah-rumah panggung berarsitektur khas Betawi yang sampai saat ini dipertahankan keasliannya. Selain alam & budaya, disini juga terdapat warung makanan yang menjajakan makanan kas Betawi seperti ketoprak, ketupat nyiksa, kerak telor, ketupat sayur, bakso, laksa, arum manis, soto betawi, mie ayam, soto mie, roti buaya, bir pletok, nasi uduk, kue apem, toge goreng, dan tahu gejrot. Jadi saya bisa Go Explore sekaligus Go Experience disini. 

Selain itu, Setu Babakan sering mengadakan pagelaran seni budaya Betawi antara lain antara lain tari cokek, tari topeng, kasidah, marawis, seni gambus, lenong, tanjidor, gambang kromong, dan ondel-ondel yang sering dipentaskan setiap hari Sabtu dan Minggu. Wisatawan juga dapat menyaksikan prosesi-prosesi budaya Betawi, seperti upacara pernikahan, sunat, akikah, khatam Al-Qur‘an, dan nujuh bulan, atau juga sekedar melihat para pemuda dan anak-anak latihan menari dan silat khas Betawi. 

Untuk berkunjung ke perkampungan ini, wisatawan tidak dikenakan biaya, hanya dikenakan biaya parkir berkisar Rp 2.000 hingga Rp 5.000 dan gratis untuk yang memakai sepeda. Perkampungan sarat budaya ini terbuka untuk umum setiap hari dari pukul 06.00 pagi hingga pukul 18.00 WIB. 

***
Sebetulnya masih banyak lagi 'hiden treasure' di Jakarta yang bisa di kunjungi untuk Go Explore & Go Experience. Tapi sayangnya saya belum sempat datang kesemua tempat-tempat tersebut, janji deh kalau udah datang, saya pasti tulis di blog untuk menambah info tentang tempat wisata & budaya yang tersembunyi di Jakarta. 

Jadi... Tunggu tulisan lainnya ya :D Kalau ada yang mau sharing info mengenai tempat yang unik dan menyenangkan di Jakarta juga boleh, silahkan komen dan saling berbagi info :) 


Thursday, October 26, 2017

Nyetir Saat Hamil? Boleh Kok

Cewek nyetir jaman sekarang mah udah ngga aneh ya, apalagi para Ibu yang suka anter-jemput anaknya ke sekolah atau untuk berangkan ke kantor itu mah udah biasa banget.

Sebelum hamil, saya bawa kendaraan ke kantor karena jauhnya jarak rumah-kantor. Awalnya sih dianter Abah pake motor, tapi bukannya manja, naik motor jarak jauh itu lumayan capek jek! Belum lagi kalau hujan, trus Abah juga kecapean karena bolak-balik masuk angin (maklum faktor U hihi). Akhirnya diputuskan saya bawa mobil aja deh sendiri, jarak Jakarta Timur - Sudirman lumayan bikin bete kalau berangkat lebih dari jam 5.30 pagi. Jadi saya harus berangkat sesubuh mungkin untuk menghindari macet.

Kenapa ngga pake kendaraan umum? Jangan salah, itu pernah saya lakuin, tapi ternyata sama tetep telat & ngga efektif karena malah makan waktu lebih lama... Apalagi saya sekarang bawa Raya ke daycare yang deket kantor, ngga mungkin naik kendaraan umum karena biasanya Raya masih bobo ketika saya angkut, jadi bawa kendaraan sendiri udah paling bener deh.

Ketika hamil pertama, saya konsultasi sama dokter untuk urusan nyetir ini, dan karena kondisi saya baik, dokter memperbolehkan saya nyetir tapi hanya sampai umur kehamilan 7 bulan. Hamil kedua ini pun, saya masih tetap nyetir tapi sebelum 7 bulan udah nyerah hihihihi minta dianter-jemput abah karena kondisi saya lebih lemah dibanding kehamilan pertama. Kalau kepepet kayak kemaren Abah ke Padang, saya tetep nyetir juga karena rempong lah kalau pake taksi, dan biasanya saat hamil saya tahu kondisi saya  kuat apa ngga buat nyetir, kalau emang ngga kuat saya pasti ngga akan maksain dan tentunya segera pesen taksi :D

Baca juga tulisan saya sebelumnya: Mitos Ibu Hamil Tidak Boleh Menyetir (Tapi Saya Iya) 

Tentunya ngga semua Ibu hamil bisa nyetir seperti saya, semua tergantung kondisi masing-masing dan rujukan dari dokter. Apalagi awal-awal kehamilan yang masih rentan, nanti kalau di jalan stress karena macet, bisa-bisa malah bikin janinnya stress juga.

