Baking: Chewy Green Tea Cookies

Malam2 saya pengen chewy cookies, penasaran & seneng aja kalau masak, soalnya Raya bisa ikutan campur2 tepung dan hepi kalau kuenya udah jadi. Kebetulan dapet resep dari Anya jadi coba-coba di execute aja :D

Resep ini agak saya modifikasi dari resep aslinya, ngga pake coklat, tapi pake green tea dan takaran gulanya saya agak kurangin biar ngga terlalu manis soalnya saya udah manis. Kebetulan dapet oleh-oleh green tea bubuk asli dari Pak Bos waktu pulang kampung ke Jepang, jadi pas banget deh. Mana Raya kan doyan pisan warna hijau, jadi pasti happy to assist :) 

Mari kita mulai dengan bahan-bahannya: 
280 gr tepung terigu 
1 sdt baking soda 
11/2 sdt tepung maizena
1/2 sdt garam 
170gr butter (dilelehkan)
100gr brown sugar
70gr gula
1 telur (suhu ruangan)
1 kuning telur (suhu ruangan)
2 sdt vanila ekstrak (saya ngga pake) 
180gr coklat (saya ganti green tea bubuk)

Cara pembuatan: 
  • Campur rata semua bahan kering: tepung, baking soda, garam, maizena & green tea dalam satu tempat.
  • Campur semua bahan basah: butter yang sudah dilelehkan, brown sugar, gula, telur, & kuning telur sampai gulanya tercampur dan tidak ada gumpalan. 
  • Satukan bahan kering ke bahan basah sedikit demi sedikit (saya sambil disaring biar halus) memakai spatula karet, sampai tercampur & rata. Adonan kan terlihat sangat lembut & tebal. 
  • Masukan adonan kekantong plastik kemudian diamkan didalam kulkas minimal 3 jam atau sampai 3 hari. Hal ini sangat penting dilakukan, jangan diskip demi kesuksesan kue haha. Karena saya bikin malam, jadi saya baking paginya. 
  • Keluarkan adonan dari kulkas, diamkan selama 10 menit agar sedikit hangat. 
  • Panaskan over kurleb 163 decel, bentuk adonan menjadi bulatan2, kalau mau bulatan gede ambil 3 sendok makan adonan dijadikan satu, kalau saya cuman pakai 1 sendok makan dibulat2 kemudian tata ditempat baking dengan jarak karena adonan akan meleber. 
  • Panggang kue dengan waktu cukup 10 -11 menit untuk menghasilkan kue yang chewy, saya kelamaan baking krn ditinggal mandi, sampai 15 menit hasilnya kue rada kering tapi ditengahnya masih chewy dikiiit. 

Verdict: ENAK BANGET! hahahahha... Sampe salah satu bos cewe yang sering baking pun bilang enak, dan kebetulan hari itu dia bawa juga kukisnya dia, setelah dibandingkan, kukis sayah emang enyaaak :D 

Maap ngga ada poto step by step pas lagi masak, ngga sempet... Brantakan pula karena tepungnya dimaen-maenin Raya hiihihi.. Jadi poto hasilnya aja ya... 





CONVERSATION

20 comments:

  1. Ya ampun.. keliatanny enak :9
    Jadi pengen ~

    ReplyDelete
  2. Jualan dong san..gw beli deh nih..pengen bgt nyobain tapi ya gw kan ngga demen bgt baking...hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Booo... gue ngga segitu canggihnya mpe bisa jualan kalik XD baking ginian aja ngga punya mixer Var... hihihi Udah lo jalan2 aja, tiap orang ada porsinya masing2, gue bake elo jali2 yak yak yak

      Delete
  3. Asiiik, mau kucontek resepnya, ah! Aku suka banget sama matcha, apapun bentuknyah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Horeee, silahkan dicontek semoga sakses & jangan lupa kirim2 kl jadi ya hihihi

      Delete
  4. Mauu bikinn ahh sabtu besokkk yaay~

    ReplyDelete
  5. Ini looks yummy. Tapi kudu ganti oven kayaknya. yang di rumah kegedean, huhuhu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu alesan beli oven baru ya Lis? hihihi pake yg gede jg ngga papa, tapi apinya jgn kegedean biar ngga gosong, yuk cobain :)

      Delete
  6. Aaaaaa green teaaaa cookies sukaaa *puasa2 malah milih postingan ini xDD* beli gren tea powder yang enak dimana ya mba?

    Visit my blog:

    giraffesjournal.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi asti, beli green tea powder bisa di Titan lengkap kok disana :)

      Delete
  7. kabitaaa pisan...
    tapi entah kenapa kalau aku bikin cookies sering gagal, jd trauma :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini anti gagaal beneran, tinggal cemplang cemplung jadii :D Sok bikin lagi jangan trauma ya geulis :)

      Delete
  8. Keliatannya ena 😍 , Tapi aku kurang suka green tea jadi mau pake resep asli nya aja deh hihi

    ReplyDelete
  9. nyummy banget mbak, green tea menyehatkan ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, green tea lebih sehat tapi bahan2 lain agak kurang sehat hahaha ballance lah ya :D

      Delete
  10. Aku pengen coba diy, tp dikosan gk ada peralatan nya.. Hikkss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba nebeng ke Ibu Kosan, ataaau eksesusi pas lagi pulang ke rumah ortu, ya ngga? :D

      Delete

Back
to top