Kenapa Harus Gemuk?

Sebetulnya postingan ini udah ada didraft dari kemarin2 tapi belum sempet dipublish karena tiba-tiba stuck mau nulis apa lagi hihihihi... 

Akhirnya tulisannya kembali direnovasi *halaah* dan saya posting pagi ini karena tadi malam ketemu sama salah satu Mama temennya Raya di daycare. 
Mama temen Raya : Kita sebut saja MTR :D

MTR : Eeeh Raya, udah lama ngga liat, kemana aja? 
Me: Iya, kemaren abis liburan Mba :) 
MTR : Raya kok sekarang kurusan ya? 
Me : Oh ya, masa sih Mba? Biasa aja sih rasanya... 
MTR : Iya lho, kurusan banget... Emang sekarang susah makan ya? 
Me : Ngga kok, makannya bagus, beratnya emang ngga seberat Babynya Mba :) 
MTR : Oh gitu, tapi kurusan lho.. Dulu kan keliatan banget chubby, sekarang tirus bangeet
Me : Hehehe iya ya? Mungkin ninggiin, jadi kliatan kurus 
MTR : Oh iya, mungkin gitu yaaa.. 
(Kmudian Abah datang, brasa save by Abah & saya pun pamit sama MTR) 

Saya jadi kepikiran karena ini, bukaaan... bukannya saya mau maksain Raya makan banyak & bikin Raya jadi gemuk :D 
Saya jadi kepikiran emang harus ya anak kecil itu gemuk? 
Emang sih anak kecil itu lucu kalau keliatan gemuk, tapi bukan berarti ngga gemuk itu ngga sehat kan? 
Saya jadi penasaran dan mulai googling BB Ideal anak, dan saya mendapatkan tabel ini dari WHO yang tentunya akurat, WHO gitu loch!
Nah, kalau berdasarkan table panjang diatas :D Raya yang usianya 1 tahun 6 bulan dengan BB 11kg adalah ideal, ngga masuk batas bawah ataupun batas atas. Jadi ngga ada masalah kan? Emang sih anaknya MTR BB nya 13kg, tapi kan itu anak dia, bukan anak saya... Pun saya ngga mau Raya terlalu berat dan menjadi kegemukan. 

Emang pipi Raya yang dulunya chubby sekarang jadi tirus karena Raya udah banyak aktivitas dan meninggi. Saya kayaknya ngga khawatir kenapa MTR jadi khawatir ya? :D

Raya 7 bulan 

Raya 10 bulan

Raya 14 bulan

Raya 18 bulan
Terlihat kan proses penirusan pipi Raya? :D 

Jadi inti dari tulisan ini apaaa??? Hihihihi 
Saya cuman mau bilang, kalau anak tidak gemuk itu bukan berarti tidak sehat dan anak tidak harus gemuk!
Bayi gemuk malah harus diwaspadai. Kerena kegemukan bisa menjadi masalah kesehatan. Pada dasarnya, kegemukan (obesitas) terjadi karena ketidakseimbangan antara masuk dan keluarnya energi.

Ciri-ciri kegemukan balita yang perlu diwaspadai (sumber dari ayahbunda):
  1. Wajah membulat
  2. Pipi tembem
  3. Dagu rangkap
  4. Leher relatif pendek.
  5. Dada membusung, dengan payudara yang membesar karena mengandung jaringan lemak.
  6. Perut membuncit disertai dinding perut yang berlipat-lipat.
  7. Kedua tungkai umumnya berbentuk X, dengan kedua pangkal paha bagian dalam saling menempel dan bergesekan. Akibatnya, timbullah lecet.
  8. Pada anak laki-laki, penis tampak kecil karena tersembunyi dalam jaringan lemak.
 Jadi, saya tidak pernah khawatir kalau Raya dibilang kurusan or tidak gemuk lagi. Karena saya tahu Raya sehat, BB normal, aktif, tetap tidak sulit makan dan tahu bahwa makanan yang masuk seimbang dengan energi yang keluar. 

So momies, don't worries if your babies are not chubby or fat, as long as they are healthy!

CONVERSATION

2 comments:

  1. Kalau saya , Keke termasuk anak yang paling tinggi di sekolahnya. Sedangkan Nai termasuk anak yang paling pendek di sekolahnya. Tapi yang paling sering dikomentarin itu Keke. Apalagi kalau tau masa kecilnya Keke. Dari lahir sampai usia sekian tahun Keke gemuk. Menjelang pra remaja baru kurus. Jarang yang komentarin Nai. Mungkin karena dari dulu dia selalu kecil mungil.

    Tapi, saya udah siapin jawabannya. Kalau ada yang komentari tentang Keke, saya selalu bilang mungkin karena sekarang lagi puber dan udah makin banyak aktivitas. Kalau Nai yang dikomentarin, saya selalu bilang kalau udah turunan. Dulu saya dan suami juga kurus. Malah saya cungkring banget. Nanti ada saatnya menggemuk dan susah banget turunin BB hahaha. Abis kadang cape juga jelasin kalau kurus gak apa-apa yang penting sehat. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihhi iya bener mba kadang cape ngejelasinnya, tapi pertanyaan itu selalu aja ada XD Kadang mungkin buat basa-basi, tapi kl keseringan kan bikin mangkel ya hihihi

      Delete

Back
to top