Beberapa kondisi Ibu hamil yang dilarang untuk nyetir berdasarkan dokter saya adalah:

  1. Ibu hamil yang memiliki kehamilan resiko tinggi. Misal, sering keguguran, ari-arinya ada di bawah, punya penyakit darah tinggi, diabetes atau ginjal, dan semua penyakit yang bersifat patologis, pokoknya ngga boleh nyetir sama sekali yaaa... Karena nyetir akan bikin cepat lelah dan bahaya buat dedek bayi, jadi hati-hati :) 
  2. Tidak menyetir saat kehamilan terlalu tua atau terlalu muda. Saat terlalu muda, janin pasti lebih rentan, jadi untuk menjaga dedek bayi mending minta disetirin aja, begitupun saat kehamilan sudah terlalu tua, takutnya ntar pas nyetir borjol dijalan kan bahaya banget!!
  3. Salah satu risiko ibu hamil saat bepergian jarak jauh adalah penggumpalan darah, jadi kalau emang terdeteksi kehamilannya positif ACA (Anticardiolipin Antibody atau punya masalah kekentalah darah) mending berhati-hati & ngga usah nyetir. 

Nah, terus kalau emang mau nyetir, dan kondisi kehamilannya sehat, ini sedikit tips ala-ala yang dapat dilakukan saat menyetir:

  1. Paling penting adalah bawa cemilan, minuman, makanan, buah-buahan, permen yang cukup jadi kalau haus, lapar, enek atau apapun sudah tersedia suplai yang memadai dan jangan lupa simpan semua ransum ditempat yang mudah dijangkau dan tidak membahayakan saat nyetir. 
  2. Buat mobil senyaman mungkin (meskipun buat saya kurang memungkinkan karena ada Raya yang selalu ngerecokin hihihii). 
  3. Siapkan perlengkapan seperti vitamin, obat-obatan, catatan kehamilan dan hal-hal yang diperlukan saat hamil.  
  4. Pakai seat-belt dengan benar, jangan menekan perut dan masukan stir mobil kedalam sehingga tidak membuat perut tertekan.
  5. Hindari kaki yang menggantung karena akan membuat otot perut tertarik dan menimbulkan kontraksi. 
  6. Ganjal pinggang dgn bantal tipis biar ngga pegal karena kalau jalanan macet itu pinggang ikutan sakit, jadi buat pinggang senyaman mungkin dengan bantal atau apapun yang dirasa nyaman oleh bumil. 
  7. Nyetir santai, relax aja, ngga perlu terbawa emosi (walau kadang keadaan jalanan bikin pengen jedotin kepala, belum lagi motor-motor yang bikin esmoni).  
  8. Hindari jalan yang berlubang (meski susah ye dengan jalanan di Jakarta sekarang yang lagi banyak pembangunan) atau setidaknya lambatkan mobil ketika melewati jalan berlubang biar mengurangi guncangan pada perut. 
  9. Pake pantyliner hahahha, bumil kan gampang banget pengen pipis, kalau dijalan susah nyari toilet bersih dan lagi macet di tol setidaknya kalau pantyliner bisa ketahan & ngga tembus :D 
  10. Kalau merasa capek, berhenti aja ditempat yang aman, jangan memaksakan diri
  11. Usahakan ngga nyetir malam hari sendirian, kalau memang harus lembur dan pulang malam, usahakan geret teman atau siapapun takut ada kondisi darurat saat menyetir.  
  12. Pastikan HP dan alat komunikasi berfungsi baik, di charge full, jadi kalau ada kondisi darurat bisa langsung telepon suami atau orang terdekat tanpa kendala, trus jangan lupa pastikan semua nomor-nomor penting sudah tersimpan dengan baik. 
  13. Terakhir, jangan lupa berdoa minta dilancarkan & dimudahkan segala sesuatunya agar tetap terlindungi selama nyetir :) 
Sebenernya sih kalau lagi hamil saya milih mending disupirin aja hahahaha, tapi ngga mau sama supir karena trauma hahahah, jadi maunya sama Abah aja. Tapi kadang kondisi juga sih yang mengharuskan saya nyetir, jadi semoga tips dan infonya bermanfaat buat para bumil yang masih ragu boleh apa ngga ya nyetir saat hamil.

