Resep Sambel Oncom Leunca

Sebenernya saya itu hobi masak, dulu sebelum kerja, Abah sempet jadi gendut karena dimasakin terus. Semenjak kerja & ada Raya frekuensi masak menurun drastis hihihi.. Palingan masak kalau lagi pengen, lagi weekend & libur, lagi iseng, atau dapet request dari Abah. 

Weekend kemarin, saya pengen banget makan sambel oncom leunca... Kangen banget sama oncom ini... Kebetulan pas jalan-jalan pagi sama Raya & nengok tukang sayur, oncom, leunca & kemangi lagi available. Cus deh saya beli... 

Resep sambel oncom ini simple banget, rahasianya biar gurih adalah pake santan. Bisa yg seger atau yg kotakan beli di supermarket, ga masalah. 

Ini bahan-bahan yang perlu disiapkan: 
2 potong oncom (saya beli 2 potong karena di tukang sayur dijual kecil2)
Leunca secukupnya (saya beli cuman 1000 aja)
1 sereh
3 lembar daun salam 
2 ruas kencur
2 potek bawah putih (bahasa apaan ini poteeeek??)
4 potek bawang merah   
5 cabe rawit / tergantung selera (saya pake cabe rawit gendot yg puedeesnya mantep)
30ml santan
1 sdt garam / secukupnya
1 sdt gula putih / secukupnya
10-15 lembar daun kemangi (kira-kira aja ya, ga perlu diitungin brp lembar daunnya hihihi) 
1 sdm minyak goreng untuk menumis

Cara masak 
  • Bakar oncom sampai wangi, kalau ngga punya pembakaran, pake teflon tanpa minya, dibakar tiap sisi sampe agak angus & wangi oncomnya keluar 
  • Ulek kencur, bawang merah & putih + garam sampe halus 
  • Geprek sereh 
  • Iris cabe rawit jadi 3-4 bagian 
  • Tumis bahan yang udah diulek halus, campur sereh & daun salam sampe wangi
  • Setelah tumisan wangi, masukan santan tunggu sampe bergolak 
  • Kemudian masukan irisan cabe & leunca
  • Setelah leunca agak matang, masukan oncom bakar yang sudah dipenyet2 agak ancur
  • Aduk-aduk semua bahan sampai matang / sampai santannya abis / ilang
  • Terakhir masukan kemangi
  • Selesai  - tadaaaa
  
Saya suka sambel oncom ini, soalnya pedes, gurih & seger dari kencur. Enak banget dimakan sama nasi anget... Bye bye diet.. Hahaha.. 
Oh iya, saya blm update lagi ttg diet diary saya.. Nanti yaaa
  

CONVERSATION

1 comments:

  1. aih udah nulis komen ilang.., komen ga penting yang memalukan diri sendiri aja hehehe
    ini keliatan enak banget yahh

    ReplyDelete

Back
to top