Resep: Cinnamon Roll

Ini sebenernya keinginan terpendam sejak lama pengen bikin Cinnamon Roll sendiri. Kenapa? Karena Abah doyan banget Cinnamon Roll, dari pada beli saya pengenya bikin aja deh, selain aman, tentu juga irit XD hemat sama pelit beda tipis

Browsing sana sini, kok banyak resep yang ribet dan bikin pusing, jadi proyek ini tertunda beberapa bulan dalam rangka mencari resep yang tepat *halaah* 

Akhirnya setelah beberapa lama browsing & modifikasi resep-resep yang bertebaran, minggu lalu saya mulai nyoba bikin. Raya hepi banget karena dia bisa ikutan tuang-tuang tepung. Lumayan lah punya asisten meskipun berantakan, tapi sekalian belajar, ngajarin dikit2 & menularkan hobi baking / masak saya ke Raya. 



Yang serius ngaduk-ngaduk

Jadi yang pengen nyobain resep mudah bikin Cinnamon Roll silahkan dicoba lho.
230gr = 23 sdm tepung terigu (saya pake cakra)
20 gr = 1 sdm gula pasir
1 sdt ragi instant (saya pake fermipan)
/14 sdt garam
1 butir telur
120 ml susu cair (saya pake susu kental manis dicairkan)
2 sdm butter suhu ruangan (saya pake anchor)

Bahan untuk isian:
2,5 sdm butter (cairkan)
1/2 sdm cinnamom bubuk
1 sdm gula pasir

Cara pembuatan: 
Campur tepung, garam & gula = bahan kering, kemudian masukan butter sampai merata 
Masukan ragi + sedikit gula dgm susu, aduk2, biarkan 5-8mnt sampai berbuih (sebagai tanda ragi sudah aktif). 

Raya lagi nyampur butter + tepung

Campurkan bahan kering dengan ragi yang sudah aktif, uleni sampai kalis. Kalau adonan terasa lembek beri tepung secukupnya, istirahatkan selama 1-2 jam.

Mengembang sempurrrrnaaa... 

Setelah mengembang pindahkan adonan ketempat rata, beri tepung, kemudian digiling menggunakan rolling (kalau ngga punya rolling pakai botol bersih juga ngga papa). Bentuk adonan menjadi segi empat  dengan ketebalan 1cm. 

Sesudah adonan berbentuk, olesi dengan butter yang sudah dicairkan, dan tambahkan cinnamon + gula yang sudah dijadikan satu. Setelah itu saya tambahkan coklat spread biar tambah enak hihi. 

Setelah isian merata, gulung adonan pelan2 sampai habis. Kemudian potong2 (saya dibagi menjadi 9). Masukan adonan keloyang yang sudah dilumuri mentega cair, kemudian tunggu 1/2 - 1 jam agar adonan kembali mengembang.

Si cinroll ginuk-ginuk 

Seteleh adonan mengembang, masukan ke oven yang sudah dipanaskan. Panggang selama 45-60 menit dengan suhu 180 decel (tergantung oven masing2 yaaa). 

Setelah matang, saya siram dengan glaze gula biar mengkilat. Bahan Glaze: 60gr gula tepung, 3 sdm susu cair

Tadaaa, cinroll ginuk-ginuk agak kegosongan dikit hahahah. 

Hasilnya, cinroll yang empuk tiada tara hahahah *lebay* Abah & Raya seneng banget. Apalagi Raya karena ngerasa ikutan bikin jadi bangga banget bilang ini roti Raya hihihi :) 

Penampakan ketika disobek

Meskipun jadi agak mirip roti sobek karena terlalu rapat adonannya, tapi aseli ini enyak banget! Bukan gara-gara saya yang bikin hahahaha, tapi beneran lembut, ngga kalah sama buatan bakery *cielah cielah*

Jadi mission accomplish, setelah ini pengen bikin roti sobek aka killer bread kekinian yang berseliweran di IG ah... XD

CONVERSATION

8 comments:

  1. Aku pernah beberapa kali baking, tapi terus failed trus, dan aku sedih smp nangis, hahaha. Lebay yak, tapi abisan capek trus gagal gitu, mana lagi dapet.. krai krai.. :)) *lah curcool..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ini mah pasti sukses, cuman dicemek2 aja ahahah. Kalau pertama kali belum kalis, coba diemin dulu, setelah agak mengembang diulenin lagi biar lebih halus hasilnya, trus didiemin lagi biar ngembang ke 2x.
      Selamat mencoba mama nayaa...

      Delete
  2. Wah pinter bgt bikin cinamon rollnya... yummy bgt keliatannyaaa

    ReplyDelete
  3. edan..canggih banget lo san...kalo gw mendingan belik...hahahhaa urusan masak2 mah gw kelar banget dah gak sangguppp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha penasaran Var, kl enak ada kepuasan tersendiri gitu XD

      Delete
  4. aku mau juga dong di kirimin yang udah jadi :P
    males bangeeett baking, padahal hasrat kepengen cuma males nyuci perabotannya setelah baking..
    tapi aku janji, suatu saat bakalan aku coba mih resepnya.. penasaran juga soalnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang nik! Aku juga paling males nyuci2nya abis baking... Tapi kemaren lagi kesambet, jadi rajin hihihi

      Delete

Back
to top