Ada yang punya pengalaman nyetir saat hamil juga? Atau ada Suami yang khawatir kalau Istrinya masih pengen nyetir saat hamil? Mari berbagi dikolom komen #halaaah :D

Tuesday, October 24, 2017

Biaya Melahirkan di RSIA Bunda Menteng 2017 (Update)

Lahiran ke-2 ini saya masih setia dengan dokter Raya dulu yaitu dr. Taufik Jamaan SpOG dan tetep milih di RSIA Bunda Menteng meskipun dr. Taufik juga praktek di Hermina Jatinegara yang lebih dekat dengan rumah. Masalahnya, saya kurang nyaman sama Hermina itu, dan kalau ngga nyaman saya pasti bad mood, jadi Abah bilang udah di Bunda Menteng aja kayak dulu ngga usah pindah-pindah (soalnya kalau saya bad mood, abah pasti yg kena omel hahahaha - cari aman). 

Jelang lahiran yang insha Allah bulan depan, saya mulai nanya-nanya lagi biaya persalinan di Bunda Menteng, secara tearkhir lahiran tahun 2013 kaan, pastinya akan ada kenaikan biaya dong, ngga akan mungkin sama harganya. 

Tulisan saya yang dulu: Estimasi Biaya Melahirkan di RSIA Bunda

Ternyata kenaikannya lumayan juga hahahaha, untuk kelas Utama yang dulu sekitar 26juta, sekarang naik jadi 39juta, dan ternyata sekarang sudah tidak ada lagi pilihan water birth kayak jaman dulu. 

Estimasi harga untuk persalinan normal & cesar
Fasilitas sih tetep sama, paling semakin tinggi tingkatan kelasnya, semakin private dan disediakan juga kursi & tempat tidur untuk yang menunggu.

1. Kamar CDC
Kamar tidur pasien

FasilitasRuangan full AC
Tempat tidur elektrik
Tempat tidur untuk suami/keluarga pasien
Ruang tamu
2 LCD TV (cable vision)
Kulkas ukuran besar
Bel suster
Kamar mandi (shower)
Telepon
Pilihan menu makanan

2. Kamar Perdana
Penampakan kamar perdana

Fasilitas
Ruangan full AC
Tempat tidur elektrik
Tempat tidur extra
LCD TV (cable vision)
Kursi untuk tamu
Kulkas ukuran kecil
Bel suster
Kamar mandi (shower)
Telepon

3. Kelas Utama
 

FasilitasRuangan full AC
Tempat tidur elektrik
LCD TV (cable vision)
Kursi untuk tamu
Bel suster
Kamar mandi (shower)

4. Kamar Kelas II (Untuk 2 pasien)

Fasilitas
Ruangan full AC
Tempat tidur elektrik
Kursi untuk tamu
Bel suster
Kamar mandi (shower)

5. Kamar Kelas III (Untuk 4 Orang)

Fasilitas
Ruangan full AC
Tempat tidur elektrik
Kursi untuk tamu
Bel suster
Kamar mandi (shower)
**Foto-foto dari website RSIA Bunda.

Karena kontraksi saya mulai teratur, dokter udah menyarankan cuti dari sekarang, dikarenakan dedek bayi masih sungsang dan kontraksi terus takutnya ketuban ngerembes, berkurang atau yang paling serem itu pecah ketuban karena tekanan kontraksi dan tendangan-tendangan dari kaki adeknya Raya. Sayangnya saya belum bisa karena yang back up kerjaan kantor baru datang tanggal 6 November huhuhuhu. Dr. Taufik bilang dilihat kondisi, tapi diusahakan melahirkan di usia 38 minggu atau 39 minggu (minggu terakhir November). 

