Tuesday, September 30, 2014

Resep Sambel Oncom Leunca

Sebenernya saya itu hobi masak, dulu sebelum kerja, Abah sempet jadi gendut karena dimasakin terus. Semenjak kerja & ada Raya frekuensi masak menurun drastis hihihi.. Palingan masak kalau lagi pengen, lagi weekend & libur, lagi iseng, atau dapet request dari Abah. 

Weekend kemarin, saya pengen banget makan sambel oncom leunca... Kangen banget sama oncom ini... Kebetulan pas jalan-jalan pagi sama Raya & nengok tukang sayur, oncom, leunca & kemangi lagi available. Cus deh saya beli... 

Resep sambel oncom ini simple banget, rahasianya biar gurih adalah pake santan. Bisa yg seger atau yg kotakan beli di supermarket, ga masalah. 

Ini bahan-bahan yang perlu disiapkan: 
2 potong oncom (saya beli 2 potong karena di tukang sayur dijual kecil2)
Leunca secukupnya (saya beli cuman 1000 aja)
1 sereh
3 lembar daun salam 
2 ruas kencur
2 potek bawah putih (bahasa apaan ini poteeeek??)
4 potek bawang merah   
5 cabe rawit / tergantung selera (saya pake cabe rawit gendot yg puedeesnya mantep)
30ml santan
1 sdt garam / secukupnya
1 sdt gula putih / secukupnya
10-15 lembar daun kemangi (kira-kira aja ya, ga perlu diitungin brp lembar daunnya hihihi) 
1 sdm minyak goreng untuk menumis

Cara masak 
  • Bakar oncom sampai wangi, kalau ngga punya pembakaran, pake teflon tanpa minya, dibakar tiap sisi sampe agak angus & wangi oncomnya keluar 
  • Ulek kencur, bawang merah & putih + garam sampe halus 
  • Geprek sereh 
  • Iris cabe rawit jadi 3-4 bagian 
  • Tumis bahan yang udah diulek halus, campur sereh & daun salam sampe wangi
  • Setelah tumisan wangi, masukan santan tunggu sampe bergolak 
  • Kemudian masukan irisan cabe & leunca
  • Setelah leunca agak matang, masukan oncom bakar yang sudah dipenyet2 agak ancur
  • Aduk-aduk semua bahan sampai matang / sampai santannya abis / ilang
  • Terakhir masukan kemangi
  • Selesai  - tadaaaa
  
Saya suka sambel oncom ini, soalnya pedes, gurih & seger dari kencur. Enak banget dimakan sama nasi anget... Bye bye diet.. Hahaha.. 
Oh iya, saya blm update lagi ttg diet diary saya.. Nanti yaaa
  

Monday, September 29, 2014

Grateful...

Daftar rasa syukur saya hari ini:
  1. Alhamdulillah sudah kuat puasa Senin & ngga berapa lama lagi waktunya berbuka 
  2. Alhamdulillah hari ini Raya pinter pas masuk daycare & ngga nangis ketika ditinggal 
  3. Alhamdulillah masih ada Abah yang mengantar & memeluk saya hari ini 
  4. Alhamdulillah pompaan hari ini dapat 150ml
  5. Alhamdulillah bisa bantuin teman lulus e-learning (meskipun saya sendiri ngga lulus hihihi.. Insha Allah besok bisa lulus) 
  6. Alhamdulillah saya masih bisa bernafas
  7. Alhamdulillah saya masih bisa memeluk Raya 
  8. Alhamdulillah saya masih mempunyai pekerjaan 
  9. Alhamdulillah saya masih mempunyai teman-teman yang baik 
  10.  Alhamdulillah Mamih masih diberikan umur sampai saat ini
Ini resolusi saya, daftar rasa syukur tiap hari... Agar saya selalu mengingat, bahwa setiap harinya saya selalu diberikan kebahagiaan, rejeki, perlindungan dan kasih sayang oleh Allah :)

Wednesday, September 24, 2014

Thank You

Tulisan kali ini saya dedikasikan untuk Abah :) 
Mantan pacar,
Suami,
Partner diskusi,
Teman berantem & diem-dieman, 
BFF untuk belanja (yes he love to shop too),
Sobat happy-happy, 
BFF saat sedih-nangis
My partner in crime, 
Kepala keluarga, 
dan Imam buat saya & Raya. 

