Sekilas Info Tentang Varicocele / Varikokel

Hari ini lagi pengen nulis tentang Varicocele / Varikokel karena ternyata semenjak saya berhasil hamil, lumayan banyak yang tanya-tanya ke saya mengenai hal ini.

Saya sih sebenernya bukan expert yaaa, cuman sharing pengalaman aja, karena suami sempat mengidap varicocele dan menyebabkan kami agak lama mendapatkan keturunan.

Jadi gini, ada banyak definisi tentang varicocele, bisa dibrowse di google or cari di wikipedia. Tapi bahasa mudahnya menurut dr. Agus Mulyono - Urolog yang menangani suami saya: " Varicocele = varises / pelebaran pembuluh darah di scrotum". Karena pembuluh darahnya melebar, seperti varises di kaki, keadaan ini menyebabkan daerah skrotum menjadi "cepat panas" / beda lingkungan sehingga mengakibatkan terganggunya sperma cepat mati.  Varicocele dapat menyebabkan infertilitas / sulit memiliki anak, karena sperma cepat mati & tidak berhasil berenang menuju ovum.

Apa penanganan terbaik untuk varicocele? Operasi! :D
Itu satu-satunya jalan yang terbaik, dan jangan mikir ini operasi besar & scrotumnya diobok-obok  yaaaa... Operas varicocele ini termasuk operasi kecil sama kayak laparascopy. Pas operasi itu pembuluh darah yang menuju jantung & scrotum diikat sehingga tidak melebar, dan sayatan dilakukan didekat pinggul sebelah kiri. Karena ini operasi kecil, pasien bisa langsung pulang kok. Kalau suami saya sih nginep sehari di RS karena mabok anastesi & ngga bisa bangun hehehe.

Berapa biaya operasinya?
Suami saya operasi tahun 2011 di RSIA Sam Marie, total jenderal operasi, obat dll: +/- IDR 12,000,000
Jauh lebih murah dibandingkan bayi tabung, dan saya ngga perlu sakit-sakit disuntik hormon buat mengeluarkan banyak telor-telor :D


Apakah sakit setelah operasi?
Kapan siiiih abis operasi ngga sakit? Hihihihihi, Pasti sakit dibagian yang dioperasinya. Tapi bekas operasi sama sekali tidak mempengaruhi scrotum, dan alat genitalnya. Jadi bisa berhubungan kapan saja setelah operasi. 

Berapa lama bisa menghamili setelah dioperasi ? :D
Tergantung yaaa, kalau saya sih berhasil hamil setelah 1thn dioperasi. Itu pun terjadi setelah saya & suami mencoba menerapkan gaya hidup sehat. Olahraga rutin, perbanyak makan sayur & buah, mengurangi stress, plus berpasrah diri dengan ketentuan Allah SWT.

Baiklah, itu saja sekilas info mengenai varicocele menurut pengalaman saya. Ada beberapa orang yang takut untuk operasi, saya sih bilang jangan takut! Daripada menempuh jalur bayi tabung yang lebih rumit, ngga ada salahnya dicoba dulu dioperasi.

Semoga infonya berguna :) 


CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top