Doakan ya biar saya & debay sehat-sehat lahiran pada waktu yang baik, ngga kurang dan ngga lebih. Semoga tulisan estimasi biaya di RSIA Bunda Menteng ini membantu yang lagi nyari info seputar biaya kelahiran di RSIA Bunda Menteng :) 

TTD
Bumil yang update blog seadanya :D 




Thursday, October 19, 2017

1st Pregnancy vs 2nd Pregnancy

Apa bedanya kehamilan pertama dan kehamilan kedua saat ini?

Kehamilan Pertama 

Situasi
Karena waktu itu ditunggu-tunggu banget, semua diperhitungkan dengan cermat, asupan makanan dijaga, semua yang sehat-sehat, ngga bisa makan tetep dicekokin makanan sampe BB naek 25kg aja!

Kondisi Mental
Kehamilan pertama saya masih umur 35 tahun, masih berasa kuat, ngga ada kendala nyetir sampe umur kehamilan 7 bulan (pake mobil manual, bukan matic)

Kondisi Hormonal
Meskipun beberapa area kulit menghitam, jerawat muncul ngga terlalu banyak, badan ngga enak, susah makan, semu badan membengkak, tapi tetep happy. Ngga pernah kontraksi, dan aseli ngga ngerasain kontraksi sama sekali sampai hari H harus di operasi :D

Ketekunan
Rajin mencatat & mengunduh aplikasih tentang bayi, sudah berapa BB nya terus perkembangan apa yang dialami bayi, rajin beli buku, baca-baca macem-macem yang berhubungan sama bayi, dll. Rajin update blog, tiap abis dari dokter dan perkembangan kehamilan hahahah. Secara emang blog ini dibikin karena saya hamil dan pengennya nulis semua perkembangan kehamilan dulu.

Persiapan
Mulai beli-beli macem-macem setelah umur kehamilan 7 bulan, banyak beli macem-macem, nyari info tentang stroller, carseat, baju bayi, peralatan bayi, dll, etc, dst, dsb pokoknya semua perlengkapan bayi lengkap sebelum hari H. Sampe beli popok premium & clodi (yang akhirnya ngga dipake) banyak banget.

Perawatan
Sempet pijat hamil, USG 4D, masih suka waxing, trus meni-pedi. Ntah kenapa dulu kok sempet yaaa hahahaha.

Kehamilan Kedua


Situasi
Anak kedua ini hadiah yang tak terduka ketika saya & Abah udah ngira ngga bakal bisa ngasih Raya adek lagi hihihi. Asupan makanan tetap dijaga tapi ngga seketat jaman dulu, dan kadang suka nakal makan mie instan atau yang mengandung MSG hahaha. #eh (maap ya dek) :D tapi BB tetep naik banyak, sekarang udah 15kg kenaikannya.

Kondisi Mental
Parah.. Hahahahahha... Karena faktor U dan sudah ada Raya, rasanya saya selalu capek dan ngga sekuat dulu lagi, saya berasa jompo dan udah ngga sanggup lagi nyetir mobil lama-lama. Manalah sekarang kemacetan Jakarta semakin gila-gilaan karena pembangunan jalan, MRT, LRT, galian listrik, telepon dan ntah apa lagi..  rasanya kalau liat tol dah macet pengen ngegelosor aja ke bawah setir atau minggir di pinggir jalan nungguin mobil derek anter ke rumah :D

Kondisi Hormonal
Parah juga hahaha. Ternyata saya udah hamil waktu jalan-jalan di Hanoi kemaren. Pantesan waktu di Ha Long Bay, kulit muka saya breakout parah, pecah-pecah, gatel, jerawatan, belum lagi leher yg gatel-gatel & pecah-pecah kayak alergi, parah banget deh. Saya mikirnya ini pasti gegara makanan atau cuaca yang ngga cocok, tapi sempet aneh juga sih soalnya biasanya saya ngga pernah punya masalah alergi cuaca & makanan. Ternyata saudara-saudara, semua itu terjadi karena hormon dan kehamilan saya. Dan karena kerjaan saya saat ini tambah banyak, rasanya saya males-malesan kalau dikantor, rasanya pengen tidur aja di mushola hahahaha... Gimana dong namanya juga hamil (di umur) tua.. Dan ugh yg ini kontraksi mulu, dari bulan ke 7 udah teratur kontraksi sampe dokternya khawatir :D