Sebenernya nulis ini cuman mau ngucapin terima kasih Abah, terima kasih sudah menjadi seorang yang berkepribadian ganda seperti diatas gara-gara menikah dengan saya. Terima kasih telah menyemarakkan kehidupan seorang Sandra, terima kasih selalu membimbing saya dalam suka & duka, cakar-cakaran maupun mesra-mesraaan. Terima kasih, terima kasih dan terima kasih... #deepkiss

7 tahun adalah waktu yang relative tidak sebentar tapi tidak juga terlalu lama, tapi cukup bermakna dalam menyelami asam-manisnya kehidupan berumahtangga.
7 tahun bersama, kami lewati dengan peristiwa jatuh hati, lebam, terjun, jumpalitan, kayang, lompat indah, koprol & backroll. 
Seperti naik roller coaster, sambil berdoa: "semoga kebersamaan kami yang diwarnai dengan tawa, jeritan, tangisan, suka, sakit perut, turun-naik ini selalu berakhir dengan kebahagiaan :) Amiin.

Love you my other half :-*

 it's US :)






Tuesday, September 23, 2014

She Never Be a Stay Home Mom, but I Love Her So Much

Mami saya adalah seorang working Mom, beliau selalu mempunyai asisten rumah tangga untuk membantu urusan beres-beres rumah dan lainnya. 
Beliau bukanlah seorang Ibu yang selalu mengantar jemput anak-anaknya dan menemani saya ketika mengerjakan PR sekolah. 
Mami tidak pernah memasukan saya untuk les atau ekstrakulikuler apapun, dan apabila saya ingin mengikuti satu kegiatan diluar sekolah, maka dipastikan beliau tidak akan mengantar-jemput saya ketempat tujuan tersebut.
Mami bukanlah seorang Ibu yang membacakan dogeng ketika waktunya tidur. 
Beliau bukanlah seorang Ibu yang sering mengucapkan kata sayang pada anaknya, jarang menanyakan update sekolah dan mempercayakan semuanya pada saya. 
Mami adalah Ibu yang tidak pernah memperkenalkan ataupun membelikan saya pada barang bermerek. 

Tapi... 

Meskipun Mami bekerja & mempunyai asisten rumah tangga untuk bantu-bantu, beliau selalu memasak pada saat weekend & hari ulang tahun saya & masih menyuapi saya makan sampai kuliah (hahahaha) kalau saya lagi manja (soalnya makanan yang dipiring Mami keliatan lebih enak). 
Mami tidak pernah mengantar jemput saya sekolah tapi selalu memastikan beliau lah yang mengantarkan saya ketika pendaftaran & tidak pernah absen untuk mengambil raport. 
Mami tidak pernah membantu saya mengerjakan PR karena beliau percaya saya bisa mengatasinya sendiri & menjadikan saya percaya diri, dan meskipun jawaban saya salah, saya jadi mengetahui sendiri bagian mana yang salah dan seharusnya dibenarkan. 
Mami tidak pernah memasukan saya kesuatu les, karena beliau ingin saya yang memilih sendiri minat saya, dan konsekuen dengan les yang saya ambil. 
Mami tidak pernah membacakan saya dongeng saat tidur, tapi selalu ada ketika saya mimpi buruk & menemani saya ketika saya butuh dipeluk. 
Beliau bukanlah ibu yang mengungkapkan rasa sayangnya dengan kata-kata, tapi dengan tindakannya saya tahu bahwa Mami sayang sama saya, dan akan melakukan apapun demi saya.
Mami mengajarkan saya hidup sederhana dan menerima apa yang ada, karena dengan gajinya sebagai dosen, dan harus membiayai 4 orang anak sendirian adalah sulit. Tapi beliau selalu memberikan semua yang terbaik untuk kami sebisa beliau. 

Mami sampai saat ini selalu sibuk & memiliki kegiatan macam-macam, dan kami tidak pernah memaksa Mami untuk menjaga cucu-cucu karena inilah saatnya Mami menikmati hidup setelah belasan tahun mengurus 4 anaknya sendirian. 

Mami tidak pernah menjadi stay at home mom or full time mom, tapi saya sangat sayang pada Mami dan beliau adalah sosok Ibu yang sempurna bagi saya.
I love you so much Mom.. Kiss kiss

Nenda & Raya

Wednesday, September 10, 2014

My Diet Diary Day 2

Haha, setor poto & menu hari ke 2 kemaren aaah.
Gimana perasaan saya sekarang? Hmm.. biasa aja, lapar malah ngga terlalu tapi pengennya ngemil!!!
Apalgi coklat, keripik, kerupuk, gorengan dan semua tetek bengek cemilan racun yg enak-enak itu saya ingin!Mana kemaren di kantor ada yang ultah & motong cheese cake... Toloong #ngiler #meratap

Beklah, sudah cukup dengan ratapan tentang cemilan, mari membahas menu hari ke 2.
Hari ke 2 saya isi dengan daging tumis bawang bombay & udah dimarinated semalaman dengan oregani & merica biar sedep. Buat makan malam, ayam panggang yg dibumbui dengan bombay bw putih, merica & olive oil semaleman juga. Maksudnya biar ngga terlallu berasa hambar & ada rempah2nya. It's work, semuanya enak hahahaha ga berasa ngga pake garam #pembohonganpublik
Buat sambel cocolan ayam, saya bikin saus jeruk & cabe. Bawang putih & cabe di tumis dulu pake olive oil lalu masukan jeruk & udah dipotong2 sampe keluar aernya. Sedap deh, asem manis gitu.