Ketekunan
None.... Hihihihi, karena saya udah punya buku-buku jaman Raya dulu, buku-buku itu aja yang saya baca (lagi). Kali ini saya ngga mengunduh aplikasi apapun, insha Allah sih masih inget semua yang dipelajari jaman dulu tentang cara merawat bayi. Update blog? Duh rasanya malaaaas hiks, ntah kenapa nulis pun malas, kalau moodnya lagi bagus baru nulis kalau ngga bhay deh :(

Persiapan
Karena semua barang-barang Raya masih bagus, saya ngga beli stroller, carseat dan perlengkapan baru. Paling saya beli baju-baju NB, karena baju NB Raya sudah dihibahkan kesepupunya. Dan sampa saat umur kehamilan 8 bulan, saya belum beli apa-apa dong hahaha, belum beres-beres apa-apa juga... Abis sekarang banyak barang-barang bayi lucu-lucu di IG dan saya takutnya kalaaaaf :D

Perawatan
Sampai saat ini ngga melakukan perawatan apa-apa. Belum USG 4D karena dokternya ngantri banget. Mau gunting kuku sendiri aja lupa melulu pokoknya aseli ngga ada perawatan khusus untuk kehamilan yang ini.

Tapiiii, ada satu hal yang bikin saya happy dikehamilan kedua ini karena saya akhirnya berhasil bikin maternity photo yang jaman dulu ngga sempet saya lakukan hahahha.

Orang bilang kehamilan kedua  biasanya lebih santai, dan ngga terlalu serepot kehamilan pertama ternyata benar adanya hihihi. Bukannya ngga peduli sama babynya tapi lebih ngga panik dan santai menghadapi semua situasi yang ada gitu :D

Kalau kalian, yang udah punya anak lebih dari satu? Ngalamin juga ngga perngalaman kayak saya gini? Hhihihihi. 

1st Pregnancy vs. the REST



Wednesday, October 11, 2017

Yuk Belajar dan Nabung Saham dengan Aplikasi RHB TradeSmart with ARO

Saya dan Abah akhir-akhir ini sering bicara tentang investasi, telat banget ya hahahaha baru bicara tentang investasi sekarang. Yah namanya juga merintis dari nol, dan setelah keadaan perekonomian keluarga stabil, baru kepikiran investasi yang lebih lagi. Sebetulnya investasi ada, tapi yang kami miliki sekarang sih baru yang biasa-biasa aja dan pengennya kedepan punya investasi yang lebih gede dari yang kami miliki sekarang. 

Banyak investasi yang kami pikirkan, dari reksadana, sukuk, emas, rumah kontrakan & saham. Nah yang terakhir ini rada-rada kurang favorit karena terus terang saya ngga ngerti sama sekali tentang saham hihihi. Duluuu, jaman kuliah, saya pernah diajakin ikutan main saham sama temen-temen cowok karena mereka bilang lebih mending investasi kayak gini. Tapi karena ngga ngerti ya udah bhay aja lah hahahha. 

Kebetulan, hari Selasa tanggal 10 Oktober kemarin, saya diundang untuk menghadiri peluncuran RHB TradeSmart with ARO, aplikasi perdagangan saham pertama di Indonesia. Wiiih boleh juga nih, mana peluncurannya di BEI, saya tinggal turun dan bisa ikut belajar saham.


Saat ini PT. RHB Sekuritas Indonesia (RHB Sekuritas) - bagian dari RHB Banking Group yang merupakan grup layanan finansial terintegrasi terbesar keempat di Malaysia - meluncurkan aplikasi perdangangan saham pertama di Indonesia dengan fitur yang sangat bersahabat untuk investasi. Uwoow, aplikasi online yang memudahkan belajar & nabung saham? Langsung dong saya tertarik untuk belajar dan mencoba. Apalagi aplikasi ini sudah tersedia di appstore & googleplay dan dapat di unduh secara gratis. 

RHB TradeSmart ID merupakan Aplikasi Mobile Trading Pertama Di Indonesia Dengan Fitur Assisted Robo Optimization ( ARO ). Dimana trader dan investor akan diberikan kemudahan analisa data saham secara otomatis dan teroptimasi. Tercepat dalam mendapat informasi, analisis, keputusan dan strategi dalam bertransaksi saham. Gimana ngga keren coba? Saya aja yang ngga ngerti setelah mengunduh aplikasinya langsung berasa keren hahahah #naooon. 

Kenapa sih PT. RHB Sekuritas Indonesia tertarik mengembangkan aplikasi dan fitur yang memudahkan investor dan trader dalam trasaksi saham? Karena eh karena, ternyata data dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) menunjukan bahwa tingkat ketertarikan masyarakat Indonesia pada pasar modal sangat rendah (langsung menunjuk pada diri sendiri). Populasi di Indonesia tidak berbanding lurus dengan investor pasar modal yang sangat minim. Kondisi inilah yang mendorong BEI (Bursa Efek Indonesia) menggerakan kampanye "Yuk Nabung Saham" agar masyarakat Indonesia, termasuk saya, mulai belajar dan berinvestasi di pasar modal secara rutin. Peluncuran RHB TradeSmart with ARO merupakan komitmen RHB Sekuritas untuk meningkatkan pengetahuan mengenai pasar modal dan mendorong masyarakat untuk mulai berinvestasi saham secara berkala dengan menggunakan aplikasi yang mudah, cepat dan dapat digunakan kapanpun, dimanapun. 

Dengan fitur ARO, aplikasi RHB TradeSmart mampu memberikan notifikasi realtime sinyal saham kepada penggunanya agar dapat mengetahui saham-saham apa saja yang menjadi trending pada perdagangan bursa hari itu. Jadi aplikasi RHB TradeSmart dapat membantu mengoptimalkan informasi bagi para trader dan investor untuk bertransaksi. 

  1. ARO SIGNAL: Berisi saham-saham yang menjadi trending di pasar pada hari itu, dan mendapat trading signal BULL, HOLD, dan BEAR, sehingga semuanya bisa mengetahui apa yang sedang heits di pasar. 
  2. ARO LIBRARY: berisi indikator dan prameter tambahan yang lebih detail mengenai saham yang mendapatkan notifikasi, sehingga trader dan investor dapat memiliki trading plan yang lengkap dan membantu dalam mengambil keputusan bertransaksi. 
  3. ARO TECHNICAL: merupakan parameter tambahan Automatic Support dan Resistance untuk membantu mengambil keputusan terhadap sinyal rekomendasi ARO, dapat dijadikan panduan antrian beli maupun jual, maupun panduan harga support atau resistance saham secara otomatis tanpa harus membuka chart yang jelimet. 

Trus gimana sih caranya untuk mulai berinvestasi? 
  1. Untuk menggunakan smartphone, bisa langsung unduh RHB TradeSmart wiht ARO di Google Play Store dan Apple Apps Store. 
  2. Sign up dan isi data diri dengan scan KTP melalui kamera smartphone dengan aplikasi RHB TradeSmart ataupun website www.rhbtradesmart.co.id
  3. Buka email untuk melihat kata kunci dan usernam sementara untuk membuka aplikasi
  4. Proses pembukaan rekening saham sesuai dengan aturan Bursa Efek Indonesia akan dilakukan
  5. Tunggu verifikasi dari call centre, untuk melakukan verifikasi data dan proses Know Your Customer (KYC), sambil menunggu nomor dan kode investor dari KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) dan Rekening Dana Investor (RDN) yang dikeluarkan oleh Bank-Bank ternama di Indonesia. 
  6. Dokumen lengkap akan dikirimkan seusian dengan alamat yang diberikan dari pihal call center RHB Sekuritas Indonesia. Tandatangani dan kirimkan kembali ke kantor pusat RHB Sekuritas Indonesia di Wisma Mulia Lt. 20, Jl. Gatot Subroto No. 42, Jakarta 
  7. Setelah semua proses verifikasi dan data dilengkapi, makan dalam beberapa waktu akan menerima invertor ID (SID) dan nomor rekening investor (RDN)
  8. PEngguna bisa melakukan transfer dana, dan memulai trading saham dengan mudah dengan panduan ARP dimanapun, kapanpun. 
Photo dari www.rhbtradesmart.co.id
Dengan adanya aplikasi RHB TradeSmart With ARO ini, setiap orang akan mendapatkan kemudahan dan akses informasi yang sama untuk berinvestasi saham, termasuk mereka yang sehari-hari cukup sibuk untuk bisa mengamati perkembangan saham. Saya sendiri sudah merasakan manfaatnya dimana saya bisa memonitor investasi sekaligus membuat langkah investasi baru berdasarkan rekomendasi yang diberikan ARO kapanpun dan dimanapun saya berada.” - Merry Riana, Duta RHB TradeSmart.