Penampakan makanan bikin yang laen pengen ikutan diet ini. Saya sih seneng aja, the more the merrier hahahaha.

Btw, bagaimana dampak diet terhadap ASIP? Alhamdulillah sampai saat ini blm ada, jadi insha Allah slama diet ini saya tetap ngasih ASIP buat Raya. Amiin




Tuesday, September 9, 2014

My Diet Diary Day 1

Iyes, akhirnya saya mencoba diet :D 
Terinspirasi dari Nike yang terlihat slim waktu ketemuan, saya ngilik-ngilik pake diet apa? Katanya Nike ikutan diet mayo. Hmmm... Hmmm.. Hmmm... 
Terus terang saya itu paling anti diet-dietan hahaha, dari dulu sampe sekarang ngga pernah diet #makannyagendut -_-"
Tapiiii, kondisi sekarang ngga memungkikan lagi untuk ngga diet, kenapa? Saya udah ngga nyaman dengan keadaan badan saya. Paha gede banget, perut berlemak, tangan gelambir.. doh ngga banget deh. Rencananya saya mau mulai gym lagi setelah Raya 1thn. Pada kenyataannya, rencana  hanya tinggal rencanaaaa... #nyanyi 
Waktu buat ngegym ngga ada banget, belum bisa nemu waktu yang pas disela-sela kantor & ngurusin Raya. Jadiiii.. Akhirnya saya memantapkan diri nyobain diet mayo ini. Tentu saya atas seijin Abah, alhamdulillah didukung suami jadi lumayan semangat. Pluus, ada satu temen di grup TUM Juliers yang ikut juga. Yipiiii... Jadi tambah semangat deh :) 

Kemarin adalah hari pertama saya diet mayo, berpegangan pada menu yang disarankan & modifikasi menunya Nike alhamdulillah saya berhasil melewati hari pertama (dengan dibayang-bayangi coklat nutela, tobleron, kerupuk kampung, pisang molen & donat didepan mata #helanafas)

11 days to go #lamayaaaa hahahaha, semoga saya tetep istiqomah #halaaah
Rencananya saya mau nulis perkembangan tiap hari, perasaan saya #lebay dalam menjalani diet ini, dan juga poto makanan yang saya bikin biar semangat. 
Oh iya, menu diet mayo ini saya yang buat, ngga pake katering.. Kalo kateringan mahaaaal hahahah #pedit


 Doain yaaa, biar saya kurusan setelah 13 hari diet ini. Setidaknya biar lemak berkurang & bisa tambah sehat. Amiin




Thursday, September 4, 2014

Wishful Thinking

Wishful thinking is the formation of beliefs and making decisions according to what might be pleasing to imagine instead of by appealing to evidence, rationality, or reality. It is a product of resolving conflicts between belief and desire.

I wish I had a driver
I wish I had a baby sitter
I wish I had a don't need to go work
I would shop all day long
I wish I had a rabbit in my home in a hat with a cat

Hahaha, yah.. Ngga papa kan kalau cuman menghayal. 
Minggu ini Abah seminar di Bandung sampai Sabtu, jadi saya & Raya harus berduaan terus. Sebenernya ngga masalah sih, karena Raya pinter & sama sekali ngga nyusahin. Masalahnya badan saya yang ngga kuat, hahahah faktor umur dah rempo... Cape banget  rasanya, mana minggu ini lagi banyak kerjaan & dapet pula, double esmosi jiwa :D

Kalau lagi cape gini, rasanya pengen berenti kerja, tapi tetep punya banyak uang... hihihihi. Pengen punya pembantu or baby sitter biar ngga usah ngurusin & beresin rumah beserta printilannya, pengen punya supir biar kl pergi2 ngga perlu menerabas macetnya Jakarta, cuman diem cantik & ngurusin Raya aja dikursi belakang, pengen nyobain jadi Ibu-Ibu yang cantik-cantik & kerjaannya ngemol & belanja tanpa harus mikirin biaya daycare, bayar listrik, air, dll. Dangkal banget ya? Hahahaha emang, tapi saat ini saya beneran kepikiran pengen hal-hal diatas.

Ah.. Enak ya sepertinya hihihihi 
Dan rasanya, hari ini saya pengen leyeh-leyeh di pinggir pantai atau di kolam renang, sambil main-main sama Raya... 
Wish I would, wish I could, have a wish I wish today :)