Saya tambah penasaran untuk belajar dan nabung saham dengan semua kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi RHB TradeSmart with ARO. Untuk yang penasaran seperti saya, bisa langsung mengunduh aplikasinya di GooglePlay atau AppStore.

Informasi lebih lanjut bisa langsung dicek:
Website: https://www.rhbtradesmartid.com/
Telephone: 021-2970 7000
Email: id.support@rhbgroup.com
Instagram: @rhbtradesmartid
Twitter: @RHBTradeSmartID

Tuesday, October 3, 2017

Liburan Seru di Pulau Seribu

Sebetulnya ini cerita lama tapi sayang kalau disimpen sendirian, jadi saya tulis aja sekalian menjadi informasi kalau-kalau ada yang lagi pengen jalan-jalan seru sama keluarga, tanpa harus bepergian jauh.

Setiap ulang tahun pernikahan atau ulang tahun saya & Abah selalu meniatkan untuk liburan. Tapi karena tahun ke 2 pernikahan kami juga sedang membangun rumah, akhirnya kami mencari alternatif liburan pantai yang tidak terlalu menghabiskan banyak uang dan tidak terlalu jauh dari jakarta tapi tetap pendapatkan pengalaman menarik setelah berlibur. Setelah browsing sana-sini, tercetuslah untuk berlibur di Pulau Seribu, tempatnya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, kami dapat island hopping dan mencoba tempat berlibur yang berbeda dari biasanya.

Pulau tujuan pertama kami adalah Pulau Pari, karena terkenal dengan Pantai Perawan berpasir putih yang berada di ujung timur pulau. Saya & Abah ngga berencana menginap karena emang ngga berencana menginap karena hanya ingin mencoba liburan singkat yang seru, Go Explore untuk jelajahi keindahan pantai Pulau Pari, serta kuliner yang ditawarkan dan Go Experience untuk mencoba beberapa permainan air yang disediakan seperti snorkeling.

Saya memakai jasa speedboat full AC untuk menyebrang ke Pulau Pari yang ditempuh kurang lebih 45 menit - 1 jam perjalanan. Berangkat dari dermaga no. 17 Marina Ancol. Jam keberangkatan jam 08.00 pagi, dan jam 07.30 kami sudah harus tiba ditempat untuk boarding. Speedboat yang kami tumpangi dapat transit ke pulau-pulau di kepulauan seribu sesuai tujuan penumpang. Biaya penyebrangan weekday, IDR 135,000, weekend IDR 160,000 untuk satu kali jalan (anak kecil atau bayi yang digendong tidak dikenakan biaya alias gratis).
Speedboat yang digunakan menuju Pulau Pari
Pemandangan ketika meninggalkan dermaga... 
Tiba di Pulau Pari kami harus membayar tiket IDR 3,000 per orang. Sekitar Pulau Pari ini dikelilingi oleh tanaman mangrove untuk menahan abrasi dan terdapat juga laguna untuk bermain kano dan permainan air lainnya. Kalau ingin mencoba permainan air, dengan membayar IDR 35,000 saya bisa bermain Banana Boat, Sofa Boat, Donut, dan lain-lain, kalau pengen jalan-jalan dengan sepeda keliling Pulau Pari pun bisaaaa, sewa sepeda disediakan dengan harga IDR 15,000 seharian persepeda.
Tiba ditempat tujuan
Sepeda yang dapat disewa di Pulau Pari seharga IDR 15,000 per hari
Kalau berniat menginap, tersedia beberapa homestay dan rumah penduduk yang dapat disewa dengan kapasitas 4 sampai 10 orang. Tarif rata rata perhari Rp.200.000 s/d Rp.500.000 tergantung fasilitas yang disediakan. Kalau ingin camping di pantai pasir perawan juga bisa, tapi harus pesan terlebih dahulu dan membayar tiket masuk  IDR 3.000 perorang ditambah ijin mendirikan tenda IDR.10.000. Sebenernya asik juga Go Experience camping di pasir perawan Pulan Pari, tapi karena saya dan Abah kurang persiapan hihihi, jadi ngga bisa dan pengennya next time kami bisa mencoba camping disini, next time will be better deh :D. Kalau pengen lebih tau tentang wisata camping di Pulau Seribu yang lebih lengkap, bisa cek ke TRUVELOG yang punya artikel-artikel lengkap mengenai traveling, seperti destinasi, tips, tempat unik dan sebagainya. Jadi sebelum berlibur, bisa cek dulu semua informasi yang dibutuhkan di TRUVELOG biar ngga zonk kayak saya :D

Selain Go Explore keliling Pulau Pari naik sepeda, saya juga eksplorasi kuliner dan mencoba hidangan laut. Ngga perlu khawatir sulit mencari makanan, karena disekitar Pulau Pari banyak terdapat warung makan yang terjangkau. Setelah perut kenyang (saking laparnya ngga sempat foto-foto makanan) saya pengen Go Experience mencoba snorkeling, pengen mengalami keindahan bawah air Pulau Pari. Untuk snorkeling saya menyewa kapal nelayan dengan kapasitas 10 orang dengan biaya perhari IDR 350.000 tergantung tawar menawar dan sewa alat snorkling lengkap (google, fin, sepatu katak dan pelampung) dengan membayar IDR 35.000.
Go Experience, snorkeling di Pulau Pari
Ternyata wisata bawah airnya emang baguuus, ikan-ikannya juga banyak yang bisa diliat, ada nemo tapi ngga ada dori #eh hihihihi. Setelah snorkeling (ngga lama-lama abis Abah ngga mau ikutan), dan bersih-bersih, kami berangkat ke Pulau Onrust, tapi saya kurang bergairah karena udah kecapean duluan hihihi, hanya lihat-lihat sekedarnya dan balik lagi ke kapal untuk bersiap pulang.

Untuk perjalanan pulang, sama dengan saat berangkat, sebelum berangkat pastikan nanti pulang juga sudah tersedia speedboat. Makanya penting buat cek-cek informasi urusan info traveling dan berlibur di TRUVELOG biar ngga salah langkah #eeeaaa :D.

Lokasi pendaftaran ulang pulang ke Marina Ancok di Pulau Pari, terletak  di depan sebuah warung yang berada tepat di depan dermaga kapalnya. Biasanya akan ada 1 orang petugas yang sibuk mencatat, dekati aja dan tunjukkan bukti pemesanan, dan daftarkan nama untuk dicatat. Kemudian tinggal menunggu dipanggi naik ke speedboat dan pulang ke Marina Ancol.

Go Explore dan Go Experience liburan ke Pulau Seribu meski hanya satu hari itu seru banget!. Saya jadi tertarik untuk menginap dan Go Explore pulau-pulau lain dan Go Experience hal-hal unik yang ada disetiap pulau.

Terakhir, sedikit tips yang buat yang ingin berlibur ke Pulau Seribu:
  1. Tentuka pilihan dari awal, one day trip atau menginap agar tidak menyesal kemudian seperti saya :D 
  2. Lebih banyak teman atau keluarga yang ikut lebih seru! 
  3. Cari travel agen atau penyelenggara yang bertanggungjawab, dan pastikan semua tiket dan voucher penginapan (kalau menginap) tersedia sebelum keberangkatan. 
  4. Jangan salah kostum & sediakan banyak baju untuk bermain air (legging dan kaos yang tidak transparan untuk yang berhijab)
  5. Dan yang paling penting, cek dulu semua informasi mengenai daerah wisata, tempat tujuan wisata, tips, trik dan info yang diperlukan agar liburan lebih seru di TRUVELOG.
Yang udah pernah liburan ke Pulau seribu mungkin punya tips lain untuk liburan seru disana? Silahkan tulis dikolom komen ya :D 

Foto-foto courtesy of: Lisna Dwi